air terjun mangku sakti

Informasi Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Yang Penuh Sejarah

air terjun mangku sakti

Air Terjun Mangku Sakti – Pulau Lombok terkenal sebagai destinasi wisata yang memiliki banyak tujuan wisata alam. Mulai dari pantai, gunung, termasuk di antaranya adalah destinasi wisata air terjun. Salah satu yang bisa menjadi tujuan adalah air terjun Mangku Sakti sarat sejarah dan keindahan alam.

Wisata air terjun satu ini merupakan tujuan yang menantang bagi para wisatawan yang suka berwisata alam. Air biru yang jatuh dari tebing alami memberikan pemandangan yang sangat indah bagi para pengunjung. Apalagi, alam sekitar yang masih terjaga keindahannya.

Untuk para pengunjung yang berminat berpetualang di air terjun ini. Berikut adalah informasi lengkap mengenai tempat wisata satu ini:

Lokasi dari Air Terjun

Seperti yang disebutkan sebelumnya, air terjun ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di daerah yang bernama Sajang Sembalun. Untuk menuju tempat wisata ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan yang terbilang cukup jauh.

Karena jarak air terjun ini 175 KM jauhnya dari pusat Kota Mataram. Para wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 4 jam. Air terjun ini tidak jauh dengan Air Terjun Mayung Putek.

Jadi, jika para pengunjung memiliki waktu untuk berwisata lebih lama. Para pengunjung tidak hanya bisa mengunjungi Mangku Sakti namun sekaligus air terjun Mayung Putek juga.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun

Sebagai tempat wisata, Mangku Sakti tidak mematok biaya tiket masuk yang terlalu mahal. Para wisatawan hanya dikenakan biaya masuk Rp5.000 saja per orang untuk retribusi. Untuk para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, harus membayar biaya parkir juga.

Mungkin para pengunjung harus membayar Rp2.000 untuk yang membawa motor dan Rp5.000 untuk yang membawa kendaraan roda 4. Biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau dengan keindahan yang akan dilihat di air terjun ini.

Baca Juga:  Nikmati! Destinasi Alam Puncak Darajat Pass Garut

Jam Buka Air Terjun Mangku Sakti

Sebenarnya belum ada jam buka resmi dari pihak pengelola air terjun ini mengenai jam buka. Jadi, bisa dibilang air terjun ini buka 24 jam. Namun, lebih baik para pengunjung menghindari jam berkunjung di sore sampai malam hari.

Karena minimnya fasilitas penerangan yang ada di tempat wisata. Jadi, bisa berbahaya bagi para pengunjung untuk datang setelah hari gelap.

Daya Tarik Air Terjun yang Menjadi Perhatian

Tentunya, ada alasan mengapa banyak orang tertarik mengunjungi air terjun satu ini. Walaupun, harus menempuh jarak yang jauh dan perjalanan yang sulit. Karena air terjun ini memiliki berbagai daya tarik.

Karena itu, berikut adalah berbagai daya tarik yang dimiliki oleh air terjun ini. Para pengunjung harus mengetahuinya.

1. Warna Air yang Unik dan juga Indah

Air terjun biasanya memiliki warna jernih karena airnya berasal dari sumber yang alami. Namun, tidak dengan air terjun satu ini. Warna airnya indah dengan warna yang kebiru-biruan membuat banyak orang penasaran.

Hal ini karena air terjun ini bersumber dari pegunungan yang masih aktif. Jadi, saat mengalir air tersebut tercampur dengan bahan sulfur. Namun, kandungan ini juga yang harus membuat para pengunjung berhati-hati.

Karena, tidak semua kolam di air terjun bisa dimasuki dan digunakan untuk berenang atau berendam. Alasannya karena kandungan sulfur yang terlalu tinggi dan deburannya yang terlalu kuat.

Baca Juga : Ketahui Lokasi Air Terjun 7 Bidadari Serta Harga Tiket Masuknya

2. Keindahan yang Masih Alami

Berada di tempat yang terbilang sulit dijangkau, keindahan alam dari air terjun ini pun terjaga dengan baik. Hal ini yang membuat air terjun ini bisa menjadi pilihan tepat untuk bersantai.

Baca Juga:  Mengenal Fitur Dan Cara Menyalakan Motor PCX Dengan Mudah

Para pengunjung bisa menjernihkan pikiran dengan alam yang indah dan suara deburan air terjun. Tentu saja, ini akan membuat pikiran dan tubuh lebih tenang.

3. Kisah Menarik Dibaliknya

Terdapat kisah menarik dibalik air terjun ini, dikisahkan ada juru kunci bagi Kawasan kaki gunung rinjani bernama Titi Kastura. Ia memiliki kuda sembrani yang menemaninya untuk mangku atau mengawasi gunung tersebut.

Ketika meninggal, warga sekitar menemukan air terjun tersebut. Pada sisi kiri tebing, terdapat batu yang tersusun dan mirip dengan wajah yang dipercaya wajah dari sang Mangku.

Itulah informasi lengkap mengenai air terjun Mangku Sakti. Bagi yang tertarik untuk berlibur di air terjun ini. Informasi di atas bisa menjadi informasi awal yang berguna.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *