Manfaat Reksa Dana

Ketahui Manfaat Reksa Dana Sebelum Melakukan Investasi

Manfaat Reksa Dana

Manfaat Reksa Dana – Melakukan investasi memang merupakan hal yang bersifat positif dilakukan. Salah satunya dengan melakukan investasi reksa dana yang nantinya akan dikelola langsung oleh MI. Sangat banyak manfaat reksa dana yang dapat diperoleh investor utamanya memudahkan nasabah dalam berinvestasi. Olehnya itu, tidak heran apabila banyak yang lebih memilih investasi tersebut.

Apa Itu Reksa Dana?

Sebelum melakukan investasi jenis reksa dana, sebaiknya mengetahui apa pengertiannya. Adapun pengertian reksa dana adalah tempat menghimpun dana dari masyarakat yang akan dikelola oleh MI. Nantinya MI ini akan akan menginvestasikan langsung ke dalam sebuah surat yang dinamakan surat berharga. Selain itu, modal yang dibutuhkan pun cukup kecil. saja.

Memang proses investasi yang dilakukan ini hanya menyetor dana ke pihak MI dan bukan investor yang mengelola dana tersebut. Sedikit informasi, sebelum memilih reksa dana sebagai wadah investasi tentu harus mempunyai keberanian menghadapi risiko. Karena pada dasarnya, setiap investasi yang dilakukan tentu mempunyai risiko yang akan dihadapi.

Manfaat Reksa Dana

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika reksa dana memang mempunyai sangat banyak manfaat yang dapat dirasakan investor. Dimana manfaat dari reksa dana ini dapat dilihat dari kemudahan berinvestasi hanya dengan modal yang kecil. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, berikut penjelasan terkait manfaat reksa dana yang akan didapatkan oleh investor:

1. Modal Investasi yang Kecil

Terkadang banyak orang yang beranggapan jika ingin melakukan investasi harus mempunyai modal yang besar. Anggapan tersebut tentunya salah karena dengan investasi reksa dana, modal yang dibutuhkan hanya mulai Rp100.000 saja. Hal ini tentu memudahkan investor untuk menabung dan memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Baca Juga:  Reksa Dana Syariah Adalah Program Investasi Islami Yang Menguntungkan, Ini Penjelasanya!

2. Mudah Diakses

Jika seseorang ingin melakukan investasi ini tentunya sangat mudah, apalagi saat ini ada platform yang dapat digunakan. Caranya cukup mudah, dimana investor hanya perlu mendaftar, melampirkan KTP, dan melakukan pembuatan rekening efek. Tentunya kegiatan seperti itu sangat mudah dilakukan sehingga dijadikan sebagai manfaat dari reksa dana.

3. Dapat Melakukan Diversifikasi Aset

Manfaat lain yang dapat dirasakan langsung oleh para investor karena dapat melakukan diversifikasi aset dengan mudah. Dimana para investor secara tidak langsung telah melakukan investasi berupa saham maupun sejenisnya melalui portofolio. Dengan begitu, investor bisa mengelola sendiri risiko yang bisa saja terjadi saat melakukan investasi ini.

4. Biaya Investasi Reksa Dana Cukup Rendah

Saat melakukan investasi tentunya ada biaya yang harus dibayar oleh investor. Hal tersebut sama dengan investasi reksa dana yang mempunyai biaya investasi yang cukup rendah. Bagaimana tidak, biaya investasi yang dikenakan hanya 0,5 persen sampai 2 persen saja. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pengelola investasi, dalam hal ini MI.

5. Pergerakan Investasi Tidak Perlu Sering Dipantau

Mengenai pergerakan investasi, para investor tidak perlu sering memantau pergerakan tersebut. Hal ini dikarenakan adanya pihak pengelola dana yang akan melakukan kegiatan ini sehingga investor tidak perlu melakukannya. Dengan begitu, para investor bisa melakukan kegiatan lain namun tidak perlu khawatir terhadap pemantauan investasi.

Baca Juga : Cara Beli Logam Mulia di Antam Lewat Offline dan Online

Baca Juga : Mengenal Fixed Rate Obligasi

6. Mempunyai Likuiditas yang Tinggi

Reksa dana juga mempunyai manfaat pada bagian likuiditas yang sangat tinggi. Dimana MI diwajibkan membeli produk reksa dana yang telah dijual kembali investor. Selain itu, harga yang diberikan tentu harus sesuai dengan harga NAB. Tujuan mengapa pihak MI mewajibkan pembelian tersebut agar risiko yang bisa saja terjadi dapat diminimalisir.

Baca Juga:  Mengenal Reksadana Jangka Pendek Terbaik Yang minim Resiko

Demikian penjelasan terkait dengan manfaat reksa dana yang akan diperoleh investor saat melakukan investasi. Memang sangat banyak manfaat yang diberikan sehingga investor tidak perlu khawatir jika terjadi risiko yang akan dialami. Menariknya karena modal yang dibutuhkan untuk bisa melakukan investasi ini cukup kecil.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *