Reksa Dana Vs Emas

Reksa Dana Vs Emas – Seperti yang diketahui, instrumen investasi sangatlah beragam jenisnya. Dua diantaranya yakni reksa dana dan emas. Reksa dana VS emas, di antara keduanya, opsi mana yang bisa memberikan profit besar? Jika kebingungan mau pilih yang mana, ada baiknya untuk simak ulasan berikut. Berikutnya, pertimbangan pilihan yang tepat untuk dijadikan investasi. Mari disimak penjelasan berikut:

Ulasan Singkat Terkait Investasi Reksa Dana

Kemunculan reksa dana bukanlah hal baru, sebuah wadah yang digunakan investor untuk melakukan investasi dengan jenis instrumen yang beragam. Investasi yang dilakukan akan dikelola langsung oleh pihak professional yang dikenal sebagai Manajer Investasi.

Reksa dana memiliki beragam jenis, yakni jenis pasar uang, jenis saham, pendapatan umum serta campuran. Jenis instrumen ini memiliki prinsip semakin besar resikonya, maka semakin tinggi return yang akan didapat.

Mengenal Investasi Emas

Berikutnya, mari kenali juga investasi emas. Jenis lainnya dari instrumen investasi yang kehadirannya sudah cukup populer. Namun, masih banyak ditemukan kasus investasi emas yang kurang tepat. Misalnya, banyak orang yang memilih emas perhiasan untuk investasi. Padahal jenis emas tersebut kuranglah tepat.

Disarankan untuk memilih emas logam mulia dengan tingkat kemurniannya mencapai 99.99%. Lebih bagus lagi jika membelinya langsung di PT Antam atau Aneka Tambang. Pastikan memiliki sertifikat asli yang disuguhkan Antam.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Reksa Dana Sebelum Melakukan Investasi

Baca Juga : Cara Cek Keaslian Emas UBS Dan Membedakannya Dengan Antam

Perbedaan Investasi Reksa Dana VS Emas

Setelah mengenal keduanya, maka mari telisik perbedaan antara investasi reksa dana VS emas. Terdapat beberapa aspek yang bisa dibandingkan antara keduanya. Lebih lengkapnya, berikut ini aspek yang bisa dipertimbangkan antara reksa dana dan emas:

Return Investasi

Dari segi timbal balik atau return, reksa dana memiliki jaminan yang lebih tinggi. Adapun emas kadangkala sifatnya stagnan, kerap mengalami kemerosotan. Hal ini tentu bukan perbandingan tidak berdasar, tapi mengacu pada hasil analisa di pasar modal secara umum.

Baca Juga:  Biaya Bulanan Kartu Kredit Mandiri

Adapun dari segi modal, reksa dana dan emas sama-sama membutuhkan modal awal. Namun, perbedaannya, reksa dana bisa dilakukan dengan modal 100.000 rupiah. Untuk investasi emas, minimal 1 gram. Harga logam mulia PT Antam, sekitar 1.019.000 rupiah per-gramnya.

Jika melihat hal itu, emas tentu membutuhkan modal besar. Namun, ada juga metode yang banyak dilakukan orang yakni dengan cicilan investasi emas melalui pegadaian. Hanya saja terdapat biaya tambahan yang dibebankan pada sang investor.

Risiko

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari segi risiko yang bisa terjadi. Jika dibandingkan reksa dana VS emas, reksa dana minim resiko. Pasalnya, para investor tidak perlu takut kehilangan. Hal ini dikarenakan, investasi reksa dana disimpan dan dikelola bank khusus.

Lain halnya dengan emas yang cukup beresiko kehilangan, penipuan barang palsu dan semacamnya. Proses pindah tangan fisik barang memang cukup rawan terjadi hal-hal yang berisiko. Maka dari itu, investor bisa mempertimbangkannya sebaik mungkin.

Pengelolaan

Dari segi pengelolaan, reksa dana dan emas memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Reksa dana akan dipegang langsung oleh manajer yang profesional. Hal ini akan membuat investor lebih nyaman dan tenang.

Berbeda dengan emas yang biasanya disimpan di penyimpanan khusus. Pengelolaan dilakukan secara mandiri oleh sang investor. Proses penggunaannya pun akan tergantung masing-masing investor menjaganya.

Demikianlah perbandingan reksa dana VS emas yang bisa dipertimbangkan. Jadi, mana yang akan lebih menguntungkan? Investor pun bisa menentukan pilihan secara tepat. Berikutnya, jalani investasi dengan penuh ketelitian, sehingga return yang didapatkan pun sesuai harapan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *