Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi Dengan Kamuflase Ruang

Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi Dengan Kamuflase Ruang

Menata Rumah Kecil Biar Rapi

Menata Rumah Kecil Biar Rapi Sebuah kamuflase ruang dapat dilakukan dengan cara menata rumah kecil biar rapi sehingga kesan kecil tersebut dapat dikesankan menjadi luas. Kesan yang ditimbulkan ini dapat berasal dari keteraturan barang yang ditata atau pemilihan warna yang tepat sehingga nyaman dipandang mata.

Pada beberapa rumah modern minimalis cara ini sangat efektif mengingat bentuk rumah sekarang cenderung kecil disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Beberapa caranya bukan merupakan cara yang sulit, hanya membutuhkan sedikit trik dan ide kreatif seperti berikut ini:

Pakai Perabotan yang Multifungsi

Jika biasanya perabotan yang dibeli hanya memiliki satu fungsi saja, maka belilah perabotan yang memiliki lebih dari satu fungsi pemakaian. Contohnya, sofa yang di bawahnya terdapat laci untuk penyimpanan benda kecil atau ruang di bawah tangga dibuat sebagai lemari pakaian.

Pemilihan ini tentunya sudah harus dipikirkan ketika konsep desain rumah dibuat, agar tidak salah dalam melakukan budgeting untuk pembelian peralatan. Karena jika mau berhitung, pembelian perabotan multifungsi seperti ini terlihat mahal di awal namun sebenarnya justru lebih hemat ke belakangnya.

Minimalisir Partisi di dalam Rumah

Rumah yang memiliki banyak partisi atau sekat di dalam rumah mengesankan rumah semakin sempit, maka biarkan beberapa ruang terbuka lebar. Ruang yang dibiarkan terbuka tentunya ruangan yang tidak mengganggu privasi seperti ruang keluarga dan dapur sedangkan ruang tidur tetap disekat.

Namun, jika dirasa ruangan tertentu perlu diberi sekat maka pilihlah sekat berupa rak buku atau gorden yang dapat dibuka tutup. Dapat juga diberi karpet yang berbeda warna atau dengan lantai yang berbeda sehingga terlihat bersekat namun ruangan masih nampak lega.

Baca Juga:  Inilah Cara Membuka Akses Google Drive Dengan Mudah

Maksimalkan Penggunaan Penyimpanan Vertikal

Ruangan dengan banyak perabot biasanya terletak di dapur, maka solusinya dapat dibuat laci di atas yang bentuknya vertikal dengan sekat-sekat. Selain lebih rapi, perabot pun lebih awet karena tidak terkena debu yang berlebihan dan memudahkan pencarian perabot ketika akan digunakan.

Pilih Cat dengan Tone Warna Pastel

Selanjutnya cara menata rumah kecil biar rapi dengan pemilihan warna cat yang netral atau warna-warna pastel yang enak dipandang mata. Pemilihan tone warna seperti ini selain sejuk juga mengesankan rumah terlihat rapi karena terlihat bersih apalagi dikombinasikan dengan perabotan kayu.

Masukkan Barang Kecil ke Kotak Penyimpanan

Barang-barang kecil seperti mainan anak, bolpoint, kaos kaki atau pernak-pernik kecil jika pun ditata sedemikian rupa kadang masih terlihat berantakan. Solusinya meletakkan barang-barang tersebut pada kotak penyimpanan tertutup yang mudah diakses seperti laci yang dipisahkan berdasarkan kategori dan diberi label.

Buat Tempat Penyimpanan Pada Pintu

Belakang pintu sering terlewat tidak dimanfaatkan untuk menyimpan barang tertentu, padahal di belakang pintu dapat dibuat kantong-kantong kecil untuk digantung. Kantong-kantong ini dapat digunakan untuk peralatan kecil yang sering digunakan semacam alat kebersihan, tisu dan lain-lain agar tidak memenuhi meja.

Gunakan Klem Kabel dan Kabel Ties

Sudut ruangan yang terdapat kabel-kabel terulur panjang dan bertumpuk-tumpuk semakin terlihat kusut dan tidak rapi, maka dapat digunakan klem kabel. Klem kabel dapat digunakan untuk merapikan kabel yang dipaku di dinding dan kabel ties untuk mengumpulkan kabel yang saling bertumpuk.

Demikian cara menata rumah kecil biar rapi dengan memanfaatkan komponen pendukung seperti kotak penyimpanan, kabel klem, kabel ties dan kantung-kantung. Selain itu referensi pemilihan cat sangat berpengaruh dan perlu dipikirkan dari awal agar perabotan yang disusun dapat menyesuaikan dengan nuansanya.

Baca Juga:  Tips Memilih Warna Cat Dalam Rumah

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *