Pinjaman Rekening Koran Mandiri Untuk Bantuan Usaha

Pinjaman Rekening Koran Mandiri Untuk Bantuan Usaha – Sebagian besar masyarakat pernah mendengar tentang rekening koran. Mandiri termasuk bank yang menyediakan pinjaman dalam bentuk rekening koran. Pinjaman rekening koran Mandiri bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan, terutama keperluan usaha. Agar lebih memahami seputar pinjaman di rekening koran, simak ulasan berikut:

Apa Itu Pinjaman Rekening Koran?

Serupa dengan mutasi, rekening koran adalah catatan ringkasan transaksi keuangan yang terjadi pada suatu rekening, dapat berupa rekening individu maupun milik sebuah badan usaha. Data yang tercantum di rekening koran merupakan alur debit serta kredit secara terperinci, termasuk transfer masuk dan keluar.

Sebelum berkembangnya teknologi, nasabah hanya bisa memeriksa rincian datanya melalui rekening koran. Sekarang ini, nasabah juga bisa melakukan pinjaman melalui rekening koran untuk membantu pembukaan usaha.

Ini adalah pinjaman dengan plafon yang dicantumkan pada rekening koran milik peminjam, sesuai kesepakatan yang dibuat bank bersama peminjam dengan mengacu pada perjanjian kredit.

Ini merupakan jenis pinjaman yang biasanya dimanfaatkan untuk pembiayaan modal kerja bagi debitur sehari-hari. Pinjaman melalui rekening koran dibilang cukup menguntungkan. Debitur dibebaskan untuk melakukan penarikan dan peminjaman dengan cek, surat pemindahbukuan, ataupun bilyet giro selama masih dalam masa berlaku perjanjian kredit.

Baca Juga : Tata Cara Membuat Rekening BRI Tanpa KTP Dengan Tabungan Junio

Mandiri sebagai salah satu perbankan terbesar di tanah air juga menyediakan pinjaman rekening koran. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat dalam pinjaman rekening koran Mandiri:

  • Plafon kredit yang sesuai dengan kelayakan usaha serta kebutuhan nasabah. Bank Mandiri akan memberikan maksimal 70% dari kebutuhan, pembiayaan sendiri paling sedikit 30%.
  • Bisa melakukan pencairan kredit melalui cek atau bilyet giro.
  • Waktu yang diizinkan untuk kredit paling lama satu tahun, namun masih dapat diperpanjang tergantung kesepakatan.
  • Agunan (jaminan) dapat dalam bentuk benda bergerak maupun tidak bergerak (contoh: tanah, bangunan) berdasarkan penilaian kelayakan dari bank.
  • Jaminan utama berupa pembiayaan usaha, dan jaminan tambahan jika diperlukan menurut penilaian bank.
Baca Juga:  Mengajukan Kartu Kredit BRI Easy Card - Panduan Lengkap dan Praktis

Tips Melakukan Pinjaman Rekening Koran Mandiri

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian serta fungsi dari pinjaman ini. Sebelum mengajukannya, nasabah perlu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Bank Mandiri menetapkan beberapa syarat wajib, yaitu sebagai berikut:

  • Identitas diri seperti KTP, KK, atau SIM.
  • Dokumen identitas dari perusahaan yang sedang dirintis.
  • Laporan/data yang valid mengenai informasi keuangan yang membuktikan kesanggupan untuk membayar.
  • Slip gaji/mutasi keuangan.
  • Dokumen seputar kelengkapan atau informasi jaminan, misalnya surat kepemilikan barang tertentu.

Selanjutnya nasabah bisa segera mendatangi cabang dari bank Mandiri yang paling dekat dengan lokasinya. Cukup dengan membawa berbagai persyaratan yang diajukan di awal. Untuk mengetahuinya, disarankan menghubungi Mandiri terlebih dahulu agar bisa menyiapkan semuanya.

Baca Juga : Cara Transfer Uang Ke Rekening BCA Lewat Indomaret

Namun, hal terpenting adalah bagaimana agar pinjamannya disetujui. Untuk itu nasabah bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Membuat pihak bank yakin dengan bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan oleh bank. Jelaskan tujuan, jenis, prospek kedepannya, hingga kesungguhan untuk membuka usaha. Jika perlu, sediakan proposal berbentuk hard copy. Ini dapat meningkatkan nilai kesungguhan di mata bank.
  • Melengkapi persyaratan. Ikuti persyaratan sesuai ketentuan bank Mandiri, karena jika dokumennya tidak lengkap akan sulit bagi bank untuk mengizinkan pinjaman serta menyiapkan jaminannya.
  • Memiliki citra diri baik. Seringkali ketika merasa gugup, ucapan dan tindakan seseorang menjadi meragukan. Bersikaplah tenang dan bicaralah sesuai kenyataan yang ada namun tetap meyakinkan. Bank bukan hanya melihat dokumen, namun juga menilai kesesuaian debitur.

Demikian pembahasan mengenai pinjaman rekening koran Mandiri. Hal ini dapat menjadi alternatif peminjaman dana yang aman dan memiliki peraturan yang jelas. Dengan kesempatan ini, para pelaku usaha berpeluang untuk mengembangkan sayapnya. Pinjaman ini dapat menjadi modal untuk memajukan usaha para masyarakat.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Rekening Mandiri Dengan Mudah
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *