6 Tips Memilih Warna Cat Kusen Pintu Dan Jendela, Wajib Dicoba!

6 Tips Memilih Warna Cat Kusen Pintu Dan Jendela, Wajib Dicoba!

Warna Cat Kusen Pintu Dan Jendela

Warna Cat Kusen Pintu Dan Jendela – Banyak orang mengabaikan tips memilih warna cat kusen untuk eksterior rumah. Padahal tampilan eksterior rumah perlu diperhatikan sebab jika salah memilih warna akan membuat jelek tampilan rumah. Warna yang sesuai akan membuat rumah cantik dan indah dipandang mata.

Sebagian orang sembarangan memilih warna cat kusen tanpa memperhatikan keselarasan warna dengan dinding rumah. Pada umumnya banyak sekali yang menggunakan warna coklat kayu untuk kusen. Berikut ini tips memilih warna cat kusen pintu dan jendela:

Perhatikan Material Kusen

Memperhatikan material kusen perlu sekali dilakukan sebelum memilih warna cat kusen pintu dan jendela. Biasanya kusen terbuat dari kayu, aluminium, dan bahan lainnya. Jangan sampai salah memilih warna untuk kusen.

Jika kusen terbuat dari kayu maka juga harus menggunakan cat kayu. Dan jika menggunakan kusen aluminium juga harus menggunakan cat untuk bahan alumunium. Namun, perlu diperhatikan keterampilan memadupadankan.

Perhatikan Letak Jendela dan Pintu

Tips kedua ini jarang sekali dipakai sebab dianggap tidak terlalu penting. Letak pintu dan jendela juga berkaitan dengan pemilihan warna. Misalkan saja pintu dan jendela di luar rumah maka sebaiknya menggunakan cat warna eksterior tua.

Sebaliknya, jika letak pintu dan jendela di dalam maka sebaiknya menggunakan cat untuk interior muda. Warna cat kayu akan lebih cepat memudar jika dipakai pada tempat yang berbeda.

Perhatikan Gaya Hunian

Penting memperhatikan gaya hunian sebagai tips memilih warna cat kusen selanjutnya. Desain dan gaya hunian berpengaruh terhadap warna cat kusen rumah. Gaya hunian ada yang modern dan tradisional.

Sebagai contoh jika gaya hunian modern bisa menggunakan warna beige pada kusen. Dan jika desain dan gaya hunian mengusung tema modern bisa menggunakan warna yang tidak mencolok.

Baca Juga:  5 Cara Menghias Kamar Tidur Yang Sempit Dengan Barang Bekas Hasil Kreasi

Perhatikan Warna Furniture Rumah

Memilih warna cat kusen tidak hanya disesuaikan dengan warna dinding rumah, tapi disesuaikan juga dengan warna perabotan rumah. Adanya perpaduan warna yang seimbang akan membuat tampilan rumah bagus.

Jika warna coklat mendominasi perabotan rumah maka bisa mengaplikasikan cat warna coklat untuk kusen pintu dan jendela. Dan jika yang mendominasi selain coklat bisa disesuaikan untuk cat warna kusen.

Perhatikan Faktor Eksternal

Tips yang kelima yaitu penting mengecek terlebih dahulu faktor eksternal rumah. Kalau pintu dan jendela terkena panas matahari dan air hujan bisa menggunakan cat kayu yang bagus. Penggunaan cat yang sesuai akan membuat ketahanan cat awet dan tidak cepat luntur.

Kombinasi cat yang bagus dengan memperhatikan faktor luar akan berdampak pada kekuatan ketahanan cat yang digunakan. Banyak orang mengabaikan faktor eksternal ini padahal tidak sembarangan memadukan warna.

Perhatikan Pengaplikasiannya

Dan yang terakhir adalah memperhatikan saat aplikasi warna cat pada kusen. Jika bahan kusen dari kayu mempunyai permukaan rata bisa menggunakan kuas saja. Akan tetapi jika permukaan kusen tidak rata atau ada pola ukirannya bisa menggunakan yang berjenis cat semprot.

Dengan penggunaan cat semprot bisa membuat permukaan kusen dilapisi cat dengan merata dan menyeluruh. Sebaliknya, jika menggunakan cat kuas pada kusen yang permukaannya rata juga akan membuat kusen berlapis dengan merata dan bagus. Usahakan untuk maksimal memilih warnanya.

Demikian penjelasan 6 tips memilih warna cat kusen pintu dan jendela. Banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna cat kusen. Jika salah dalam pemilihan, akan berpengaruh pada tampilan rumah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *