Cara Menyembuhkan Glaukoma

Cara Menyembuhkan Glaukoma  – Glaukoma adalah kerusakan pada syaraf mata akibat bola mata mengalami tekanan tinggi (intraocular) karena peningkatan cairan di mata. Jika dibiarkan penyakit ini akan merusak saraf optik yang melakukan transmisi gambar ke otak dan bisa menyebabkan kebutaan. Cara menyembuhkan glaukoma bisa dilakukan asal mengetahui sumber masalahnya.

Jika mengalami gejala seperti pandangan mengerucut atau ada titik hitam saat melihat dan disertai sakit kepala berat, segeralah memeriksakan diri ke dokter mata. Gejala seperti itu harus diketahui penyebabnya dan segera diambil tindakan pengobatan. Sebagai upaya penyembuhannya bisa dilakukan beberapa cara, simaklah penjelasannya berikut ini!

Berikan Obat Tetes Mata

Alternatif pertama yang akan dilakukan oleh dokter adalah memberikan obat tetes mata khusus pengobatan glaukoma. Jenis obat ini ada beberapa macam dan fungsi utamanya adalah untuk mengurangi pembentukan cairan mata agar tidak terlalu menekan mata sehingga merusak saraf mata. Sehingga bisa mengurangi gejala yang dialami.

Efek samping yang diketahui setelah penggunaan obat tetes mata adalah mata kemerahan, iritasi mata, gejala alergi dan penglihatan buram. Tergantung jenis obat yang diberikan dan reaksi mata dan penyakit terhadapnya. Jenis fungsi obat bisa berbeda tergantung penilaian dokter karena itu reaksinya juga bisa berbeda.

Maksimalkan Pengobatan dengan Obat Minum

Jika obat tetes mata terkesan pengobatan dari luar, obat minum dianggap pengobatan dari dalam tubuh. Namun pemberian obat minum tergantung dari tingkat keparahan glaukoma-nya sendiri dan umumnya tidak selalu diberikan. Ada dua jenis obat minum yang bisa diberikan, yaitu:

  • Pertama, golongan hiperosmotik (contoh: gliserol) yang cara kerjanya menarik cairan dari mata masuk ke dalam pembuluh darah. Namun hanya diberikan dalam dosis kecil khusus pada kondisi akut.
  • Kedua, golongan inhibitor karbonik anhidrase (contoh: acetazolamide) juga hanya diberikan dalam dosis kecil. Tapi jika terjadi kasus dimana orang tersebut tidak lagi mempan dengan pengobatan tetes mata dan terlalu beresiko untuk menjalani operasi, obat ini bisa digunakan untuk jangka waktu lama.
Baca Juga:  Begini Cara Menyembuhkan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh, Ampuh!

Lakukan Operasi Mata

Tindakan operasi biasa dilakukan jika kasus glaukoma tidak lagi bisa diatasi dengan obat-obatan. Operasi ini sendiri bisa memakan waktu antara 45 hingga 75 menit. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua alternatif yaitu:

  • Alat drainase glaukoma (GDD Implant) yang dilakukan untuk glaukoma sudut tertutup, dimana iris mata dipasangi implant. Bentuknya seperti pipa menggunakan sinar laser agar kelebihan cairan pada mata bisa mengalir lebih baik.
  • Trabekulektomi yang dilakukan untuk glaukoma sudut terbuka dimana dilakukan sayatan kecil di bagian putih mata dan pembuatan kantong (bleb) di area konjungtiva. Dengan begitu kelebihan cairan bisa mengalir dan tertampung di bleb dan diserap oleh tubuh.

Atasi dengan Pengobatan Laser

Sama seperti tindakan operasi, pengobatan dengan laser juga hanya dilakukan jika pengobatan biasa tidak lagi berfungsi. Ada dua alternatif tindakan yang dilaksanakan dengan cepat sebagai bentuk tindakan darurat bilamana kondisi mata sudah parah, yaitu:

  • Iridotomi yaitu pengobatan untuk glaukoma sudut tertutup dimana dilakukan pembuatan lubang kecil pada iris mata untuk memperluas sudut mata depan.
  • Trabekuloplasti yaitu pengobatan untuk glaukoma sudut terbuka untuk memperbaiki sudut pembuangan cairan mata.

Sesuaikan Obat dengan Kondisi Mata

Jika glaukoma terjadi karena pengaruh penyakit lain seperti diabetes, konsultasikanlah ke dokter agar dosis pengobatannya bisa disesuaikan. Mengapa demikian? Pasalnya harus mempertimbangkan dosis obat rutin selain untuk pengobatan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyembuhkan glaukoma sejak dini agar tidak memperburuk keadaan dan berujung pada mengalami kebutaan. Makanan tinggi Omega-3 bisa membantu mata agar tetap sehat selain segera melakukan konsultasi ke dokter jika mengalami gangguan mata agar bisa segera ditangani.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *