Cara Memperbaiki File Excel Yang Rusak

Cara Memperbaiki File Excel Yang Rusak – File Excel penting terkena virus sering membuat kacau pemiliknya. Apalagi jika diburu kejar tayang dan tenggat waktu. Padahal ada cara untuk bisa memperbaiki file yang rusak tadi. Namun, karena sangat panik jalan keluar adalah membuat lagi. Coba saja dari banyak cara memperbaiki file Excel yang rusak karena virus, berikut ini penjelasannya:

Fitur Repair di Microsoft Excel 2013

Waktu tidak akan memburu untuk membuat dari nol. Maka cobalah untuk memperbaikinya dengan mengoptimalkan fungsi Microsoft Excel. Selain sebagai pengolah angka yang akuntabel, Excel juga menyediakan fitur repair.

Fitur repair ini berfungsi untuk memperbaiki file yang rusak karena virus atau lainnya. Namun, fitur ini hanya ada di Microsoft Excel 2013. Langkah cara memperbaikinya adalah bukalah dokumen kosong Excel. Fokuskan pada menu file dan arahkan kursor untuk mengklik.

Selanjutnya pilih yang open document. Banyak ikon yang tersedia bukalah browse dan pilihlah yang telah rusak untuk diperbaiki. Setelah dipilih tanda panah ke bawah di sebelah ikon open pilih open and repair. Excel memberikan tanggapan adanya jendela pemberitahuan bahwa file akan diperbaiki lalu klik repair.

Bukalah dengan Wordpad

Pengguna Excel jangan berkecil hati, cara lain untuk memperbaiki file rusak adalah dengan membuka aplikasi wordpad. Aplikasi ini sudah ada dari bawaan Windows. Untuk mencarinya ketikkan saja wordpad di menu pencarian biasanya ada di samping menu start.

Namun, bantuan wordpad tidak bisa memperbaiki isi semua file. Alasannya di aplikasi ini hanya membuka berupa teks saja. Meskipun di Excel banyak rumus yang dipakai tetapi saat dibuka di wordpad akan menjadi tulisan biasa.

Baca Juga:  Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Xiaomi Pada Menu Pengaturan

Keuntungannya adalah bentuk antisipasi agar data yang terkena virus tidak seluruhnya hilang. Pengguna bisa membuka dengan bantuan wordpad. Di aplikasi itu terdapat fungsi macros atau VBS yang bertujuan untuk membuka semua file yang menggunakan Microsoft office.

Gunakan Bantuan Recovery Toolbox untuk Excel

Selain wordpad ada juga cara memperbaiki file Excel yang rusak karena virus dengan recovery toolbox untuk Excel. Aplikasi ini khusus memperbaiki file yang rusak di Excel. Tipe dokumen yang disimpan bisa ditangani dengan aplikasi tersebut termasuk xlsx.

Lebih jelas untuk memperbaikinya langkah pertama adalah menginstall di laptop terlebih dahulu. Caranya buka browser dan ketikkan download recovery toolbox for Excel. Setelah berhasil diinstall maka mulailah membukanya. Pilih file yang rusak untuk diperbaiki dengan klik analisis.

Periksa kembali lembar konten sheet dan sel dari file di Excel nya. Lalu pilih ikon atau tombol yang untuk memulihkan yakni mulai pemulihan dan simpan kontennya. Ada dua pilihan untuk file kembali pulih, pertama mengekspor ke Excel atau simpan file jika ingin tersimpan file baru.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Perbaiki dengan Berkas Penyimpanan Sementara

Bagi pengguna yang akan membuka file baru saja disimpan bisa mencoba cara ini. Perbaikilah dengan berkas penyimpanan secara sementara yang ada di perangkat. Hal ini karena Microsoft office mempunyai sistem memperbaiki data secara otomatis.

Maknanya, pengguna dapat memulihkan file yang disimpan ke versi penyimpanan terakhir di suatu berkas folder. Akan tetapi tidak semua file hanya saja pada file yang belum terlalu lama disimpan.

Langkah caranya adalah membuka drive yang C di folder user. Bukalah folder yang aplikasi data. Kemudian pilih folder lokal lalu Microsoft dan kemudian lagi office. Maka bisa dilihat ada unsaved file, dan carilah file yang rusak ganti domain dari tmp menjadi xlsx. Terakhir pulihkan file tadi.

Baca Juga:  5 Pahala Membangun Masjid Yang Wajib Di Ketahui

Demikian empat penjelasan cara memperbaiki file Excel yang rusak karena virus. Pilihlah opsi yang menurut pengguna tepat dan sesuai prediksi kerusakan. Namun, jika ingin mencoba semua cara tadi juga tidak dipermasalahkan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.