Ingin Memotong Rantai Sendiri_Ketahui Bagaimana Cara Memotong Rantai Motor

Ingin Memotong Rantai Sendiri_Ketahui Bagaimana Cara Memotong Rantai Motor

Cara Memotong Rantai Motor

Cara Memotong Rantai Motor – Rantai berperan penting untuk motor agar dapat menggerakkan mesin agar berputar ke roda belakang. Tanpa ada rantai maka ban motor tidak dapat digerakkan. Kerusakan rantai motor akan berakibat pada penggunaan motor untuk itu pemilik motor setidaknya harus tahu cara memotong rantai motor. Fungsinya bila membutuhkan motor segera dan tidak ada bengkel buka bisa mengatasinya sendiri.

Cara Memotong Rantai Motor

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memotong rantai motor baik menggunakan alat, menggunakan cara manual dan bengkel. Mari simak apa saja cara yang dapat dilakukan untuk pemotongan rantai motor yaitu :

Memakai Cara Manual

Cara memotong rantai motor dengan cara manual berarti pemotongan rantai dilakukan sendiri. Dikarenakan memakai cara manual berarti harus membeli perlengkapan maupun peralatan sendiri agar dapat memotong sendiri. Peralatan yang dapat disiapkan seperti satu set rantai beserta gear motor.

Melakukan potong rantai sendiri berarti harus menyiapkan semua perlengkapan untuk memasang rantai sendiri. Langkah memotong rantai bisa dengan melepaskan pin mata rantai dengan gerinda. Dapat menahan pin mata rantai yang terpotong dengan mur ukuran empat belas dan tujuh belas.

Siapkan besi untuk melepas pin rantai jika posisi sudah pas dan tepat dengan cara memakai palu untuk memikul. Kencangkan rantai motor sesuai dengan ukuran dibutuhkan agar bisa tahu berapa mata rantai yang harus dilepaskan. Selanjutnya pasang lagi rantai motor sesuai tempatnya dengan benar.

Menggunakan Alat Chain Breaker

Alat chain breaker dapat dijadikan alternatif cara memotong rantai motor yang cepat dan efisien. Menggunakan alat chain breaker akan dapat meminimalisir kesalahan dan timbulnya kerusakan saat memotong rantai sendiri. Kemudian untuk tahu cara kerja alat chain breaker harus melepaskan rantai motor dari motor.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Aki Yang Tekor Tanpa Perlu Ganti Baru

Siapkan mata rantai baru yang sudah dibeli. Tentukan berapa mata rantai yang harus dipotong agar ukurannya pas dengan tempatnya saat diletakkan. Ambil alat chain breaker lalu posisikan pin rantai motor dengan tepat pada alat ini.

Putar dengan tangan setelah posisi pin rantai motor pas agar dapat melepaskan beberapa pin motor sesuai dengan kebutuhan. Baru setelah pin motor berhasil dilepaskan sambungkan rantai kembali pada motor dengan tepat dan benar.

Memotong Rantai Motor Di Bengkel

Solusi cara memotong rantai motor jika tidak bisa memotongnya sendiri bisa pergi ke bengkel. Bengkel yang dituju harus bengkel motor yang biasa menangani perbaikan semua komponen motor. Ini karena jika mampu memperbaiki kerusakan-kerusakan pada komplemen motor berarti memiliki perlengkapan yang lengkap.

Kinerjanya memotong rantai motor tidak diragukan lagi karena lebih paham. Mengingat pengalaman orang bengkel lebih lama sehingga tahu bagaimana masalah pada komponen motor dan penanganannya dengan baik. Orang bengkel akan memotong rantai dengan baik sesuai kebutuhan tanpa merusak komponen lainnya.

Peralatan Untuk Memotong Rantai Motor

Sebelum melakukan tindakan pemotongan rantai motor maka harus mempersiapkan beberapa peralatan. Peralatan yang dibutuhkan seperti gear bekas, satu palu, beberapa jumlah mur ukuran dua belas milimeter dan paku beton berdiameter sedang dengan jumlah sesuai kebutuhan. Barang pendukung lainnya yang harus disiapkan seperti rantai yang akan dipotong dan motor yang rantainya akan dipotong.

Itulah beberapa cara memotong rantai motor yang dapat dicoba jika membutuhkannya. Pahami terlebih dulu cara pemotongan rantai sebelum melakukannya agar tidak ada kesalahan.

Segera pergi ke bengkel jika tidak mampu memperbaiki sendiri akan tidak ada kerusakan di bagian lainnya. Lakukan pengecekan rutin ke semua komponen termasuk rantai sehingga jika ada yang rusak bisa segera diperbaiki.

Baca Juga:  Macam-Macam Granit Terbaik Dan Unggul Yang Sering Digunakan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *