memiliki banyak rekening

Perlukah Memiliki Banyak Rekening untuk Bisnis?

memiliki banyak rekening
Perlukah kita memiliki banyak rekening untuk bisnis?

Rekening merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis atau enterpreneur. Mengapa? Sebab rekening menjadi tempat pembayaran produk atau jasa ke Anda.

Bukannya lebih aman sistem COD saja? Iya itu memang benar, akan tetapi tidak semua bisnis mendukung pembayaran Cash On Delivery. Misalnya untuk bisnis jasa artikel, tidak mungkin menerapkan COD karena Artikelnya saja dikirim secara online via email.

Biasanya rekening dijadikan sistem pembayaran karena prosesnya mudah dan cepat. Pengiriman uang dari rekening satu ke rekening lainnya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Perlukah Memakai Banyak Rekening Untuk Bisnis?

Sekarang pertanyaan untuk Anda, berapa rekening yang Anda miliki untuk keperluan bisnis? Apakah hanya 1,2,3, atau justru memiliki rekening di semua bank baik BUMN maupun swasta?

Karena di dunia ini ada dua tipe pebisnis dengan rekeningnya. Tipe pertama hanya memiliki satu rekening atau sedikit rekening dan tipe kedua memiliki banyak rekening.

Bagi tipe pertama, mereka tidak ingin repot-repot membuat banyak rekening toh untuk transfer beda bank sekarang sudah bisa dilakukan. Sementara itu baik yang tipe kedua, mereka merasa sangat perlu memiliki banyak rekening sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada pembeli atau klien.

Jadi, perlunya memiliki banyak rekening untuk bisnis? Bagi saya itu sangat perlu. Paling tidak Anda gunakan tiga sampai empat rekening yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BCA.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki banyak rekening jika ingin  berbisnis.

Biaya Admin

Biaya admin memang hanya Rp6500 yang sebenarnya tidaklah terlalu besar. Akan tetapi bagi sebagian orang, tetap saja hitung-hitungan.

Misalnya si A ingin membeli barang kepada si B, si A memiliki rekening BCA sedangkan si B memiliki rekening BRI. Karena beda bank, si A memutuskan untuk membatalkan order karena beda rekening dan ia enggan membayar biaya admin Rp6500.

Baca Juga:  5 Cek Rekening Penipu Online Terlengkap Dan Termudah

Hal seperti itu sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu sangat penting untuk mempunyai rekening lebih dari satu, untuk meminimalisir kejadian seperti di atas.

Dianggap Lebih Profesional

Pebisnis yang punya banyak rekening dianggap lebih profesional karena siap dengan segala jenis pembayaran. Itulah mengapa mayoritas perusahaan pasti mendukung banyak sistem perusahaan.

Bahkan bukan hanya rekening saja, melainkan juga dompet digital, virtual account, hingga kartu kredit. Kita tidak tau calon pembeli menggunakan rekening apa, maka dari itu pilihan terbaik adalah menyediakan banyak sistem pembayaran.

Jadi kesimpulannya buatlah rekening lagi jika rekening Anda saat ini masih satu. Buat rekening itu mudah, bisa dilakukan secara online hanya dengan smartphone saja dan di kantor cabang bank tinggal diambil kartu ATM-nya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *