Keuntungan Reksa Dana Syariah Mandiri

Keuntungan Reksa Dana Syariah Mandiri  – Sebelum melakukan kegiatan investasi, investor tentu harus memilih jenis aset yang ingin diinvestasikan seperti reksa dana. Jika memilih aset ini, investor bisa menggunakan produk Bank Mandiri yang dinamakan investasi Reksa Dana Syariah Mandiri. Banyak yang menjadikan investasi tersebut sebagai pilihan karena modal yang dibutuhkan cukup kecil.

Keuntungan Investasi Reksa Dana Syariah Mandiri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwasanya melakukan investasi Reksa Dana Syariah memang memberikan banyak keuntungan bagi investor. Keuntungan yang dapat diperoleh tersebut seperti sudah terjamin halal dan banyaknya pilihan produk. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait keuntungan melakukan investasi Reksa Dana Syariah di Bank Mandiri:

Sudah Terjamin Halal

Terdaftarnya produk reksa dana ini dalam DES OJK tentu sudah dapat dikatakan jika investasi ini terjamin halal. Hal ini disebabkan karena investasi Reksa Dana Syariah tidak mempercayakan dana tersebut pada instrumen yang tidak halal. Menariknya karena ada yang dinamakan sistem cleansing yang dapat digunakan untuk membersihkan keuntungan investasi.

Modal Investasi Sangat Minim

Memang modal yang dibutuhkan untuk melakukan investasi reksa dana ini dapat dianggap sangat minim. Bagaimana tidak, seorang investor bisa melakukan investasi hanya dengan bermodalkan uang Rp10.000 saja. Hal ini dilakukan pihak instansi keuangan untuk memudahkan investor dalam melakukan investasi aset berupa reksa dana.

Pertumbuhan Pasar Syariah Sangat Pesat

Keuntungan yang diperoleh investor tentu dari pasar syariah. Apabila pertumbuhan pasar syariah dianggap sangat pesat tentu menjadi pengaruh terhadap keuntungan besar yang dapat diperoleh investor. Terjadinya pertumbuhan pasar ini diakibatkan oleh mayoritas masyarakat yang beragama Islam dan melakukan investasi syariah.

Jenis Investasi Reksa Dana Syariah Mandiri

Melihat keuntungan yang diperoleh tentu membuat investor menjadi tertarik untuk memilih reksa dana sebagai aset investasi. Namun sebelumnya, investor terlebih dahulu harus mengetahui jenis dari investasi Reksa Dana Syariah Mandiri. Dimana ada empat jenis dari Reksa Dana Syariah (RDS) ini yang dapat dijadikan pilihan sebagai berikut:

RDS Pasar Uang

Jenis tersebut dapat digunakan investor untuk instrumen pasar uang syariah. Namun penggunaannya hanya di pasar uang dalam negeri saja dengan jangka waktu yang tidak boleh lebih 1 tahun. Memang jangka waktu yang ditawarkan jika memilih reksa dana ini hanya jangka pendek saja.

RDS Saham

Reksa dana ini bertujuan mengajak para investor untuk menanamkan sebagian besar investasi yang dimiliki untuk instrumen saham. Namun saham yang dipilih tentu tergolong saham syariah. Selain itu, banyak investor yang menjadikan jenis ini sebagai pilihan karena mempunyai return yang paling tinggi. Return yang ditawarkan di atas 10% loh.

RDS Pendapatan Tetap

Jenis RDS dari Bank Mandiri ini dirancang dengan menggunakan efek syariah. Nantinya efek tersebut akan diperuntukkan untuk memperoleh pendapatan tetap. Selain itu, RDS ini dapat dikatakan sebagai reksa dana yang mempunyai investasi sangat sedikit. Itulah mengapa jarang investor yang memilih jenis ini apabila ingin melakukan investasi reksa dana syariah di Bank Mandiri.

Reksa Dana Syariah Campuran

Nah, untuk jenis ini tentunya bersifat campuran, maksudnya penempatan investasi dilakukan di berbagai instrumen. Dimana instrumen yang dimaksud ini seperti pasar uang, sukuk, dan juga saham. Namun jika tidak mempunyai keberanian menghadapi risiko yang tinggi, investor tidak boleh memilih produk yang satu ini.

Demikian penjelasan terkait dengan keuntungan yang dapat diperoleh seseorang apabila melakukan investasi Reksa Dana Syariah. Memang sangat banyak keuntungannya, namun di samping itu ada juga beragam jenis Reksa Dana Syariah Mandiri yang dapat dipilih. Investor bisa memilih berdasarkan dengan kebutuhannya.

Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh, Ampuh!
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *