Cara Mengobati Telinga Kemasukan Semut Dengan Aman

Cara Mengobati Telinga Kemasukan Semut Dengan Aman

Mengobati Telinga Kemasukan Semut

Mengobati Telinga Kemasukan Semut – Beberapa orang mungkin pernah mengalami kasus telinga kemasukan semut. Biasanya serangga ini dapat masuk ke telinga seseorang tanpa disadari, terutama ketika sedang tidur. Hal ini tentu akan membuat pendengaran seseorang terganggu dan dapat menyebabkan infeksi pada saluran telinga. Lantas bagaimana cara mengobati telinga kemasukan semut dengan aman?

Gejala umum yang terjadi ketika telinga kemasukan semut adalah rasa gatal, sakit, dan tidak nyaman. Apalagi jika serangga kecil ini masih bisa bergerak dalam telinga, maka mungkin saja semut dapat menggigit telinga. Namun tidak perlu khawatir, karena berikut akan dijelaskan mengenai cara untuk mengobati telinga kemasukan semut dengan aman:

Miringkan Posisi Kepala

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memiringkan posisi kepala ke sisi telinga yang kemasukan semut. Bagian telinga yang merupakan jalan masuk semut, harus berada di bawah ketika memiringkan kepala. Cari posisi yang nyaman untuk mengeluarkan semut. Usahakan ambil posisi duduk atau tidur yang nyaman untuk memiringkan kepala.

Untuk mengeluarkan semut, kepalkan salah satu tangan, kemudian goyangkan dengan lembut. Namun usahakan jangan melakukan secara berlebihan, karena kemungkinan semut malah semakin masuk ke dalam telinga. Lakukan sewajarnya saja, tanpa memukul telinga terlalu keras agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Tuangkan Minyak Kayu Putih

Jika semut belum dapat keluar dari telinga, cobalah menuangkan dengan minyak kayu putih. Gunakan senter untuk menyinari telinga, selagi memasukkan obatnya menggunakan cotton bud. Oleskan secukupnya dan lakukan secara perlahan.

Langkah tersebut dapat membuat semut menempel pada ujung cotton bud, sehingga memudahkannya keluar dari telinga. Aroma minyak kayu putih yang menyengat dapat membuat semut keluar dengan sendirinya. Perlu diketahui, sebaiknya tuangkan minyak putih yang hangat, tidak perlu sampai telinga terasa panas.

Baca Juga:  Cara Mengobati Jerawat Hormon Yang Membandel

Gunakan Minyak Sayur

Minyak sayur juga memiliki manfaat untuk mengeluarkan semut dari saluran telinga. Menuangkan minyak sayur ke telinga, dapat membuat semua semakin lemas. Lama-kelamaan serangga kecil ini akan mati dengan sendirinya di dalam telinga karena tidak ada ruang udara baginya. Setelah itu, keluarkan semut menggunakan air hangat.

Gunakan Obat Tetes Telinga

Selain untuk mengobati luka dalam saluran pendengaran, obat tetes telinga juga dapat digunakan untuk mengeluarkan semut yang bersarang di telinga. Untuk menuangkannya, miringkan kepala, kemudian masukkan cairan ini ke dalam telinga yang terasa sakit dan perih. Tunggu beberapa waktu sampai cairan merasuk ke dalam telinga.

Perlu diketahui, telinga yang telah ditetesi obat biasanya akan terasa gatal. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya hindari penggunaan kapas atau alat korek kuping lainnya untuk mengorek telinga yang gatal. Karena hal itu justru dapat menimbulkan efek infeksi pada telinga. Supaya tetap aman, biarkan sampai mengering sendiri.

Konsultasi ke Dokter THT

Salah satu cara mengobati telinga kemasukan semut dengan aman adalah melakukan konsultasi ke dokter THT. Cara ini dapat dicoba apabila keempat cara di atas tidak berhasil teratasi. Jika tidak mampu mengeluarkan semut, jangan paksakan diri karena malah menimbulkan kondisi telinga yang semakin buruk.

Apabila tidak mengerti cara pengobatan sendiri dan tetap memaksakan, maka secara tidak langsung akan berakibat buruk pada telinga. Agar hal itu tidak terjadi, maka sebaiknya periksa dan tanyakan ke dokter THT secara detail.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengobati telinga kemasukan semut dengan aman. Semut yang masuk ke saluran pendengaran, dapat menimbulkan peradangan sehingga muncul nanah pada telinga. Oleh karena itu, jangan sepelekan bila telinga kemasukan semut. Jika tidak mampu mengatasinya sendiri, sebaiknya segera konsultasikan ke ahlinya untuk pengobatan yang tepat.

Baca Juga:  Cara Membuat 1000 Akun Gmail Dengan Praktis Dan Mudah

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *