Cara Mengecek Kecepatan Wifi

Cara Mengecek Kecepatan Wifi – Pengecekan kecepatan Wifi menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Adapun fungsinya yaitu untuk memastikan tidak adanya kendala saat sedang mengakses internet. Lalu bagaimana cara mengecek kecepatan Wifi IndiHome dengan mudah dan cepat? agar tidak terjadi loading saat sedang mengakses internet.

Terdapat beberapa faktor Wifi IndiHome tiba-tiba lemot saat digunakan. Seperti cuaca yang kurang mendukung, terjadi gangguan di pusat dan lain sebagainya. Untuk meminimalisir kendala pada Wifi, cek kecepatan Wifi IndiHome menggunakan cara berikut:

Mengakses Website Resmi IndiHome

Pengguna IndiHome tidak perlu khawatir jika ingin mengecek kecepatan Wifi, sebab pengguna dapat menggunakan Website resmi dari IndiHome. ISP ini memiliki fitur menarik untuk dapat melakukan Speed Test dengan akurat. Pengguna tentu akan risih jika Wifi mengalami gangguan padahal sudah dibayar mahal.

Adapun cara mengecek kecepatan Wifi IndiHome cukup mudah yaitu dengan membuka website resminya. Setelah itu pilih menu Speed Test di bagian atas dan klik mulai. Website pun akan menampilkan data kecepatan unduhan, sinyal ping dan upload jaringan.

Menggunakan Speed Test

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan Speed Test. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mendeteksi Wifi saja, tetapi juga dapat bekerja di semua jenis internet yang tersambung ke perangkat.

Adapun cara mengeceknya cukup mudah, pertama buka aplikasi Speed Test lalu klik test yang ada di beranda. Setelah itu aplikasi akan menampilkan data penting yang sewaktu-waktu dapat dilihat ketika butuh.

Baca Juga:  Ingin Buat Gmail Tanpa Nomor Hp _Simak Langkah Yang Harus Dilakukan!

Mengakses Bandwidthplace.com

Pengguna juga dapat mengecek kecepatan Wifi dengan cara mengakses bandwidthplace.com. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi apapun, cukup dengan membuka websitenya saja.

Caranya mudah yaitu pengguna cukup membuka bandwidthplace.com dengan Google atau situs pencaharian lainnya. Setelah itu klik start yang terdapat di halaman utama. Terakhir, tunggu hingga proses selesai dan bandwidthplace akan menampilkan kecepatan dari Wifi IndiHome.

Membuka Situs Project Stream Google

Layanan Google diketahui sebagai platform pencarian dan akses data saja. Namun siapa sangka layanan ini justru menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan Wifi tanpa menggunakan aplikasi. Situs ini dikenal dengan nama Project Stream.

Pengguna dapat mengecek kecepatan Wifi IndiHome hanya dalam beberapa detik saja. Caranya pengguna cukup mengetik Project Stream di Google lalu klik situs pengecekan. Setelah itu pilih check now dan situs ini akan menampilkan informasi yang dibutuhkan.

Menggunakan Aplikasi SPEEDCHECK

Mengecek kecepatan Wifi menggunakan SPEEDCHECK tidaklah rumit. Khususnya untuk pengguna yang memantau kecepatan setiap saat. Aplikasi ini hadir dengan ukuran yang ringan dan fitur yang lengkap.

Selain menampilkan kecepatan sinyal ping, download dan upload SPEEDCHECK juga dapat memberikan informasi lainnya. Pengguna dapat melihat kemampuan jaringan yang bisa digunakan untuk game, streaming, dan chat.

Mengakses Ping-test.net

Cara mengetahui kecepatan Wifi lainnya yaitu dengan mengakses Ping-test.net. Situs ini menyediakan layanan pengecekan sekaligus penghitungan kecepatan Wifi yang digunakan.

Caranya yaitu buka situs ping-test.net lalu cari dan klik ikon start pada layar beranda. Setelah itu tunggu beberapa saat dan hingga muncul data kecepatan Wifi IndiHome.

Menggunakan Aplikasi Opensignal

Apabila tidak memiliki komputer atau laptop untuk mengecek kecepatan Wifi maka pengguna dapat menginstall aplikasi Opensignal. Sebab aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone.

Baca Juga:  Penyebab Kuota Telkomsel Tidak Masuk

Cara yang satu ini terbilang mudah, pengguna cukup mendownload dan memasang aplikasi ini di smartphone. Setelah itu klik tulisan Test yang muncul di beranda aplikasi. Tunggu beberapa menit dan data statistik jaringan IndiHome akan muncul.

Itulah tadi beberapa cara mengecek kecepatan Wifi IndiHome yang dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat beberapa cara yang membutuhkan aplikasi tambahan. Namun jika tidak ingin ribet, pengguna cukup buka beberapa situs pengecekan kecepatan Wifi yang disediakan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *