Cara Menanam Lidah Mertua

Cara Menanam Lidah Mertua – Cara menanam lidah mertua tidak terlalu sulit untuk dilakukan, menanam lidah mertua ini bisa di indoor maupun outdoor. Selain untuk mempercantik ruangan, lidah mertua ini juga bisa udara di ruangan menjadi lebih bersih.

Lidah mertua memiliki daun yang panjang serta runcing, dengan warna hijau kuning yang membuat tumbuhan ini memiliki keindahan luar biasa. Tanaman lidah mertua ini sering dijumpai di Indonesia sebagai tanaman hias, dengan nama latin sansevieria.

Penanaman serta perawatan yang tergolong muda membuat lidah mertua ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Terlebih dengan warna cantik dan bentuk daunnya yang panjang membuat orang jatuh hati untuk menjadikan lidah mertua sebagai penghias ruangan.

Cara Menanam Lidah Mertua Dengan Proses Pemindahan Tunas dan Penyetekan

Untuk mendapatkan bibit lidah mertua bisa dilakukan dengan dua cara yaitu pengambilan tunas dari induk lidah mertua maupun penyetekan atau stek. Setelah tahap pengambilan bibit ini kemudian bibit lidah mertua bisa langsung dipindahkan ke pot baru.

Ambil Tunas Dari Induk Lidah Mertua

Induk lidah mertua yang sehat memiliki banyak tunas yang rimbun, tunas inilah yang nantinya akan ditanam di pot baru. Caranya dengan mengambil indukan yang banyak tunasnya, kemudian pisahkan akar dengan tanah yang menempel.

Pisahkan tunas dengan indukan, pilihlah tunas dengan 3 helai daun kemudian potong tunas dan olesi potongan tersebut dengan pestisida. Tanam potongan tunas pada pot baru dengan ¾ pada pot diisi media tanam.

Baca Juga:  Cara Pembibitan Cabai Agar Cabai Berbuah Banyak Dan Berkualitas

Lakukan Penyetekan

Menanam lidah mertua melalui penyetekan hampir sama dengan proses pengambilan tunas dari indukan. Penyetekan dilakukan dengan memotong daun indukan yang sudah tua kemudian daun tersebut dipotong sepanjang 10 cm dan ditanam pada pot baru.

Memindahkan Lidah Mertua Dari Tunas Maupun Stek Ke Pot Baru

Banyak unsur yang perlu diperhatikan dalam memindahkan lidah mertua, mulai dari pemilihan pot yang tepat hingga pemberian tanah yang sesuai. Berikut cara menanam lidah mertua yang baik agar tumbuh segar dan indah:

Pilih Pot

Untuk menanam lidah mertua ini direkomendasikan menggunakan pot terakota, pot ini memiliki lubang drainase pada bawah pot. Dengan lubang ini tanah akan cepat kering saat proses penyiraman dibandingkan menggunakan pot plastik biasanya.

Gunakan Tanah Kering

Tanah yang cocok untuk menanam lidah mertua ini adalah tanah kering yang tidak mudah lembab atau menggenang air. Biasanya tanah kering ini juga digunakan dalam menanam kaktus maupun sukulen.

Kubur Tidak Terlalu Dalam Lidah Mertua

Untuk melakukan penancapan lidah mertua pada tanah ini jangan terlalu dalam, harus disesuaikan dengan kedalaman wadah sebelumnya. Pemindahan tunas lidah mertua ke dalam pot baru ini dinamakan proses repotting.

Tata Letak dan Pencahayaan Untuk Lidah Mertua

Tempat yang teduh dan terang cocok untuk penempatan lidah mertua, tempat yang minim cahaya membuat proses pertumbuhan lidah mertua terhambat. Untuk penyimpanan tanaman ini bisa di suhu hangat 10 derajat celcius atau 50 derajat fahrenheit.

Demikian cara menanam lidah mertua dengan pengambilan bibit dari proses pemindahan tunas maupun dengan cara penyetekan. Perhatikan unsur penting untuk mempercepat proses pertumbuhan lidah mertua maupun agar lidah mertua tumbuh dengan indah dan sehat.

Baca Juga:  Inilah Cara Dan Jarak Tanam Kelapa Genjah Yang Ideal, Wajib Disimak!

Setelah bibit lidah mertua ini telah diperoleh, tanam kembali ke dalam pot baru dengan media tanam seperti tanah maupun lainnya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin dengan memberi pupuk atau menyirami tanaman dengan air.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *