Menyembuhkan Bisul Secara Alami

Menyembuhkan Bisul Secara Alami  – Bisul merupakan penyakit berbentuk benjolan kecil yang berisi nanah dan menyebabkan rasa sakit pada kulit. Biasanya bisul muncul pada permukaan kulit yang sering berkeringat, seperti di punggung, ketiak, dan wajah. Bisul juga dapat muncul di area kelopak mata, yang dinamakan bintilan. Lalu bagaimana cara menyembuhkan bisul secara alami dengan obat herbal?

Jenis bisul ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Hanya saja, proses pemulihannya membutuhkan proses dan tentu saja akan menimbulkan rasa nyeri. Berikut akan dijelaskan cara untuk menyembuhkan bisul secara alami dengan obat herbal yang dapat membantu penderita mengatasi rasa sakitnya:

Gunakan Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit dapat membantu meredakan penyakit bisul dengan cepat. Obat ini bersifat antibakteri dan anti inflamasi yang dapat digunakan sebagai pembersih darah alami. Cara pengobatannya ada 2 macam, yaitu bisa diseduh secara langsung atau dioleskan ke kulit yang terkena bisul.

Apabila ingin diseduh, caranya yaitu dengan merebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air, kemudian dinginkan sejenak lalu minum 3 kali sehari hingga sembuh. Sementara jika ingin dioleskan ke kulit, caranya adalah dengan mencampurkan kunyit bersama air dan jahe sampai berbentuk adonan. Setelah itu, oles pada area yang terdapat bisul sehari 2 kali.

Oleskan Minyak Pohon Teh

Kandungan minyak ini memiliki zat antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bisul. Minyak pohon teh ini tidak untuk dioleskan pada kulit secara langsung, karena dapat menyebabkan kulit terbakar dan terkena iritasi.

Baca Juga:  Inilah 6 Contoh Tanaman Obat Yang Berkhasiat Dan Ampuh!

Untuk cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur 5 tetes minyak pohon teh dan 1 sendok minyak zaitun. Setelah tercampur, masukkan kapas dan kompres pada kulit yang terkena bisul sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Lakukan metode ini secara rutin hingga bisul pecah dan hilang dengan sempurna.

Gunakan Minyak Jarak (Castor Oil)

Cara menyembuhkan bisul secara alami dengan obat herbal selanjutnya adalah menggunakan minyak jarak. Obat alami ini mengandung asam risinoleat dan anti inflamasi kuat. Senyawa ini mampu mengatasi adanya infeksi bakteri.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Oleskan minyak jarak pada bagian bisul seperlunya. Pastikan rutin untuk melakukannya paling tidak, sehari cukup 3 kali sampai bisul matang dan pudar sepenuhnya.

Manfaatkan Garam Epsom

Garam epsom dapat membantu menghilangkan nanah yang muncul, sehingga bisul dapat mengering dengan cepat. Untuk langkah pengobatannya, yaitu pertama larutkan garam epsom pada air hangat. Setelah itu, masukkan handuk kecil dalam larutan tersebut. Lalu kompres di pada bagian yang terkena bisul selama kurang lebih 20 menit dan lakukan rutin 3 kali sehari.

Gunakan Neem Oil

Minyak asal India ini, terkenal akan khasiat alaminya yang mampu menyembuhkan bisul. Tidak hanya itu, kandungan antiseptiknya juga mampu menyembuhkan segala macam penyakit kulit lainnya yang terkena infeksi.

Untuk menggunakannya, cukup tempelkan neem oil pada bagian yang terdampak bisul. Pastikan mengoleskan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari, agar hasil lebih memuaskan. Jika rutin melakukannya, maka dipastikan bisul akan cepat hilang dan kulit akan kembali pulih.

Oleskan Bawang Putih yang Sudah Dihaluskan

Bawang putih memiliki manfaat yang dipercaya beberapa ahli untuk mengatasi bisul. Berdasarkan penelitian, zat antibakteri yang ada dalam kandungan bawang putih mampu membunuh jamur yang dapat mengakibatkan infeksi pada kulit.

Baca Juga:  Bank Swasta Penerbit Kartu Kredit di Indonesia

Cara mengobati bisul dengan bawang putih sangat sederhana. Ambil beberapa siung bawang putih, lalu ulek dan haluskan. Oleskan selama 10 hingga 30 menit pada area bisul. Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali sampai bisul sembuh total.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 6 cara menyembuhkan bisul secara alami dengan obat herbal. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri supaya terhindar dari serangan penyakit.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *