Air Terjun Cibodas

Air Terjun Cibodas – Kalimat air terjun cibodas sebenarnya bukan hanya merujuk pada satu tempat saja. Karena sebenarnya kalimat tersebut adalah kumpulan untuk beberapa air terjun sekaligus. Di Cibodas sendiri ada sekitar tujuh atau delapan lokasi air terjun.

Sebab itu penyebutan kalimat tersebut adalah penyebutan beberapa beberapa tempat Curug di Cibodas. Namun bagi yang belum mengetahui air terjun apa saja yang ada di sana, maka kali ini akan diulas beberapa diantaranya. Jadi, mari simak ulasannya.

Air Terjun Cibeureum

Tempat wisata air terjun pertama di wilayah atau daerah tersebut adalah air terjun Cibeureum. Air terjun ini merupakan air terjun paling besar dan tinggi dibandingkan dengan air terjun lain. Ketinggiannya pun mencapai 50 meter meski debit air kecil.

Karena air terjun ini ada di taman nasional Cibodas dan terletak di lereng gunung gede Pangrango, maka alamatnya tertuju pada jalan kebun raya Cibodas. Masih berada di desa Cimacan dan termasuk kecamatan Cipanas, Cianjur, JABAR.

Air terjun Cibeureum ini berada di titik 2,7 km dari tiket masuk taman Nasional gunung gede Pangrango. Meski begitu, tempat ini masih termasuk air terjun di wilayah Cibodas. tiket masuknya juga lumayan murah, hanya sekitar 16 hingga 18 ribu per orangnya.

Air terjun Cikundul

Wisata air terjun pada.urutan kedua ini masih berada di dekat air terjun Cibeureum yakni air terjun Cikundul. Dengan kata lain, alamat menuju tempat ini masih sama seperti alamat yang telah disebutkan sebelumnya. Arah dan letaknya pun hanya berdampingan.

Baca Juga:  Kolam Renang Zam Zam Pool, Rekomendasi Wahana Air Terbaik

Air terjun ini memang berada di balik semak-semak, sehingga banyak yang belum mengetahui tempat wisata ini. Untuk harga tiketnya sepertinya masih sama dengan air terjun Cibeureum. Sebab beberapa situs tidak menyebutkan harga tiket untuk kawasan ini.

Air Terjun Cidendeng

Pada urutan selanjutnya mengenai air terjun cibodas ada air terjun bernama Cidendeng. Air terjun ini masih satu lokasi dan mungkin juga dengan harga tiket yang sama dengan air terjun Cibeureum. Cidendeng ini berada di tengah-tengah dua tempat Curug sebelumnya.

Pada tempat ini air terjun yang dimiliki memiliki ketinggian yang jauh lebih tinggi dan lebih ramping. Debit air di air terjun ini pun lebih sedikit, ketimbang di dua air terjun lainnya. Namun soal keindahan yang ditawarkan, maka pengunjung tidak perlu ragu.

Air Terjun Ciwalen

Pada urutan keempat mengenai air terjun cibodas ini masih berada di wilayah, seperti ketiga tempat sebelumnya. Untuk alamat dari taman nasional gunung gede sendiri sudah disebutkan pada pembahasan air terjun Cibeureum. Dari tiket masuk, jarak tempuhnya hanya sekitar 300 m.

Namun untuk menuju lokasi air terjun ini, pengunjung hanya bisa sampai ke tempat tersebut dengan menaiki canopy trail. Canopy trail sendiri merupakan jembatan gantung yang berada di atas ketinggian 45 meter dengan panjang sekitar 130m dengan air terjun di ujungnya.

Sayangnya tempat ini hanya dibuka pada dua hari di akhir pekan saja, dengan jam buka 9, 11, 13 dan jam 15 saja. Untuk tiket masuknya adalah 5.000, ditambah biaya canopy trail 25.000 dan dengan asuransi sebesar 1.000. Biaya tersebut per perorangan.

Air Terjun Ciismun

Jika keempat air terjun sebelumnya berada di taman nasional gunung gede, maka air terjun Ciismun berada di kebun raya Cibodas. Untuk alamatnya pun masih sama, hanya saja berada di desa yang berbeda, yakni jalan kebun raya Cibodas desa Sindangjaya.

Sindangjaya ini adalah desa dan masih berada di kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur, JABAR. HTM dari wisata ini pun cukup murah, sebab hanya akan dikenakan 10.000 per pengunjung. Jadi, tidak terlalu mahal untuk menikmati keindahan alamnya.

Baca Juga:  Jenis Pupuk Yang Digunakan Untuk Pohon Mangga Dan Tahapanya

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati kesejukan alam dengan dinginnya air terjun yang mengalir dari dua bukit besar. Ketinggian dari air terjun ini pun mencapai 25 meter. Di kanan kirinya juga terdapat banyak pepohonan dan bebatuan alami untuk berfoto.

Demikian adalah ulasan mengenai lima air terjun cibodas yang bisa coba untuk dikunjungi. Karena beberapa air terjun tersebut berada di satu wilayah, maka tak ada salahnya jika mengunjungi satu persatu. Karena setiap tempat menyajikan keindahannya sendiri.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *