Amalan Ketika Hujan

Amalan Ketika Hujan  – Turunnya hujan memang dikenal sebagai salah satu peristiwa yang direncanakan terjadi oleh Tuhan demi memberikan banyak hikmah kepada hamba-Nya. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu tentang beberapa amalan ketika hujan yang sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Secara garis besar, sebenarnya memang ada banyak amalan yang nantinya mudah untuk dipraktekkan secara langsung tanpa harus merasa ribet. Bahkan ada beberapa di antara amalan yang ada, cocok untuk dicoba langsung berulang kali setiap kali ada hujan turun. Simak beberapa amalan yang dimaksud dalam uraian di bawah ini:

Membaca Bacaan Syukur

Untuk amalan pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan mencoba beberapa bacaan syukur yang sudah diketahui sebelumnya. Sebenarnya amalan ini bisa dilakukan dengan lebih mudah ketimbang amalan yang lainnya hanya karena perlu mengucapkan beberapa kalimat saja. Selain itu, ada banyak dzikir juga yang bisa dipilih seseorang.

Menyampaikan Beberapa Doa

Sementara itu, untuk amalan yang kedua ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai amalan yang lebih bebas ketika dipraktikkan. Setiap orang bisa segera mengucapkan beberapa doa yang sudah dipendam untuk disampaikan langsung kepada Tuhan sesuai dengan yang sudah dimiliki masing-masing. Jangan lupa pula dengan menambahkan beberapa penutup agar lebih manjur.

Doa Ketika Hujan Lebat

Untuk amalan ketika hujan yang ketiga ini mungkin bisa dicoba jika ternyata harus menghadapi beberapa kondisi hujan yang khusus. Misalnya saja, jika ada hujan yang lebih lebat daripada biasanya, maka setiap orang bisa menyampaikan doa-doa yang dikhususkan untuk keselamatan. Jangan lupa pula untuk menyampaikan beberapa dzikir tambahan untuk lebih mempermudah.

Baca Juga:  Pahala Menafkahi Orang Tua Menurut Pandangan Islam

Mengambil Berkah Airnya

Kemudian ada juga amalan yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan terutama bagi yang ingin menyampaikan doa dengan cara yang lainnya. Perbedaan dari beberapa amalan yang sudah dijelaskan detail sebelumnya, ada cara yang lainnya hanya dengan mengambil beberapa air hujan. Setelah itu, letakkan di telapak tangan sembari menyampaikan doa masing-masing.

Menggunakan untuk Wudhu

Sedangkan untuk pilihan amalan lainnya yang dikhususkan ketika hujan yang cocok dicoba dengan mudah adalah menggunakannya untuk kebutuhan lain. Mungkin sudah ada pernah mendengar bahwa air yang dibawa oleh hujan ini adalah air dipenuhi keberkahan sehingga jangan sampai tidak disentuh. Selain itu, setiap orang juga dianjurkan wudhu dengan air tersebut.

Mencegah Ucapan Buruk

Jangan sampai dilewatkan pula untuk dilakukan nantinya ketika datang hujan terutama ketika lebat, amalan ini sebaiknya segera diperhatikan. Seperti yang telah dijelaskan detail dalam beberapa amalan yang sebelumnya, hujan ini dipenuhi dengan keberkahan sehingga sebaiknya hindari ucapan buruk. Setiap orang juga perlu menjaga ucapan yang ada sejak awal.

Berdoa Pasca Hujan

Ada amalan yang menarik lainnya yang banyak dianjurkan untuk dicoba baik bagi yang sudah berpengalaman atau bahkan belum pernah mencoba. Selain bisa menyampaikan banyak doa sesuai dengan keinginan yang terpendam, ternyata ada juga doa khusus untuk pasca hujan untuk diucapkan. Doa ini juga bisa disampaikan dengan dilengkapi ibadah shalat masing-masing.

Beberapa amalan ketika hujan yang sudah disampaikan di atas dapat dimasukkan ke dalam rekomendasi yang terbaik untuk dicoba langsung. Ternyata ada beberapa amalan yang tidak hanya mudah dilakukan namun cocok untuk berulang kali sesuai dengan doa yang diinginkan. Selain itu, air hujan yang berkah bisa dijadikan untuk wudhu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *