Keindahan Air Terjun Irenggolo

Keindahan Air Terjun Irenggolo – Indonesia memiliki pilihan wisata alam yang menarik dan indah, air terjun Irenggolo adalah salah satu yang bisa menjadi pilihan. Air terjun yang berada di provinsi Jawa Timur ini menarik dengan pemandangan yang indah dan kisah misteri dibaliknya.

Walaupun banyak mitos seputar air terjun ini, namun tidak menghentikan minat orang untuk mengunjunginya. Terutama, bagi para wisatawan yang memang memiliki hobi mencari keindahan wisata alam.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi selengkapnya mengenai air terjun satu ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Wisata Air Terjun Irenggolo

Irenggolo merupakan air terjun cantik yang menjadi bagian dari Kota Kediri. Lokasi tepatnya ada di Jalan Besuki yang menjadi bagian Kelurahan Jugo, Kecamatan Mojo. Jika para pengunjung ingin datang ke tempat wisata ini ada beberapa rute yang bisa dilewati.

Namun, rute yang paling umum dan yang paling mudah adalah dari pusat kota kediri. Para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 30 KM dengan perjalanan kurang lebih setengah jam saja.

Para pengunjung bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Hal ini dikarenakan, di area air terjun sudah tersedia tempat parkir juga.

Sebagai tempat wisata, Irenggolo tidak memungut biaya tiket masuk alias benar-benar gratis. Namun, bagi para wisatawan yang membawa kendaraan perlu membayar biaya parkir. Untuk yang membawa sepeda motor biaya parkirnya Rp 2000 saja.

Sedangkan, untuk yang membawa mobil perlu membayar Rp5.000. Selain itu, para wisatawan tidak perlu membayar biaya yang lain lagi.

Baca Juga:  Informasi Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Yang Penuh Sejarah

Jam Buka Wisata Air Terjun Watu Ondo

Tidak ada batasan bagi para pengunjung yang ingin datang ke air terjun ini alias buka 24 jam. Namun, lebih baik para pengunjung bijak dalam memilih jam untuk datang. Pilihlah jam di mana hari masih terang dan bisa melihat pemandangan dengan jelas.

Seperti pada pagi hari atau sore hari saja. Tidak disarankan untuk berkunjung ketika hari sudah gelap.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkunjung Ke Air Terjun Watu Ondo

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Irenggolo adalah air terjun yang tidak hanya sekedar indah. Namun, menyimpan cerita dan mitos di lingkungan sekitar. Karena itu, para pengunjung harus memperhatikan berbagai hal ketika berkunjung, diantaranya:

Selalu Bersikap Sopan pada Alam Sekitar

Menurut cerita yang tersebar, air terjun ini adalah tempat pertapaan seorang panglima perang bernama Irenggolo. Tempat ini menyimpan daya magic yang besar dan kisah mitos yang dijaga oleh warga sekitar. Oleh karenanya, perlu menjaga perilaku dan selalu bersikap sopan di tempat wisata.

Menjaga Kebersihan Tempat Wisata

Bukan hanya perkara mitos yang ada di tempat wisata, sudah menjadi kewajiban bagi para wisatawan untuk menjaga kebersihan tempat wisata yang dikunjunginya. Termasuk juga di air terjun Irenggolo.

Selalu jaga kebersihan diri dan tempat wisata, jangan lupa untuk membuang sampah atau membawa sampah kembali. Jangan meninggalkan sampah secara sembarangan.

Gunakan Alas Kaki yang Kuat dan Tidak Licin

Para wisatawan akan menghadapi jalanan yang licin dan juga lembab di sekitar air terjun. Karena itu, demi keamanan lebih baik untuk menggunakan alat kaki yang kuat. Khususnya, pada bagian alas kaki harus tidak licin dan punya grip yang kuat.

Baca Juga:  Puncak Pinus Becici Keindahan Gunung Di Tanah Jogja

Karena para pengunjung tidak akan bisa langsung menuju air terjun dengan kendaraan. Para pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter terlebih dahulu. Jalannya berbatu dan cukup licin untuk dilewati.

Menjaga Kesehatan Sebelum Berwisata

Wisata alam adalah jenis liburan yang paling menguras stamina. Karena itu, para wisatawan harus memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar sebelum berangkat berwisata. Selain itu, tidak baik mengunjungi tempat seperti Irenggolo dalam keadaan sakit.

Karena pikiran bisa kosong dan juga tidak fokus. Sehingga rawan mengundang kejadian yang tidak diinginkan. Pastikan juga, para pengunjung sudah makan dengan kenyang sebelum berwisata di air terjun ini.

Itulah informasi lengkap mengenai air terjun Irenggolo. Air terjun yang menyimpan banyak keindahan dan kisah dibaliknya. Walaupun begitu, tetap menarik banyak orang untuk berkunjung dan mengaguminya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *