Inilah 7 Perbedaan Granit Dan Marmer, Harus Di Pahami Sebelum Membeli

Inilah 7 Perbedaan Granit Dan Marmer, Harus Di Pahami Sebelum Membeli

Perbedaan Granit Dan Marmer

Perbedaan Granit Dan Marmer – Pemilik rumah harus tahu perbedaan granit dan marmer sebelum membeli. Banyak yang menggunakan granit dan marmer untuk lantai, kamar mandi, dan meja dapur rumah. Penggunaan kedua batu alam ini juga berbeda.

Bahan mana yang sesuai untuk digunakan sebagai lantai rumah. Dan bahan mana yang cocok digunakan untuk meja dapur dan lain-lain. Sangat menarik untuk tahu lebih detail lagi perbedaan keduanya. Simak perbedaan granit dan marmer berikut ini:

Dari Segi Karakteristik

Perbedaan yang pertama adalah dari segi karakteristik. Granit mempunyai daya tahan yang lebih bagus dari marmer. Selain itu juga memiliki kekuatan yang kokoh dan tidak rentan mengalami kerusakan dalam jangka waktu lama.

Granit dan marmer mempunyai pori-pori dengan ukuran yang cukup besar. Hal itu menyebabkan lantai cepat kotor daripada keramik. Selain bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Bisa juga membuat lantai terlihat mewah.

Dari Segi Tampilan

Dari tampilan sangat jelas sekali perbedaannya. lantai granit memiliki corak bintik-bintik akibat dari campuran berbagai jenis batuan dan terjadi secara alami. Sedangkan marmer memiliki corak garis urat halus.

Corak muncul karena pengendapan kotoran pada lantai. Kedua bahan bangunan ini mempunyai corak yang banyak dan bervariasi. Corak granit dan marmer juga tidak sama walau dilihat secara sekilas.

Dari Segi Penggunaan

Perlu memperhatikan perbedaan granit dan marmer dari segi penggunaan. Tidak sembarang dalam menggunakan granit dan marmer untuk bangunan rumah. Sebab keduanya berbeda dan jangan sampai tertukar.

Misalkan saja untuk lantai dapur dan restoran lebih cocok jika menggunakan granit. Sebaliknya, untuk lantai kamar mandi dan bak mandi bisa menggunakan marmer. Granit dan marmer memiliki daya tahan yang berbeda.

Baca Juga:  6 Cara Mengecat Tembok Lama Agar Terlihat Seperti Baru

Dari Segi Harga

Harga granit cenderung lebih mahal dari marmer. Namun, granit dan marmer sama-sama memiliki harga yang mahal. Untuk per meter persegi sekitar Rp500 ribu hingga Rp2.000.000 ke atas.

Tentunya, tergantung corak, warna, dan ukuran lantai yang akan dibeli. Selain itu biaya perawatan juga tidak kalah mahal. Perlu pertimbangan yang matang jika ingin menggunakan kedua lantai tersebut.

Dari Segi Penanganan

Penanganan granit dan marmer juga harus diperhatikan. Mengingat kedua batu alam ini terbentuk secara alami. Pihak pabrik menangani granit dan marmer dengan cara yang berbeda.

Untuk granit sendiri dipotong dengan ukuran yang lebih besar. Struktur kokoh yang dimiliki granit membuat daya tahannya lama. Sedangkan untuk marmer dipotong lebih kecil agar bagian tengahnya tidak rusak.

Dari Segi Dampak untuk Kesehatan

Penggunaan marmer jauh lebih aman daripada granit. Sebab bahan yang terkandung di dalam marmer tidak ada dampak buruknya bagi kesehatan. Sebaliknya, granit memiliki dampak yang tidak bagus bagi kesehatan.

Corak bintik pada granit mengandung bahan uranium. Bahan tersebut bisa menimbulkan radiasi dalam jangka waktu yang lama dan tentu kurang baik untuk kesehatan para penghuninya.

Dari Segi Perawatan

Untuk perawatan bisa dengan cara mengepel lantai setiap hari dengan pembersih lantai. Namun, sebaiknya hindari penggunaan pembersih yang mengandung asam karbonat dan cairan lainnya yang berbahan kimia keras.

Sealant bisa dipakai untuk merawat lantai granit dan marmer. Selain bisa untuk merawat juga bisa untuk membuat lantai berkilau dan bersih. Pori-pori yang besar membuat lantai cepat mudah kotor.

Itulah penjelasan 7 perbedaan granit dan marmer yang harus dipahami. Sebelum memasang bahan bangunan batu alam ini ke lantai dapur, kamar, mandi dan lainnya perlu tahu terlebih dahulu beda antara granit dan marmer.

Baca Juga:  Inilah Jenis Atap Rumah Multiroof Yang Direkomendasikan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *