Cara Memperbaiki Baterai Headset Bluetooth

Cara Memperbaiki Baterai Headset Bluetooth – Pernah tidak mengalami headset Bluetooth tidak dapat di cas? Ketika hal tersebut terjadi, menyebabkan headset tersebut tidak dapat digunakan sebab tidak memiliki daya. Apabila pengguna mengalami masalah serupa tak perlu panik, sebab terdapat beberapa Cara memperbaiki baterai headset Bluetooth yang tidak dapat di cas tersebut.

Apa Saja Penyebabnya?

Ketika baterai dari headset Bluetooth mulai habis, maka suara yang dihasilkan akan melemah dan putus-putus. Oleh sebab itu, harus segera di cas. Namun bagaimana jika headset tersebut tidak dapat di cas? Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan headset tidak dapat di cas:

1. Baterai Rusak

Sebelum membahas cara memperbaiki baterai headset Bluetooth, sebaiknya ketahui penyebab kerusakan tersebut. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah adanya kerusakan pada baterai. Hal ini wajar sebab semakin lama masa waktu pemakaian alat elektronik, daya tampung baterai juga semakin menurun. Kondisi ini juga dapat diperparah dengan pola penggunaan headset Bluetooth tersebut.

2. Baterai Dalam Kondisi Kosong Terlalu Lama

Terkadang pengguna lupa mengisi daya baterai headset dan membiarkannya dalam waktu yang lama. Tanpa disadari, ternyata itu juga menjadi penyebab kerusakan baterai sehingga tidak dapat dicas. Membiarkan baterai terlalu lama kosong menyebabkan baterai berhenti bekerja akibat over discharge.

3. Kabel Atau Port Pengisi Daya Mengalami Kerusakan

Hal berikutnya yang juga menyebabkan baterai headset Bluetooth tidak dapat dicas adalah adanya kerusakan pada kabel maupun port pengisi daya. Hal tersebut biasanya disebabkan karena sering menggulung kabel dan juga adanya kotoran yang masuk pada bagian port pengisi daya. Kerusakan pada komponen tersebut membuat proses pengisian daya tidak berjalan dengan benar.

Cara Memperbaiki Baterai Headset Bluetooth

Headset Bluetooth yang tidak dapat dicas membuatnya tidak dapat digunakan. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu produktivitas bagi pengguna yang sering menggunakan headset tersebut untuk berbagai kepentingan. Setelah memahami apa saja penyebab dari kerusakan ini, sekarang simak solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya sebagai berikut:

1. Mengisi Daya Headset Dalam Waktu yang Lama

Headset Bluetooth yang baru saja dibeli bisa jadi tidak dapat di cas. Hal ini voltase yang ada di headset tersebut kosong. Untuk mengatasinya pengguna bisa mencoba mengisi daya dalam waktu yang lama. Apabila lampu indikator mulai berkedip maka baterai sudah mulai terisi. Tunggu hingga baterai penuh yang ditandai dengan lampu indikator menyala terus tanpa kedip.

2. Mengganti Kabel USB Pengisi Daya

Berikutnya, apabila kerusakan terjadi karena adanya kerusakan pada kabel pengisi daya maka cara memperbaikinya adalah dengan mengganti kabel tersebut. Sebab apabila tidak diganti maka pengisian daya tetap akan terhambat. Ketika membeli kabel tersebut, pastikan ukurannya sesuai dengan port pengisian daya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Memori HP Yang Tidak Terbaca Paling Gampang

3. Mengganti Kepala Charger

Selain terjadi pada kabel, kerusakan tersebut bisa juga disebabkan oleh kepala charger. Cara memperbaiki baterai headset Bluetooth yang tidak dapat di cas karena kerusakan kepala charger ini bisa diatasi dengan membeli charger baru. Namun sebelumnya, pengguna bisa mencoba untuk mengisi daya dengan menggunakan kepala charger Hp yang dimiliki.

4. Mengajukan Garansi

Pembelian alat elektronik biasanya memiliki masa garansi. Apabila headset Bluetooth yang pengguna miliki tidak dapat digunakan sebab tak bisa di cas maka pengguna bisa membawanya ke toko tempat pembelian jika masa garansi masih berlaku. Toko tersebut tentunya akan memberikan solusi atau menggantinya dengan yang baru.

5. Membawa ke Service Center

Apabila masa garansi sudah habis, maka pengguna sudah tidak bisa mengembalikannya lagi ke toko tempat pengguna membeli headset tersebut. Untuk itu, pengguna bisa membawa headset yang tidak dapat di cas tersebut ke service center. Para ahli di service center tersebut akan menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Itu tadi adalah beberapa penyebab dari headset Bluetooth yang baterainya tidak dapat di cas. Cara memperbaiki baterai headset Bluetooth yang tidak dapat dicas sebenarnya tidaklah sulit ketika pengguna mengetahui penyebabnya. Namun apabila kerusakan tersebut tidak dapat diperbaiki, maka pengguna harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:  Ketahui Cara Cek Tinta Printer Epson Termudah
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *