Cara Memulai Reksa Dana

Cara Memulai Reksa Dana – Masyarakat umum mengenal reksa dana sebagai mutual fund yang kemudian dikelola dalam beberapa instrumen investasi. Karena kemudahannya dan keuntungan yang ditawarkan, jenis investasi ini populer dipilih. Jika tertarik berinvestasi jenis ini, ketahui dulu bagaimana cara memulai reksa dana.

Pasalnya, untuk memulai berinvestasi reksadana, harus ada beberapa tahapan yang perlu investor lakukan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah investor bisa membeli instrument reksa dana yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan. Di bawah ini adalah cara memulai reksa dana yang mudah untuk dipahami:

Tentukan Tujuan

Sebelum memulai investasi reksa dana, tentukan dulu apa tujuan dari berinvestasi jenis investasi ini. Apakah tujuan yang dimiliki adalah jangka panjang atau ada keperluan dalam jangka pendek? Semakin jelas tujuan yang dimiliki, akan memudahkan investor dalam menentukan langkah selanjutnya dalam berinvestasi reksa dana.

Ketahui Profil Risiko

Kemudian, cara memulai reksa dana selanjutnya yakni mengetahui profil risiko investor. Ada beberapa tipe investor, seperti konservatif, yakni investor tersebut cenderung menghindari risiko dan lebih menyukai instrumen investasi yang aman.

Kemudian, ada tipe moderat yaitu investor yang siap jika ada fluktuasi dalam jangka pendek dan mengharapkan keuntungan yang tinggi dari inflasi serta deposito. Tipe lainnya yakni agresif, yang ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar namun siap juga jika mengalami kerugian.

Pilih Reksa Dana yang Sesuai

Ada beberapa jenis reksa dana, yakni mulai dari reksa dana pasar uang, campuran, hingga saham. Jika sudah mengetahui tujuan investasi reksa dana dan profil risiko, maka akan lebih mudah memilih reksa dana yang sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Misalnya, jika ingin investasi dalam jangka pendek 1 tahun dengan minim resiko, maka bisa mencoba reksa dana pasar uang. Atau, jika ingin berinvestasi jangka panjang dan siap mengambil resiko tinggi, investor bisa memilih instrument reksa dana saham.

Pahami Track Record Reksadana Pilihan dan Isi Prospektus

Sebelum memilih reksa dana, penting untuk memahami track recordnya. Pastikan reksa dana yang dipilih memiliki track record yang baik, meskipun pergerakannya sangat dinamis. Jadi, segala kemungkinan bisa terjadi, apakah mendapat keuntungan maupun kerugian.

Kemudian, pahami juga isi prospektus yang menjelaskan tentang instrumen reksa dana yang akan dibeli. Prospektus hanya tersedia saat investor melakukan investasi. Kini ada banyak platform yang bisa didownload sehingga investor bisa membaca dan memahami isi prospektus.

Selain itu, penting bagi investor mengetahui track record manajer investasi dan bagaimana mereka mengelola dananya. Cari tau bagaimana kinerjanya di masa lalu agar memudahkan investor dalam memperkirakan bagaimana mereka mengelola dana ke depannya.

Baca Juga : Cara Beli Saham Singapore Airlines Yang Mudah Serta Menguntungkan

Pilih Platform Reksa Dana

Tahap selanjutnya yaitu dengan memilih platform reksa dana yang nyaman dan aman untuk digunakan. Kini ada banyak platform online yang memudahkan investor pemula dalam berinvestasi reksa dana. Dengan begitu, investor tidak perlu repot datang ke perusahaan sekuritas untuk berinvestasi reksa dana.

Beli Reksa Dana

Setelah memilih platform reksa dana, daftarkan diri menjadi anggota pada platform tersebut. Kemudian, lakukan deposit dana melalui rekening yang sudah terdaftar. Pilih reksa dana yang ingin dibeli dan pastikan reksa dana tersebut memiliki performa yang baik agar tujuan keuangan bisa dicapai.

Itulah ulasan yang menarik tentang bagaimana cara memulai reksa dana yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cara-cara tersebut bisa dipahami dan diaplikasikan agar tidak salah langkah dalam berinvestasi reksa dana. Kemudian, pastikan jenis reksa dana yang dipilih sesuai dengan profil keuangan dan juga kesanggupan investor.

Baca Juga:  Ketahuilah Harga Saham BCA Per Lembar Dan Cara Pembelian Saham BCA
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *