Inilah Manfaat Pupuk Urea Untuk Sawit Serta Cara Pengaplikasianya

Inilah Manfaat Pupuk Urea Untuk Sawit Serta Cara Pengaplikasianya

Manfaat Pupuk Urea Untuk Sawit

Manfaat Pupuk Urea Untuk Sawit – Tanaman agar bisa tumbuh subur membutuhkan unsur nitrogen, termasuk pada tanaman kelapa sawit. Adapun pupuk urea untuk sawit memiliki beragam kandungan manfaat yang baik untuk proses pertumbuhan dan hasil tanaman.

Pupuk urea dikatakan sangat diperlukan untuk tanaman kelapa sawit. Tanaman yang kekurangan urea menyebabkan tanaman tidak tumbuh normal dan tidak berproduksi dengan baik. Inilah manfaat-manfaat dari jenis pupuk urea pada tanaman kelapa sawit.

Manfaat Pupuk Urea Pada Kelapa Sawit

Menurut laman Cybex Kementerian Pertanian RI, pupuk urea merupakan jenis pupuk yang mengandung kadar N (Nitrogen) yang tinggi. Pupuk ini memiliki unsur hara yang berguna bagi pertumbuhan dan hasil panen. Berikut adalah manfaat-manfaatnya:

Berperan Dalam Proses Fotosintesis Agar Tanaman Menjadi Sehat Dan Segar

Manfaat pupuk urea untuk kelapa sawit yang pertama adalah meningkatkan zat hijau (klorofil) yang untuk proses fotosintesis. Pupuk urea membuat zat hijau lebih banyak dari biasanya akibat klorofil.

Zat hijau (klorofil) yang banyak pada tanaman membuat tanaman tersebut tampak lebih hijau dan sehat. Selain itu, hijaunya tanaman menandakan bahwa tanaman telah tumbuh sehat.

Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Pupuk urea yang dikenal memiliki nitrogen yang tinggi menjadi unsur hara yang bagus untuk pertumbuhan kelapa sawit. Hal ini karena dengan adanya nutrisi tersebut, pertumbuhan kelapa sawit akan lebih maksimal dan optimal.

Tak cuma bagus untuk pertumbuhan, pupuk urea untuk sawit ini membuat tanaman lebih cepat tumbuh. Tanaman yang cepat tumbuh akan menghasilkan pohon yang memiliki banyak anakan dan cabang yang banyak.

Meningkatkan Produksi Panen

Selain mempercepat pertumbuhan, pupuk urea ini juga bermanfaat untuk meningkatkan hasil panen sawit. Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa untuk menghasilkan buah yang unggul dan banyak, dosis yang harus digunakan tepat.

Baca Juga:  Jika HP Sudah di Reset Apakah Masih Bisa Dilacak

Meningkatkan Kandungan Protein Pada Buah Kelapa Sawit

Selain nutrisi yang melimpah, pupuk urea juga mengandung protein yang banyak. Jumlah protein yang banyak ini dibutuhkan untuk beragam tanaman lain, seperti tanaman untuk pangan, tanaman hasil kebun dan lainnya.

Cara Pengaplikasian Pupuk Pada Kelapa Sawit Dan Dosisnya

Pupuk urea rupanya memiliki beragam manfaat yang sangat dibutuhkan untuk kelapa sawit. Pemberian pupuk ini bisa dikatakan wajib, namun perhatikan cara dan dosis yang tepat dalam pengaplikasiannya.

Cara Penerapan

Pada pengaplikasian ini, ada cara-cara tertentu agar perlu diperhatikan dan dilakukan para petani kelapa sawit. Cara-cara ini dilakukan agar hasilnya bisa lebih maksimal. Berikut cara-cara pengaplikasian pupuk urea yang disarankan:

  • Sebelum pengaplikasian, area tanaman harus bersih dari gulma dan tanaman liar.
  • Aplikasikan pupuk pada pusat tanaman hingga ke sekitarnya.
  • Pengaplikasian pupuk urea ini disarankan diberikan saat musim hujan berlangsung karena bila kondisi lembab, pupuk akan mudah terserap tanah.

Dosis Pemupukan

Pengaplikasian pupuk urea pada tanaman kelapa sawit tidak bisa asal dilakukan saja. Ada dua dosis yang telah diatur berdasarkan umur tanaman untuk pemberian pupuk urea :

  • Tanaman umur 0-3 tahun, dipupuk dalam dua kali setahun oleh pupuk urea sebanyak 0,4 kg.
  • Tanaman berumur >3 tahun, dipupuk dalam dua kali setahun oleh pupuk urea sebanyak 2-2,5 kg.

Perhatikan cara pengaplikasian dan dosis tersebut sebelum melakukannya. Pupuk urea ini memiliki beragam manfaat bagi tanaman sawit, namun bila tidak tepat dalam pengaplikasian maka hasilnya tidak maksimal.

Demikian beragam manfaat dari pupuk urea untuk sawit dan cara pengaplikasiannya. Bagi petani kelapa sawit, jangan lupa memberi pupuk urea ini demi kesuburan dan hasil yang unggul serta maksimal

Baca Juga:  Pengaturan Jarak Tanaman Durian Montong Yang Benar Dengan Sistem Tumpang Sari

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *