Cara Mengobati Disengat Lebah

Cara Mengobati Disengat Lebah – Lebah adalah hewan yang mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Salah satu khasiatnya adalah madu yang dihasilkan oleh lebah, madu memiliki khasiat yang melimpah bagi tubuh manusia. Namun apa jadinya jika tersengat lebah, bagaimana cara mengobati disengat lebah? Tidak hanya bengkak dan rasa sakit, tetapi sengatan lebah dapat menyebabkan kematian.

Sarang lebah, biasanya terdapat pada pohon di sekitar rumah. Bahkan ada kasus yang menunjukan keberadaan sarang lebah di area atau dalam rumah. Mengetahui cara mengatasi luka sengatan lebah adalah langkah yang efektif untuk mengantisipasi kejadian yang tidak disengaja serta yang menyebabkan sengatan lebah. Berikut, cara yang bisa dilakukan ketika tersengat lebah:

Keluarkan Sengat dengan Segera

Ketika tersengat oleh lebah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dan pastikan sisa ekor sengatan lebah sudah terlepas. Sisa sengatan lebah biasanya memiliki ukuran yang sangat kecil.

Ketika ingin mencabut harus sangat hati-hati agar tidak masuk ke dalam kulit. Karena dengan segera mencabut sisa sengatan ekor lebah, akan memiliki risiko yang minim bagi kesehatan tubuh.

Basuh Area Sengatan dengan Air dan Sabun

Setelah mencabut sisa sengatan lebah yang menempel pada kulit, selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan area yang tersengat oleh lebah. Ini bisa dilakukan dengan air mengalir dan sabun, basuh secara perlahan dan merata pada area sengatan. Tindakan ini bertujuan untuk mengeluarkan racun-racun pada sisa sengatan lebah dan mampu menghambat laju infeksi.

Baca Juga:  5 Cara Makan Bawang Putih Mentah Yang Bisa Diikuti

Kompres dengan Es Atau Air Dingin

Langkah selanjutnya adalah mengompres area luka sengatan dengan es atau air dingin. Hal ini cukup praktis tapi memiliki keefektifan dalam meredam rasa nyeri dan sakit pada area sengatan.

Cukup siapkan es atau air dingin, jika menggunakan es maka tempelkan secara perlahan ke area yang bengkak. Jika menggunakan air dingin, maka kompres area sengatan dengan handuk.

Oleskan Madu pada Area Sengatan

Jika masih merasakan nyeri dan sakit pada area sengatan lebah, maka selanjutnya dapat diredam dengan mengoleskan madu. Salah satu dari khasiat madu adalah dapat meredakan rasa nyeri dan gatal pada tubuh akibat sengatan. Oles secara merata di area yang terkena sengatan lebah. Setelah itu biarkan hingga mengering. Lakukan hal tersebut berulang agar efektif untuk menyembuhkan luka.

Oleskan Getah Lidah Buaya

Cara mengobati disengat lebah yang berikutnya adalah menggunakan lidah buaya. Aloe Vera juga merupakan bahan alami yang mampu mengobati sengatan lebah. Dengan cara mengupas bagian kulit lidah buaya, lalu oleskan getah atau gel lidah buaya pada area yang membengkak dan terasa nyeri. Lidah buaya dipercaya memiliki kandungan untuk mendinginkan dan meredakan rasa sakit.

Redakan Rasa Sakit Dengan Obat Pereda Nyeri dan Salep

Obat seperti parasetamol atau ibuprofen dapat diminum ketika rasa nyeri semakin meluas akibat sengatan lebah. Selain dengan obat pereda nyeri, sengatan lebah juga bisa diatasi dengan mengoles salep hidrokortison. Kandungan yang terdapat pada salep ini dapat mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan luka bengkak, nyeri, gatal serta luka bekas sengatan.

Berikut tadi adalah beberapa cara mengobati disengat lebah yang bisa dan mudah dilakukan sebagai pertolongan pertama. Hindari area yang terdapat sarang atau kerumunan lebah untuk mencegah terjadinya sengatan lebah. Lakukan cara-cara di atas untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di sengaja yang mengakibatkan sengatan lebah.

Baca Juga:  Biaya Tahunan Kartu Kredit BRI
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *