5 Cara Cek Kecepatan Wifi Di Pc Dan Hp

5 Cara Cek Kecepatan Wifi Di Pc Dan Hp

Cek Kecepatan Wifi Di Pc Dan Hp

Cek Kecepatan Wifi Di Pc Dan Hp – Ketika memasang Wifi, tentunya pengguna telah memilih paket dengan kecepatan yang telah disepakati bersama. Namun meskipun begitu, pengguna perlu mengetahui cara cek kecepatan Wifi. Dengan begitu, pengguna juga bisa mengetahui apakah Wifi yang terpasang memiliki kecepatan yang sesuai dengan pembelian atau tidak. Berikut penjelasan lengkapnya!

Cara Mengecek Kecepatan Wifi Di PC

Melakukan pengecekan kecepatan Wifi di PC dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Selain menggunakan aplikasi, pengecekan juga bisa dilakukan menggunakan fitur di dalam PC itu sendiri. Berikut ini dua cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kecepatan Wifi di PC.

Menggunakan CMD

Pengguna tidak membutuhkan software atau aplikasi tambahan untuk melakukan cara ini. CMD atau Command Prompt dapat digunakan untuk melihat apakah kecepatan Wifi berada di level stabil atau terputus-putus. Simak langkahnya berikut ini:

  • Kirimkan ping ke Google.
  • Buka fitur CMD di PC dengan mencari fiturnya di kolom Search lalu ketik “CMD” lakukan ping di layar CMD.
  • Kecilkan ukuran jendela CMD, jangan ditutup.
  • Perhatikan angka yang keluar di jendela CMD, akan keluar nilai TIME. Apabila nilai Time muncul angka kecil, maka menunjukkan koneksi internet yang baik. Sedangkan jika nilainya besar maka internet sedang tidak stabil. Jika tertulis Request Time Out, artinya koneksi internet terputus.

Menggunakan Bandwidth Place

Bandwidth Place dikembangkan perusahaan teknologi yang berasal dari Amerika Serikat. Cara cek kecepatan Wifi menggunakan Bandwidth Place sangat mudah dilakukan. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengecek PING, upload speed dan download speed dari koneksi internet yang sedang digunakan.

Ping merupakan istilah yang merujuk pada waktu respon yang diberikan oleh koneksi internet ketika pengguna mengirim permintaan. Jika Ping menunjukkan hasil nilai yang kecil, artinya kecepatan internet sangat baik. Sebaliknya jika hasil Ping menunjukkan angka besar, artinya koneksi internet bermasalah.

Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka - Inilah Khasiat Yang Perlu Diketahui!

Cara Mengecek Kecepatan Wifi Di HP

Saat ini hampir semua jenis HP menggunakan koneksi internet untuk kelancaran penggunaannya. Seperti halnya pada PC, mengecek kecepatan Wifi juga dapat dilakukan di HP dengan cara yang mudah. Apa saja langkah yang dapat dilakukan? simak di bawah ini.

Periksa Kecepatan Wifi Menggunakan Speedtest.net

Aplikasi ini tergolong yang paling populer untuk mengecek kecepatan Wifi. Situs ini memang paling banyak digunakan untuk mengetes kecepatan internet. Pengguna dapat mengetes kecepatan data seluler maupun Wifi di HP dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Pengguna bisa mengunjungi situs speedtest.net atau menggunakan aplikasinya langsung di HP. Setelah masuk dalam aplikasi, klik Go lalu tunggu beberapa saat. Kecepatan Wifi yang sedang digunakan oleh HP akan segera terpampang.

Cek Kecepatan Wifi Menggunakan Situs Fast.com

Selain menggunakan aplikasi dan situs Speedtest.net, pengguna juga dapat memanfaatkan situs Fast.com untuk mengecek kecepatan Wifi. Caranya pun sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengakses situsnya kemudian sistem akan melakukan penghitungan kecepatan internet yang sedang digunakan di HP dengan cepat. Selain digunakan di HP, situs ini dapat diakses melalui tablet, PC bahkan Smart TV.

Ketahui Kecepatan Wifi Melalui Meter.net

Situs terakhir yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan Wifi yaitu Meter.net. Dalam situs ini terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan internet yang sama seperti situs dan aplikasi lainnya yaitu Ping, upload speed dan download speed. Proses pengecekan berlangsung sangat singkat hanya 30 detik saja.

Demikian ulasan singkat mengenai cara cek kecepatan Wifi di PC dan HP. Pengecekan ini penting agar pengguna mengetahui berapa Mbps kecepatan internet yang digunakannya. Apabila pengguna ingin mendownload atau mengupload sebuah dokumen berukuran besar, dapat mempertimbangkannya setelah mengetahui berapa kecepatan internet yang sedang berjalan.

Baca Juga:  Panduan Lengkap - Cara Mengajukan Kartu Kredit HSBC

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *