Tips Budidaya Tanam Bawang Merah Untuk Hasil Maksimal Dari Petani Berpengalaman

Tips Budidaya Tanam Bawang Merah Untuk Hasil Maksimal Dari Petani Berpengalaman

Budidaya Tanam Bawang Merah

Budidaya Tanam Bawang Merah – Budidaya tanam bawang merah merupakan sebuah bisnis budidaya yang sangat menjanjikan jika dirawat dengan benar. Hal ini dikarenakan bawang merah merupakan bahan pokok bagi masyarakat Indonesia yang dibutuhkan setiap hari serta nilai jualnya cukup tinggi.

Untuk melakukan budidaya tanaman ini tentu memerlukan kesesuaian tanah maupun iklim, selain itu perawatannya juga tidak bisa sembarangan. Nah apabila berminat untuk melakukan budidaya tanaman tersebut simak rangkaian tips dan trik dari petani berpengalaman berikut:

Waktu Terbaik Melakukan Budidaya Bawang Merah

Berdasarkan penuturan para petani yang sudah berpengalaman melakukan budidaya tanaman tersebut, bawang merah cocok ditanam pada saat musim kemarau. Biasanya petani tersebut menanam pada bulan April atau Mei, namun ketersediaan air pengairannya harus sangat diperhatikan.

Jika menanam bawang merah dilakukan di waktu tersebut maka para petani akan melakukan panen pada bulan Juli atau Agustus.Menanam bawang merah ini sebaiknya dilakukan pada lahan sisa padi atau tebu sehingga menghasilkan bawang berkualitas.

Tips Pemilihan Bibit Bawang Merah Berkualitas

Dalam menghasilkan bawang merah berkualitas dimulai dari pemilihan bibitnya, penggunaan bibit yang unggul tentu akan menghasilkan produk yang berkualitas. Adapun kriteria pemilihan bibit untuk budidaya tanam bawang merah agar menghasilkan kualitas super sebagai berikut.

Memperhatikan Pemilihan Umbi Bibit

Umbi bibit merupakan faktor utama yang terbilang sangat penting lantaran sebagai penentu keberhasilan budidaya tersebut. Umbi yang baik memiliki ciri-ciri antara lain ukurannya sedang, berumur 2,5 hingga 4 bulan serta berasal dari pertanian sehat.

Pilih Bibit Dari Varietas Unggul

Agar bawang merah yang dipanen nanti dapat bersaing dengan produk impor maka sebaiknya pilih bibit dari varietas yang unggul. Beberapa jenis bibit bawang merah yang memiliki varietas unggul antara lain sembrani, trisula, maja dan pancasona.

Baca Juga:  Menonaktifkan Antivirus Windows 10

Memilih Ukuran Umbi Bawang Merah Yang Sesuai

Umumnya umbi bawang merah memiliki ukuran bervariasi dari besar, sedang hingga kecil yang harus disesuaikan dengan kondisi lahan dan tanah. Pemilihan ukuran umbi yang sesuai pastinya akan berpengaruh terhadap hasil akhir yang didapat ketika panen.

Cara Menanam Bawang Merah

Agar bawang merah tumbuh dengan sempurna, pastinya para petani wajib memperhatikan segala sesuatunya ketika dalam proses menanam. Berikut adalah cara menanam bawang merah dengan benar sesuai prosedur agar tidak mengalami gagal panen.

Pemilihan Lokasi

Untuk menanam bawang merah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan pemilihan lokasi dalam melakukan budidaya. Sebaiknya pilihlah lahan bekas terung, tomat, cabai, kentang, padi, jagung maupun tebu sebagai tempat untuk menanam bawang merah.

Pemilihan Jenis Lahan

Ketika ingin menanam bawang merah, buatlah bedengan terlebih dahulu sesuai dengan luas lahan, namun biasanya bedengan dibuat selebar 1-1,2 meter. Beri jarak sekitar 20-30 cm antar bedengan tersebut, kemudian ditambah dengan parit sedalam 20-30 cm.

Melakukan Pembersihan Dan Penggempuran Tanah

Sebelum memulai untuk menanam bawang merah, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu gulma pada tanah dan bekas tanaman pada lahan sebelumnya. Kemudian lakukan penggemburan tanah dengan bantuan traktor atau cangkul manual untuk menghilangkan penyakit menyerang tanaman.

Melakukan Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar merupakan bentuk langkah awal persiapan tanah yang harus dilakukan jika ingin menanam bawang merah. Pada tahap ini sebaiknya gunakan produk organik sebagai pupuk dasar agar tanah dan lingkungan dapat terjaga kesuburan serta kelestariannya.

Memasang Mulsa

Plastik mulsa bertujuan untuk menyelimuti tanah bedengan yang digunakan untuk menanam bawang merah agar kelembaban tanahnya tetap terjaga. Selain itu pemasangan mulsa juga dapat berfungsi sebagai pelindung permukaan tanah dan penghalang pertumbuhan gulma.

Baca Juga:  Tuntunan Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah Yang Pasti Manjur

Nah, itulah tips dan trik dalam melakukan budidaya tanam bawang merah dari petani berpengalaman agar menghasilkan output yang memuaskan. Dengan output bawang merah yang berkualitas tinggi pastinya akan meningkatkan nilai jual pada bawang tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *