Cara Bikin Lampu LED Motor

Cara Bikin Lampu LED Motor – Jika led motor mengeluarkan cahaya yang kurang terang, pengguna dapat membuatnya lebih terang. LED itu terang cahayanya berbanding dengan besar kapasitas listrik yang digunakan. Di saat malam hari, bikin lampu led motor super terang dapat sangat bermanfaat.

Umur yang sudah tua menjadi salah satu faktor lampu motor yang kurang terang yang banyak dijumpai. Selain itu, adanya kesalahan rangkaian lampunya bisa menjadi penyebab lampu mengeluarkan cahaya yang kurang terang. Jika ingin menambah terang LED motor simak penjelasan berikut.

Cara Membuat LED Motor Terang

Cara untuk membuat terang LED motor ada yang tidak memakan biaya yang besar, namun ada juga yang memerlukan biaya besar. Jadi sesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Berikut penjelasan caranya.

Memasang Relay

Fungsi dari relay yaitu untuk menjadi jembatan yang menghubungkan secara langsung antara arus baterai dengan beban kelistrikan. Dengan mengurangi nilai hambatan pengguna dapat memaksimalkan cahaya lampu bisa digunakan nanti. Caranya yaitu dengan mengurangi penggunaan sambungan kabel atau konektor.

Rangkaian LED yang efektif biasanya melewati relay dan akan langsung tersambung dengan lampu. Pengguna harus menambahkan relay tambahan yang dapat menghubungkan arus input relay pertama dengan arus baterai jika pada sebelum relay nya ditemui rangkaian yang berbelit.

Memasang Arus Lampu Dari Baterai Langsung

Pada solusi yang satu ini pengguna perlu menyambungkan arus lampu ke sumber baterai. Jadi nantinya kondisi tegangan baterai akan tetap stabil 12 volt meskipun kondisi mesin low RPM. Jika menyambungkan lampu dengan baterai, cahaya yang dikeluarkan akan lebih terang benderang.

Baca Juga:  Cara Melihat Pcd Velg Mobil Dengan Mudah

Tapi kekurangannya yaitu baterai akan cepat menipis, karena disebabkan arus keluar yang banyak jika pengguna menghidupkan lampu di RPM saat mesin low. Oleh karena itu, pastikan lampu digunakan saat

Caranya sama dengan cara pertama, pengguna bisa mengganti arus 30 relay lampu ke baterai atau juga bisa dengan menambahkan relay baru. Yang penting adalah menghubungkan catu daya ini setelah sekering. Karena rangkaian lampu dengan sekring yang tidak putus dapat menyala.

Mengganti Kiprok Standar

Jika tegangan pengisian lebih rendah dari biasanya pengguna dapat mengganti dengan Kiprok. Ini dapat dengan cepat mengeluarkan baterai dan menghancurkan seluruh sistem kelistrikan mesin.

Dalam hal ini, pengguna dapat menggunakan vespa kiprok konversi tinggi atau kiprok purna jual jenis lain. Terlebih jika kiprok tidak memenuhi persyaratan kelistrikan mesin.

Namun, menggunakan kiprok purna jual yang tidak sesuai dapat menyebabkan pengisian yang berlebihan atau pengisian yang berlebihan. Solusinya yaitu perlu ditambahkan stabilizer tegangan agar tegangan charging normal.

Penyebab Lampu Tidak Terang

Umur merupakan faktor utama untuk performa dari LED motor. Namun banyak faktor lain yang menyebabkan kurang terangnya LED motor. Berikut faktor-faktor yang sering dijumpai, yaitu:

Ada resistansi tinggi di rangkaian lampu

Resistansi adalah resistansi yang menahan tegangan dalam rangkaian listrik. Karena itu, arus yang mengalir ke ujung rangkaian dengan beban tidak optimal, sehingga beban atau lampu ini tidak bersinar secara optimal.

Hambatan ini dapat disebabkan oleh banyak sambungan pada rangkaian atau kerak pada terminal lampu. Selain itu, sambungan kabel yang kendor juga dapat meningkatkan resistansi rangkaian.

Tegangan kiprok yang lemah

Saat lampu menyala, listrik yang dapat digunakan berasal dari pelat cyproc atau pengatur dinamo generator. Perlu diketahui, alternator menghasilkan arus listrik yang sebanding dengan putaran mesin, menyalakan lampu saat mesin dalam kecepatan tinggi dan redup saat mesin idle.

Baca Juga:  5 Minyak Rem Mobil Yang Bagus Di Pasaran Saat Ini

Tetapi jika tegangan yang dihasilkan oleh pohon cemara lebih rendah dari biasanya, dapat melemahkan penerangan dan mengganggu sistem kelistrikan lainnya, seperti klakson.

Itulah cara yang dapat dilakukan untuk bikin lampu LED motor super terang. Selain itu, kenali juga penyebab-penyebabnya yang juga sudah dijelaskan di atas. Dengan mengetahui penyebab dan kondisi LED motor, pengguna dapat mengaplikasikan cara dengan tepat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *