Manfaat Telur Rebus Untuk Kesehatan

Manfaat Telur Rebus Untuk Kesehatan – Telur merupakan sumber protein hewani yang paling memungkinkan untuk dijangkau oleh semua kalangan berkat harganya yang murah. Meskipun murah, telur memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari daging-daging berkualitas tinggi, terutama jika direbus. Maka dari itu, ulasan ini akan menyajikan beragam manfaat telur rebus untuk kesehatan bagi pengonsumsinya.

Telur rebus diketahui memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibanding yang digoreng atau ditumis. Hal itu disebabkan minyak dan pemanasan saat proses penggorengan dapat merusak atau mengurangi beberapa kandungan gizi dalam telur. Tidak begitu halnya jika telur hanya diolah dengan cara direbus saja, kandungan gizi dan manfaatnya masih banyak, yaitu sebagai berikut:

Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 pada telur rebus dapat mengurangi kolesterol jahat dan kadar trigliserida dalam darah, serta meningkatkan jumlah kolesterol baik. Hal ini sangat baik fungsinya untuk memelihara kesehatan jantung.

Bahkan dapat mencegah penyakit berbahaya semacam stroke dan serangan jantung. Terutama bagi orang-orang yang mempunyai riwayat atau keturunan penyakit jantung, konsumsi telur rebus secara rutin dapat menjadi pertimbangan.

Menjaga Kesehatan Mata

Antioksidan dan vitamin A yang terkandung dalam telur rebus sangat baik dalam membantu memelihara kesehatan mata. Tidak hanya menjaga daya penglihatan mata, telur rebus juga diketahui dapat mencegah penyakit katarak dan mata tua jika rutin dikonsumsi. Hal itu didukung oleh peranan zat zeaxanthin dan lutein yang melindungi retina dari paparan sinar matahari.

Baca Juga:  Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan Tubuh

Memelihara Kesehatan Kuku, Rambut, dan Tulang

Tingginya kandungan mineral dan vitamin D yang terdapat dalam telur rebus, menjadikannya bagus untuk kesehatan kuku, rambut, dan tulang. Bahan pembentuk jaringan kuku dan rambut dapat distimulasi dengan sulfur dan antioksidan yang menjadikan pertumbuhannya lebih cepat dan sehat. Sedangkan pertumbuhan dan kekuatan tulang didukung oleh kuning telur yang kaya akan vitamin D.

Menjaga Kesehatan Saraf

Kandungan omega-3 dan kolin yang terdapat dalam telur rebus rupanya berperan penting terhadap peningkatan kinerja fungsi-fungsi saraf otak. Mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat membantu seseorang menjadi lebih cerdas berkat peningkatan kemampuan otaknya. Tentunya hal ini hanya berlaku jika diimbangi dengan belajar dan pemberian stimulus otak dari luar.

Mempertahankan Kekebalan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi telur rebus ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tingginya kandungan vitamin, mineral, antioksidan, serta asam amino dalam telur rebus sangat baik terhadap kekebalan imunitas tubuh. Selain itu, kulit ari yang menyelubungi telur rebus mengandung zat glikopeptida yang berfungsi merangsang pertumbuhan sel kekebalan tubuh.

Menambah Kekuatan dan Massa Otot

Mungkin sebagian orang pernah mendengar para binaragawan yang mengonsumsi telur rebus dalam jumlah besar demi membangun otot tubuhnya. Memang betul, bahwa manfaat telur rebus untuk kesehatan salah satunya dapat membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot tubuh. Namun tentunya, jika ingin memiliki badan berotot layaknya binaragawan, tidak cukup hanya mengkonsumsi telur rebus.

Bagus untuk Diet

Seperti disebutkan di atas, telur rebus dapat menambah massa otot, sehingga cocok dikonsumsi orang yang sedang diet untuk membentuk tubuh. Dengan kandungan protein yang tinggi, nutrisi dari telur rebus akan lari ke otot dan mengurangi pembentukan lemak. Lebih bagusnya lagi, telur rebus cukup mengenyangkan dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh dibanding diet dengan hanya makan sayuran.

Itu dia manfaat telur rebus untuk kesehatan, mulai dari kesehatan jantung hingga tulang. Setelah mengetahui segudang manfaat di atas, jangan lagi ragu untuk mengonsumsi telur rebus sebagai sumber protein utama. Namun, harus tetap ingat batasan dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena justru dapat menimbulkan efek buruk nantinya.

Baca Juga:  6 Cara Mengobati Payudara Bengkak Dan Nyeri Ketika Menyusui
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *