Jenis Bibit Sawit PPKS – Para petani kelapa sawit lebih disarankan untuk mendapatkan jenis bibit sawit PPKS karena bibit yang didapatkan memiliki kualitas yang bagus. Sistem yang diatur PPKS juga pro dengan rakyat sehingga petani akan mendapatkan kepercayaan lebih.

PPKS mengeluarkan banyak jenis bibit kelapa sawit yang berkualitas. Dengan mengetahui jenis bibit sawit petani bisa memilih bibit yang sesuai. Berikut ini adalah jenis bibit kelapa sawit yang diproduksi dari PPKS antara lain:

Mengenal Apa Itu PPKS

Kelapa sawit adalah adalah sumber alam Indonesia yang perlu terus ditingkatkan kualitasnya. Tentunya perkembangan perkebunan kelapa sawit harus senantiasa diupayakan demi meningkatnya hasil sumber daya alam yang amat berarti bagi Indonesia ini.

Untuk memajukan perkebunan kelapa sawit agar menghasilkan produk yang unggul, terdapat lembaga penelitian khusus yang dirancang untuk mengembangkan kelapa sawit. Lembaga khusus tersebut adalah PPKS yang memiliki tugas meneliti dan memberikan ide pengembangan kelapa sawit.

Salah satu bentuk upaya nyata yang dilakukan PPKS untuk menghasilkan kelapa sawit yang unggul, PPKS memproduksi berbagai jenis bibit sawit PPKS yang unggul. PPKS sebisa mungkin membantu petani sawit dalam mendapatkan bibit unggul dengan mudah.

Jenis Bibit Sawit Unggul Dari PPKS

Dengan adanya PPKS, bibit unggul sawit bisa lebih mudah didapatkan tanpa harus mengeluarkan modal yang sangat besar. Berikut ini adalah berbagai jenis dari bibit kelapa sawit unggul yang bisa didapatkan petani dari PPKS antara lain:

Varietas Dumpy

Meskipun varietas bibit sawit ini lebih banyak dikenal sebagai varietas Dumpy, namun nama dari varietas ini adalah varietas DyP Sungai Pancur I. Keunggulan dari varietas kelapa sawit ini adalah memiliki masa pertumbuhan tinggi yang lama.

Semakin lama kelapa sawit tumbuh tinggi akan membuat kelapa sawit memiliki masa produksi yang lama sehingga akan memiliki hasil yang lebih banyak. Perbandingan masa produksi sawit ini dari jenis lain bahkan hingga 30 tahun lamanya.

Baca Juga:  Jenis Dan Besaran Bunga Deposito Tertinggi 2022 Yang Bisa Jadi Investasi

DxP Langkat

Jenis sawit dari PPKS yang paling awal dibuat adalah varietas DxP Langkat. Varietas bibit sawit ini berasal dari perpaduan antara jenis Marihat, Yangambi, hingga SP540. Keunggulan sawit varietas ini adalah memiliki ukuran pelepah yang pendek.

Sawit jenis DxP Langkat sudah bisa berbuah pada usia yang relatif muda yaitu usia 22 bulan. Selain itu, buah yang dihasilkan ketika panen pun cenderung memiliki jumlah buah yang banyak.

Turunan Yangambi

Tiap tandan buah sawit varietas turunan Yangambi memiliki bobot yang tinggi sehingga memiliki potensi panen dalam jumlah besar pada tiap periode panen. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat diharapkan oleh petani sawit.

Bibit yang berasal dari varietas Yangambi bahkan banyak digunakan sebagai penghasil turunan benih yang berkualitas di dunia. PPKS menghasilkan tiga turunan Yangambi yakni DxP PPKS 239, DxP Yangambi, serta DxP Yangambi 718.

Turunan Varietas SP540T

Turunan Varietas SP540Jenis bibit kelapa sawit yang bisa tumbuh dengan baik di banyak jenis tempat adalah varietas dari turunan SP540T. Hal tersebut karena varietas ini memiliki kemampuan untuk adaptasi yang sangat kuat dan cepat.

Selain kemampuan beradaptasi dengan berbagai bentuk tempat, bibit sawit dari varietas ini juga menghasilkan buah yang berkualitas. Varietas sawit ini memiliki keunggulan dalam besarnya persentase mesocarp dari tiap buahnya.

Demikianlah ulasan tentang jenis bibit sawit PPKS yang bisa dipilih oleh petani sawit. Hadirnya PPKS memberikan peran yang amat penting bagi perkembangan kualitas kelapa sawit yang bisa dihasilkan oleh petani kelapa sawit di Indonesia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *