Cara Memperbaiki Koil Mobil

Cara Memperbaiki Koil Mobil – Bagi pemilik mobil mengalami kerusakan pada mobil adalah wajar. Kerusakan yang terjadi biasanya pada bagian mesin dan bagian pengapian atau koil. Namun pemilik mobil tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara memperbaiki koil mobil yang rusak tanpa ribet dan bisa dilakukan di rumah.

Koil sebagai bagian penting dari mobil berfungsi untuk menaikan tegangan listrik dari komponen aki. Jika koil ini mengalami kerusakan tentu akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada performa mobil itu sendiri. Itulah mengapa penting untuk mengetahui gejala kerusakan pada koil.

Penyebab Koil Rusak

Suhu koil harus dijaga, karena jika terlalu panas akan menyebabkan koil lebih cepat rusak tetapi koil juga tidak boleh didiamkan terlalu lama juga. Umur pemakaian mobil juga menjadi penyebab koil rusak. Semakin lama usianya semakin banyak kerusakan yang mulai timbul.

Tidak hanya itu saja kebocoran listrik juga bisa menjadi penyebab kerusakan koil. Jika sudah terjadi kebocoran akan mengakibatkan timbulnya kerak di bagian koil itu sendiri. Kondisi ini akan mengakibatkan sistem pengapian akan tertahan oleh kerak tersebut.

Cara Memperbaiki

Perbaikan pada koil sebaiknya dilakukan setelah dilakukan pengecekan menyeluruh. Hal ini bertujuan agar perbaikan dapat dilakukan sesuai dengan kerusakan yang dialami. Jika dalam keadaan darurat, pemilik hanya perlu meletakkan handuk basah untuk mengompres koil agar suhunya tidak terlalu panas.

Jika langkah darurat sudah dilakukan biasanya mobil akan berjalan normal kembali. Namun perbaikan menyeluruh perlu dilakukan agar performa mobil dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki koil mobil yang rusak bisa dilakukan berdasarkan penyebabnya:

Baca Juga:  Kenali Apa Itu Spooring Balancing Dan Ciri Mobil Yang Perlu Melakukanya

Menggunakan Lem Plastic Steel

Seperti dijelaskan diatas, salah satu penyebab kerusakan koil adalah karena kebocoran [ada listrik. Kebocoran listrik ini mengakibatkan bodi koil terkena percikan api dari busi. Dalam kondisi seperti ini mengakibatkan sistem pengapian tidak maksimal.

Perbaikan perlu dilakukan dengan segera dengan menggunakan lem plastic steel. Lem plastic steel ini berfungsi untuk menghalangi listrik dengan tegangan tinggi. Tidak hanya itu saja, penggantian kabel busi juga bisa dilakukan jika terjadi kerusakan yang lebih parah.

Mengompres dengan Handuk Basah

Hal umum yang kerap terjadi adalah suhu panas pada koil. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya dengan handuk basah. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu koil. Jika suhu sudah turun segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan menyeluruh.

Membersihkan Kerak Pada Koil

Pemilik mobil perlu memperhatikan adanya percikan api yang keluar dari busi atau tidak untuk melihat mobil bermasalah atau tidak. Jika bermasalah bisa dikarenakan penghubung kabel busi dengan busi sudah berkerak. Hal ini akan menghalangi aliran listrik dari koil ke busi.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan kerak pada koil tersebut dengan cairan pembersih dan amplas kering. Lakukan pembersihan kerak hingga bersih dan tidak bersisa. Jika kerak tidak juga hilang, ada baiknya segera menggantinya dengan koil yang baru.

Melakukan Pemeriksaan Rutin

Semakin lama usia mesin maka semakin banyak juga masalah yang mungkin timbul. Penurunan kualitas mesin dan daya tahan mobil itu sendiri adalah hal yang lumrah terjadi pada mobil lawas. Ada baiknya memeriksa kualitas koil itu sendiri.

Pemilik mobil pastinya paham jika semakin lama umur pemakaian mobil maka kualitas juga akan turun. Apabila mobil sudah pernah mengalami kerusakan sebelumnya pastinya akan berpengaruh pada menurunnya performa mobil secara keseluruhan.

Dengan mengenali penyebab dan cara memperbaiki koil mobil yang rusak akan memudahkan pemilik mobil dalam merawat kendaraanya. Selain itu juga, pemilik dapat mengambil tindakan segera agar kerusakan tidak makin parah. Jangan ragu untuk menghubungi bengkel resmi untuk memperbaiki kerusakan.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Merk Ban Mobil Yang Paling Senyap Yang Bisa Dicoba
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *