Cara Recovery Windows 10

Cara Recovery Windows 10  – Ketika merasa laptop yang digunakan mengalami masalah, terdapat opsi pemulihan yang dapat dilakukan untuk membuatnya kembali dapat digunakan dengan prima. Bagi pengguna Windows 10, cara recovery Windows 10 dapat dilakukan dengan 2 cara mudah. Hal tersebut merupakan pilihan terbaik yang dapat dilakukan daripada harus menginstal ulang Windows pengguna.

Biasanya pengguna melakukan recovery ini karena beberapa masalah seperti virus, penyimpanan penuh dan RAM yang terlalu banyak digunakan. Dengan melakukan recovery ini terdapat beberapa keuntungan jika dibandingkan melakukan instal ulang Windows. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat dan juga cara melakukan recovery di Windows 10 simak penjelasannya sebagai berikut:

Manfaat Melakukan Recovery

Sebelum membahas mengenai cara recovery Windows 10, pahami terlebih dahulu beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari proses ini. Selain bisa memperbaiki masalah yang terjadi pada laptop, recovery juga memiliki fungsi sebagaimana instal ulang Windows namun dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai keuntungan recovery, simak ulasannya sebagai berikut:

Tidak Perlu Memasang Ulang Aplikasi dan Driver

Kelebihan dari proses recovery dibandingkan instal ulang Windows adalah pengguna tidak perlu takut kehilangan aplikasi dan memasang ulang driver. Dengan melakukan recovery aplikasi yang dimiliki tidak akan hilang. Hal ini tentunya lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, recovery merupakan cara yang paling praktis tanpa perlu instal ulang apapun lagi. Hal tersebut bisa menghemat banyak waktu sekaligus biaya. Sebab untuk melakukan recovery bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat servis untuk menggunakan jasa instal ulang Windows.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Maaf Saat Ini Sistem Kami Sedang Sibuk Telkomsel Terjamin Langsung Bisa

Tidak Perlu Menghapus Data Penting

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari recovery adalah pengguna tidak perlu lagi melakukan back up data. Apabila pengguna memiliki banyak data yang tersimpan di laptop, pengguna tetap bisa melakukan recovery tanpa harus menghapusnya atau mem back up terlebih dahulu. Sebab data-data tersebut tidak akan hilang.

Cara Recovery Windows 10

Ketika kinerja Windows lambat, untuk memperbaikinya bisa dengan cara menginstal ulang Windows. Namun ada solusi yang lebih mudah yaitu dengan melakukan recovery Windows. Cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah bahkan tak perlu memahami pemrograman. Di bawah ini adalah cara untuk melakukan recovery Windows:

Melalui Menu Setting

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk melakukan recovery Windows 10 adalah melalui menu setting. Untuk melakukannya juga tidaklah sulit. Bagi pengguna yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, simak ulasannya di bawah ini:

  • Buka menu Windows setelah itu klik pada menu setting.
  • Setelah menu setting terbuka klik pada menu update and security.
  • Pada menu tersebut klik pada bagian recovery. Setelah itu akan muncul beberapa pengaturan recovery. Pada bagian reset PC klik tulisan get started untuk melakukan recovery.
  • Setelah itu akan muncul menu pop up yang berisi opsi untuk menghapus data atau mempertahankan data yang dimiliki. Jika pengguna sudah membackup data bisa pilih remove everything. Namun jika tidak ingin menghapus data, klik keep my files.
  • Konfirmasi proses dengan klik reset. Setelah itu tunggu hingga proses recovery selesai dan Windows akan melakukan instal ulang otomatis. Tunggu proses tersebut selesai dan recovery sudah berhasil dilakukan.

Menggunakan Windows Recovery

Berikutnya, cara recovery Windows 10 juga bisa dilakukan dengan menggunakan Windows recovery. Hal ini dilakukan apabila pengguna tidak dapat masuk ke sistem dan hanya bisa membuka pada menu sign in saja. Cara masuk ke menu Windows recovery yaitu dengan menekan tombol shift lalu klik tombol power dan pilih restart.

Baca Juga:  Tips Memilih Pupuk Cabe Rawit Musim Hujan Agar Tetap Kuat

Dengan demikian, laptop akan masuk ke menu Windows recovery. Setelah menu tersebut terbuka, klik pilihan troubleshoot pada opsi choose an option. Setelah itu pilih reset this PC. Tunggu proses selesai dan Windows melakukan instal ulang untuk menyelesaikan proses recovery.

Itu tadi adalah beberapa cara recovery Windows 10 yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Dengan melakukan recovery ini maka sistem akan dikembalikan ke setelan pabrik. Bisanya recovery ini dilakukan untuk memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada laptop agar performa lebih prima.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *