Alternatif Cara Membuka File RAR Di Laptop Dengan Aplikasi

Alternatif Cara Membuka File RAR Di Laptop Dengan Aplikasi

Membuka File RAR Di Laptop

Membuka File RAR Di Laptop – File RAR adalah jenis data dengan kemampuan menyimpan banyak file yang telah terkompresi. Cara membuka file RAR di laptop tentu sangat mudah karena file ini memang awalnya hanya tersedia di Windows.

Sebenarnya telah ada fitur yang akan bisa membuka RAR dan tidak membutuhkan aplikasi. Namun mengetahui alternatif lain yang lebih beragam tentu bisa menjadi tambahan informasi yang menarik.

Menggunakan WinRAR

Cara membuka file RAR di laptop saat fitur yang tersedia mengalami kendala, maka bisa dilakukan dengan memanfaatkan sebuah software. WinRAR merupakan software yang bisa dipakai pada Windows lama yaitu di bawah 10.

  • Unduh dan instal WinRAR terlebih dahulu.
  • Kemudian akses Windows Explorer, dan cari file RAR yang ingin dibuka.
  • Klik kanan tepat pada RAR tersebut, maka akan muncul berbagai opsi. Ketuklah perintah Open With dan tap nama software WinRAR. Kemudian jendela WinRAR akan ditampilkan dengan file tersebut berada di dalamnya.
  • Agar bisa dibuka, tap perintah Extract to yang terletak di bagian atas lalu tentukan tempat penyimpanan hasil ekstraksi lalu mulai dengan ketuk Extract.
  • Setelah selesai, file tersebut akan bisa dibuka.

Menggunakan 7Zip

Software lain yang bisa dipakai yaitu bernama 7Zip yang merupakan sebuah pengarsip berkas pada sistem Windows. 7Zip bisa digunakan untuk mengakses ekstensi berkas dan juga menulis dalam format rar, zip, maupun tar.

7Zip bisa dijalankan melalui grafis antarmuka, baris perintah, dan juga melalui integrasi shell Windows. Untuk bisa menggunakannya tentu software ini harus diunduh dan juga dipasang lebih dahulu, kemudian lakukan langkah berikut.

  • Akses Windows Explorer lalu ketik nama RAR yang akan dibuka.
  • Setelah itu, jalankan opsi file dan tap opsi open with 7Zip.
  • Selanjutnya tekan perintah ekstrak dan tunggu sampai prosesnya selesai barulah buka file tersebut.
Baca Juga:  Bayar Kartu Kredit CIMB Niaga - Panduan Lengkap dan Praktis

Menggunakan BandZip

Memiliki fungsi seperti 7Zip, software ini meskipun belum banyak diketahui namun fiturnya yang dimiliki termasuk bagus. BandZip bisa diakses di perangkat begitu mudah dan secara gratis.

Nantinya setelah diunduh dan dipasang, secara otomatis opsi pada metode membuka RAR akan muncul nama software tersebut. Pengguna tinggal tap pada nama software, lalu lakukan ekstrak seperti biasa.

Menggunakan Extract Now

Sebuah utilitas lain selanjutnya ini juga bisa digunakan tanpa dikenakan biaya atau gratis. Dengan software ini, pengguna dapat membuka format RAR dengan sangat mudah dan cepat yaitu hanya hitungan menit saja.

Selain dokumen berformat RAR, berkas lainnya dengan tipe Zip, tar, maupun lainnya juga bisa diakses dengan utilitas ini. Selain itu, Ekstract Now termasuk satu yang sering ditambahkan beberapa pengembangan dan penyesuaian.

Softwarenya sendiri telah memperoleh bintang 3,4 dari beberapa pengguna yang telah memberikan ulasan. Ketika telah dipasang pengguna bisa langsung menjalankan softwarenya dan melakukan ekstraksi file terkait.

Menggunakan PeaZip

Sebuah software yang cukup sering dimanfaatkan pengguna untuk mengakses file RAR yang ada di laptop. Software ini memiliki ukuran yang tergolong kecil sehingga ringan untuk dipasang dan digunakan.

Berbeda dengan software sebelumnya yang harus diakses melalui opsi open with, PeaZip langsung muncul pada deretan menu utama. Software ini cukup kompatibel digunakan pada OS lain seperti Linux dan juga Mac.

Demikianlah alternatif dari cara membuka file RAR di laptop selain dengan memakai fitur yang telah ada di perangkat. Software-software di atas diperlukan keberadaannya ketika perangkat kesulitan akses RAR dengan fitur aslinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *