Cara Membeli Saham Astra

Cara Membeli Saham Astra – Astra International atau ASII menjadi salah satu emiten yang rutin dalam membagikan dividen sebanyak 2 kali dalam setahun. Bahkan pada tahun 2022 ini, perusahaan tengah menyiapkan dividen final hingga RP 3,91 triliun. Berikut analisis serta cara membeli saham Astra International Tbk yang benar:

Analisis Saham Sebelum Membeli

Tujuan investor atau trader membeli saham adalah agar bisa mendapatkan profit, dengan cara membeli saham di harga rendah dan menjualnya pada harga tinggi. Sebelum membeli saham Astra International Tbk penting sekali untuk melakukan analisis saham terlebih dahulu. Analisis saham yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Analisis Fundamental

Menjadi salah satu produsen otomotif yang luas, saat ini ASII sudah mencapai market cap Rp 260 triliun. Potensi pertumbuhan perekonomian Indonesia sendiri menjadi kunci untuk pertumbuhan pada sektor otomotif yang terbilang menjanjikan di masa depan. Keamanan nilai saham Astra International sudah tidak bisa diragukan lagi, berikut analisanya:

  • Astra Group mendukung adanya program elektrifikasi pemerintah sehingga beberapa tahun kedepan akan meluncurkan kendaraan listrik.
  • Kapasitas produksi kendaraan roda empat sudah lebih dari 700 ribu unit per tahun dengan model yang baru, dinamis dan menarik.
  • Astra mulai melebarkan sayapnya pada bisnis jalan tol lewat Astra Infrastruktur .
  • Menyambut era digital, Astra mengembangkan usaha pada bidang digital lewat PT. Astra Digital Internasional.
  • Astra masuk ke daftar top picks indeks LQ45.

2. Analisis Teknikal

ASII mencatat penjualan periode Januari 2022 naik 65,14% dan yaitu mencapai 44.308 unit dibandingkan Januari 2021 yang menjual 26.830 unit. Pertumbuhan pendapatan ASII diprediksi akan terus bertumbuh di tahun ini dengan mempertahankan rekomendasi dari overweight saham ASII dengan TP per saham yaitu Rp 6.700.

Baca Juga:  Kenapa Saham Unilever Turun_Ini Beberapa Alasannya

Di sisi lain, menurut Cheryl Tanuwijaya kinerja ASII bisa mengalami kenaikan yang signifikan pada kuartal ke-3 tahun 2022. Tepatnya setelah gelombang 3 Covid-19 di Indonesia mula mereda sehingga mobilitas masyarakat normal kembali. Saat ini harga saham emiten ASII mulai menguat hingga 4,69% atau 300 poin ke harga Rp 6.700.

Baca Juga : 5 Jadwal Perdagangan Saham Di Indonesia Yang Perlu di Ketahui

Cara Membeli Saham Astra International Tbk (ASII)

Perlu diketahui bahwa ASII menjadi induk perusahaan grup Astra. Sehingga jika ingin membeli saham Astra, maka investor atau trader akan mengacu pada saham ASII yang bergerak di bidang otomotif dan komponen. Adapun cara untuk membeli saham Astra adalah sebagai berikut:

1. Buka Akun Saham di Kantor Sekuritas

Untuk membeli saham Astra dapat dilakukan melalui software online trading. Ada banyak sekali software online yang bisa dimanfaatkan untuk trading. Namun apabila belum memiliki software tersebut, maka investor atau trader dapat membuka akun secara online atau di kantor sekuritas terdekat.

2. Login ke Software Online Trading

Apabila sudah memiliki software trading dari sekuritas, maka langkah berikutnya adalah login dan masuk ke menu Trade kemudian pilih Buy. Kemudian ketik kode saham yaitu ASII maka akan muncul harga saham Astra saat ini. Ketik harga dan jumlah lot yang ingin dibeli dan tekan Buy.

Itulah analisis serta cara membeli saham Astra International Tbk agar investor mendapatkan profit. Peluang investasi di ASII semakin menarik di masa depan. Terlebih 5 hingga 10 tahun ke depan, ASII akan melakukan inovasi berdasarkan permintaan dari market global maupun nasional, yaitu menawarkan mobil listrik. Semakin menariknya, harga mobil listrik tersebut sangat bersaing dibandingkan produsen lain.

Baca Juga:  Mengenal Aplikasi Cek Keaslian Emas Antam Dan Penggunaan Praktisnya
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.