Curug Daerah Puncak – Curug merupakan kata Bahasa Sunda, yang bermakna air terjun. Oleh sebab itu, istilah ini banyak digunakan di Bogor. Ada banyak curug daerah puncak Bogor yang menjadi destinasi menarik bagi wisatawan. Puncak Bogor memang dikenal akan nuansa alamnya yang sangat indah sekaligus meneduhkan.

Sebagai destinasi yang berlokasi di Jawa Barat, Bogor identik dengan area wisata berupa puncaknya. Selain unik, kota ini juga penuh dengan wisata kuliner yang lezat. Bagi yang ingin menikmati wisata alam berupa curug di puncak, mari simak beberapa rekomendasi berikut:

Curug Cilember

Pertama ada curug Cilember, yang cocok bagi para penyuka tantangan. Pasalnya, curug ini memiliki beberapa tingkat kesulitan. Zona yang dikatakan paling mudah dicapai adalah curug 7. Semakin kecil nomornya, akan semakin menantang juga medan yang harus dilalui untuk menyaksikan keindahannya.

Pengunjung dapat memulai dari curug ke 7, namun lama kelamaan akan semakin menantang. Contohnya di curug 4, jalan nya bertambah terjal serta berbatu. Sementara itu, curug yang paling sulit dijangkau memerlukan waktu 2 sampai 3 jam untuk bisa dicapai.

Agar bisa menikmati keindahannya, pengunjung akan dikenai biaya masuk (HTM) sebesar 6 ribu tiap orang. Sementara itu yang membawa kendaraan sendiri akan ada biaya tambahan 8 ribu (mobil) atau 4 ribu (sepeda motor). Lokasinya ada di desa Cilember, Cisarua, puncak Bogor.

Curug Rahong

Curug daerah puncak selanjutnya bernama Rahong. Meski namanya menyerupai yang ada di Garut, namun dari penampilannya sudah terlihat sangat berbeda. Banyak yang mengagumi curug ini, sebab aksesnya cenderung sulit dibandingkan yang lain. Jadi, pengunjung tempat ini tidak padat.

Baca Juga:  Cara Mengecek Nomor Rekening Jenius Tanpa Ribet

Wisatawan yang datang membawa sepeda motor disarankan memakai masker, sebab perjalanannya cukup berdebu. Beralamat di Rengasjajar, Cigudeg, pengunjung bisa memasuki curug dengan biaya 4 ribu per orangnya. Sementara itu biaya untuk parkir kendaraan pribadi mulai dari 5 sampai 10 ribu.

Curug Cikuluwung

Mencari air terjun dengan air yang jernih dan tidak terlalu ramai? Cikuluwung dapat menjadi rekomendasi yang tepat. Sebab, di sini pengunjung akan dimanjakan dengan air kolam berwarna biru kehijauan yang sangat cantik. Banyak orang memberikan nilai lima untuk lokasi wisata ini.

Pemandangannya sangat bagus, banyak bebatuan menjulang tinggi yang mengelilingi area ini. Pengunjungnya tidak padat, sebab aksesnya cukup menakutkan dengan tangga-tangga curam. Namun bila berhasil sampai, pemandangannya sangat luar biasa.

Curug yang beralamat di Tunas Mekar RT 02 RT 08 Desa CIbitung Wetan ini lokasinya berada di belakang lembah. Untuk memasukinya, harga tiket per orang adalah 10 ribu. Kemudian bagi yang ingin memarkirkan motornya, ada biaya tambahan sebesar 5 ribu.

Curug Pangeran

Tidak berlebihan bila curug daerah puncak ini disebut juga sebagai surga dunia. sebab, pemandangan alamnya sangat indah dengan kombinasi warna yang memukau mata. Hingga kini, curug Pangeran masih menjadi destinasi favorit para wisatawan. Alamatnya di desa gunung Picung, Kecamatan Pamijahan.

Curug ini memang banyak digunakan untuk aktivitas berenang. Wisatawan dapat berenang menggunakan ban agar bisa bersantai menikmati pemandangan. Fasilitasnya pun lengkap, seperti di waterpark. Ada kamar ganti, persewaan ban serta pelampung.

Harga tiket untuk memasuki curug Pangeran adalah 3 ribu/orang, untuk parkir motor sebesar 5 ribu. Tidak hanya berenang, wisatawan juga bisa berfoto di gardu pandang. Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan momen pemandangan alam yang diambil di atas bukit ini.

Curug Ngumpet

Curug daerah puncak ini memiliki nama yang cukup unik. Ngumpet sendiri artinya adalah bersembunyi. Pemberian nama ini sebab letaknya cukup tersembunyi, namun sebenarnya mudah untuk mencarinya. Lokasinya ada di gunung Picung, Pamijahan. Ini merupakan curug yang cocok untuk liburan keluarga.

Baca Juga:  Tidak Perlu Khawatir Begini Cara Mengirim Folder Lewat Email

Jika curug lainnya memiliki medan yang cukup menantang, tidak dengan tempat ini. Kolamnya tidak begitu dalam, aliran air terjun tidak begitu deras, dan airnya pun sangat jernih. Untuk mengunjunginya, perlu menyiapkan biaya 7 ribu/orang serta 5 ribu untuk memarkirkan motor.

Curug Bidadari

Pada rekomendasi berikutnya ada curug Bidadari yang sangat populer di kalangan wisatawan. Beralamat di jalan Sentul Paradise Park, tempat ini menghadirkan suasana kekinian yang disukai para muda-mudi, anak, serta orang tua.

Lokasinya terbilang aman untuk dikunjungi bersama keluarga. Banyak fasilitas yang membuat pengunjung betah, seperti kolam renang, kamar ganti, hingga makanan. HTM untuk hari biasa adalah 25 ribu, sedangkan akhir pekan 30 ribu per orangnya.

Demikian beberapa rekomendasi curug daerah puncak Bogor yang menyimpan indahnya kekayaan alam. Semua memiliki karakteristik unggulnya masing-masing. Tinggal menyesuaikan dengan tipe air terjun yang ingin dikunjungi, apakah yang untuk bersantai atau mencari tantangan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *