Cara Menyembuhkan Kista Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Kista Tanpa Operasi – Kista merupakan penyakit yang berbentuk benjolan dan tumbuh di jaringan normal. Penyakit ini sebenarnya adalah tumor yang jinak. Jenis kista pun beragam, ada kista payudara, kista ovarium, kista ganglion, dan lainnya. Cara menyembuhkan kista tanpa operasi pun tersedia banyak dan bervariasi. Meskipun kista tidak berbahaya, tapi harus diobati dengan baik.

Jika terlambat ditangani, kista akan makin ganas dan bisa berubah menjadi kanker. Biasanya kista muncul di bagian organ dalam seperti rahim, paru-paru, ginjal, dan sebagainya. Adapun di bagian organ luar adalah pada wajah, dan juga bagian lainnya. Setiap penyakit pasti memiliki obat. Maka dari itu, simak cara penyembuhannya sebagai berikut:

Lakukan Terapi Panas

Cara menyembuhkan kista tanpa operasi yang pertama adalah dengan melakukan terapi panas. Hawa panas mampu membantu peningkatan sirkulasi darah. Apabila sirkulasi darah meningkat, maka rasa nyeri akan dapat berkurang. Untuk penderita kista, kompres perut atau punggung bagian bawah dalam kurun waktu 20 menit. Gunakan handuk hangat ataupun bantal pemanas.

Terapi panas ini bisa dilakukan sebanyak tiga hingga empat kali dalam satu hari agar kista bisa cepat hilang. Penderita perlu untuk menjaga kebersihan area pada kista dengan mencuci benjolan dan juga kulit menggunakan sabun anti bakteri. Jangan sampai memencet benjolan karena hal tersebut dapat menimbulkan infeksi.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Penderita kista disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti almond, brokoli, dan sayuran hijau. Makanan yang memiliki protein rendah lemak seperti ikan, ayam, dan tahu juga diperkenankan untuk dimakan. Pengkonsumsian makanan yang meredakan peradangan juga dianjurkan, seperti kunyit, tomat, kal, serta minyak zaitun.

Baca Juga:  Seperti Ini Cara Menyembuhkan Tangan Yang Tertindih Saat Tidur Tanpa Perlu Konsultasi Dokter

Bagi penderita kista, usahakan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan resistensi insulin. Kondisi adalah saat tubuh tak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena mengalami gangguan ketika merespon insulin. Makanan yang dapat meningkatkan resistensi insulin ini adalah kentang, roti tawar, dan juga makanan manis. Hindarilah jenis makanan tersebut.

Pijat dan Relaksasi

Kista dapat mengakibatkan rasa nyeri dan membuat otot di sekitar area kista akan menjadi tegang. Melakukan pijat di area punggung, paha, dan juga area lain yang terkena akan membantu untuk mengurangi tegangnya otot dan rasa nyeri yang timbul. Relaksasi seperti yoga ataupun meditasi juga diperlukan agar penderita tidak merasa stres.

Apabila penderita tidak bisa mengelola stres ataupun rasa kecemasan dengan baik, maka hal tersebut akan membuat rasa nyeri terasa makin parah. Maka dari itu, lakukan relaksasi dengan rutin dan baik agar bisa mengontrol stres. Luangkan waktu sebanyak satu sampai dua jam setiap hari untuk melakukan relaksasi.

Konsumsi Obat yang Disarankan Dokter

Cara berikutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Naproxen, Ibuprofen, dan juga Paracetamol adalah jenis obat yang dianjurkan untuk diminum dan dapat membantu meredakan rasa nyeri yang dirasakan pada tubuh. Ketika sudah mengkonsumsi obat tetapi rasa nyeri masih terasa, maka disarankan untuk pergi konsultasi ke dokter yang ahli di bidangnya.

Tingkatkan Olahraga

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka otot akan kembali kencang dan dapat mengatasi rasa nyeri pada penderita kista. Rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga juga bisa mencegah pertumbuhan kista pada tubuh. Luangkan waktu sekitar satu sampai dua jam setiap pagi untuk bisa melakukan olahraga.

Dengan mengikuti lima cara menyembuhkan kista tanpa operasi di atas secara teratur, maka akan memperbesar kemungkinan kista dapat hilang dan bisa beraktivitas dengan sehat seperti sedia kala. Penderita harus selalu berpikiran positif dan semangat dalam upaya menyembuhkan kista.

Baca Juga:  Hiasan Rumah Pemanis Ruang Tamu, Manis Dan Minimalis
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *