Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan  – Zaman dahulu bekatul atau kulit lapisan kedua padi, kerap dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak atau malah hanya dibuang begitu saja. Namun beberapa tahun ke belakang, bekatul telah menjadi salah satu alternatif bahan makanan populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Lalu, apa saja manfaat bekatul untuk kesehatan sesuai kandungan gizinya?

Dalam ulasan ini akan dijelaskan manfaat bekatul bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya berdasarkan kandungan gizi yang dimilikinya. Dari mulai menyehatkan jantung hingga perannya bagi kecantikan kulit, ternyata bekatul menyimpan segudang manfaat, berikut penjelasan selengkapnya!

Menurunkan Risiko Kolesterol

Bekatul mengandung serat pangan yang salah satunya disebut beta glukan, yang diketahui dapat membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat. Tak hanya itu, beta glukan juga berperan dalam meningkatkan kolesterol baik, sehingga mencegah penyakit-penyakit mematikan terkait jantung seperti serangan jantung dan stroke.

Mempertahankan Kekuatan Tulang dan Gigi

Zat mineral yang cukup banyak terdapat dalam bekatul adalah kalsium dan magnesium, yang mana keduanya sangat bagus bagi kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, mengkonsumsi bekatul dapat mempertahankan kekuatan tulang dan gigi serta mencegah pelapukan dan pengeroposan. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Menjaga Sistem Pencernaan

Saat mengkonsumsi sesuatu, salah satu sistem organ yang paling mudah terserang masalah adalah sistem pencernaan. Namun, mengkonsumsi bekatul justru dapat membantu menjaga kesehatan dan meredakan masalah-masalah sistem pencernaan. Lagi-lagi berkat kandungan seratnya, bekatul dapat membantu mengatasi sembelit dan meredakan gejala infeksi atau radang usus.

Menghaluskan Kulit

Tidak hanya untuk dikonsumsi, bekatul ternyata bermanfaat juga dalam bidang kesehatan dan kecantikan kulit untuk pemakaian luar. Bubuk atau tepung bekatul dapat dicampur dengan air atau cairan khusus lainnya hingga berbentuk pasta dan dapat digunakan menjadi masker wajah. Diketahui, masker wajah bekatul dapat membantu mengatasi mata panda dan menjaga keremajaan kulit.

Meningkatkan Fungsi Saraf

Seperti pada beras sendiri, bekatul juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks yang sangat baik bagi peningkatan fungsi-fungsi saraf otak. Mengkonsumsi bekatul secara rutin dapat membantu seseorang memiliki kemampuan otak yang lebih berkembang, sehingga lebih mudah belajar dan dapat meningkatkan kecerdasan.

Mencegah Kanker

Nah, manfaat bekatul untuk kesehatan yang cukup populer adalah kemampuannya dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia. Penderita kanker stadium awal dapat mulai mengkonsumsi bekatul secara rutin agar penyakitnya sel jahatnya tidak menyebar dan berkembang menjadi lebih ganas.

Selain itu, kandungan antioksidan serta vitamin yang tinggi juga menjadikan bekatul mampu untuk mencegah penyakit kronis semacam darah tinggi, diabetes, dan peradangan khusus. Bagi orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes sangat disarankan mengganti karbohidrat ke bekatul, karena kandungan glukosanya tidak setinggi beras.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Karbohidrat seringkali diasosiasikan dengan berat badan. Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, maka semakin signifikan kenaikan berat badan seseorang. Namun stereotip itu tentu tidak berlaku bagi bekatul. Pasalnya, sumber karbohidrat yang satu ini justru bisa membantu mengurangi dan menjaga berat badan berkat kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Itu dia beberapa manfaat bekatul untuk kesehatan yang telah terbukti secara klinis dan ilmiah. Setelah membaca ulasan ini, apakah jadi ingin beralih ke bekatul sebagai pengganti sumber karbohidrat? Jika bingung mengolahnya, telah banyak pula dijual produk olahan bekatul seperti sereal, roti, dan kue.

Baca Juga:  Jenis Dan Besaran Bunga Deposito Tertinggi 2022 Yang Bisa Jadi Investasi
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *