Begini Cara Analisis Fundamental Saham untuk Pemula

Begini Cara Analisis Fundamental Saham untuk Pemula

Cara Analisis Fundamental Saham

Cara Analisis Fundamental Saham – Bagi seorang investor saham tentunya memahami bagaimana cara analisis fundamental saham menjadi hal yang penting. Melalui adanya analisis fundamental inilah nantinya investor dapat mengambil keputusan yang tepat dalam membeli ataupun menjual saham.

Tentunya analisis satu ini pun sama pentingnya dengan analisis teknikal. Bahkan hanya menggunakan analisis teknikal tanpa analisis fundamental bisa menjadi hal fatal bagi seorang investor. Nah, lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam analisis fundamental? Simak ulasannya berikut:

Memperhatikan Sektor Industri

Memperhatikan sektor industri pada suatu perusahaan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh seorang investor. Sektor industri ini menjadi penting karena nantinya keadaan yang tengah terjadi dalam perusahaan akan sangat berpengaruh pada harga saham. Hal ini bisa dilihat pada contoh harga minyak dunia yang tengah naik. Hal ini tentunya secara langsung juga akan berpengaruh pada harga saham di perusahaan tersebut. Nantinya hal ini juga akan memiliki pengaruh yang sama bila harga minyak turun dimana harga saham juga turun. Inilah kemudian yang membuat seorang investor sangat perlu memperhatikan keadaan fundamental dalam perusahaan.

Keadaan Manajemen Perusahaan

Cara analisis fundamental saham berikutnya adalah dengan melihat keadaan manajemen dari perusahaan itu sendiri. Tentunya bukan rahasia umum bahwa kinerja perusahaan yang baik akan sangat berpengaruh pada keadaan perusahaan untuk dapat berkembang.

Melalui manajemen perusahaan yang baik maka, kinerja yang dapat diciptakan dalam perusahaan pun juga akan baik. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada keadaan perusahaan pada masa depan. Tentunya hal ini nantinya juga akan sangat mempengaruhi harga saham.

Melihat Prospek Bisnis dari Perusahaan

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk melakukan analisis fundamental dengan tepat adalah memperhatikan prospek bisnis yang ada pada perusahaan. Investor dapat membeli perusahaan yang memiliki prospek bisnis baik pada masa sekarang bahkan masa depan. Melalui adanya potensi bisnis yang bagus ini nantinya nilai saham juga dapat diperkirakan untuk terus naik.

Baca Juga:  Inilah Cara Membuka File RAR Di Android,Sangat Mudah!

Misalkan saja selama masa pandemi yang berlangsung ini maka, dapat dilihat bahwa perusahaan dengan prospek bisnis paling bagus adalah pada bidang e-commerce. Hal ini tentunya dipengaruhi dengan berbagai pilihan online yang harus dilakukan oleh masyarakat. Prospek bisnis dari e-commerce ini tentunya juga akan berlanjut karena perkembangan teknologi yang terus berlanjut.

Melihat Persaingan Perusahaan

Melihat persaingan persaingan pada perusahaan yang memiliki bidang bisnis sejenis juga penting untuk diperhatikan. Melalui adanya pemahaman terkait persaingan yang dapat dilakukan suatu perusahaan pada bisnis sejenis dengan perusahaan lain tentu perlu dilakukan oleh investor.

Nantinya investor dapat mengetahui bagaimana prospek yang mungkin bisa terjadi pada perusahaan melalui persaingan ini. Apabila perusahaan mampu bertahan bahwa memunculkan inovasi baru untuk terus bersaing dengan industri pesaingnya tentunya prospek pun juga akan bagus kedepannya.

Baca Juga : Singkatan Dalam Saham Yang Wajib Dipahami Trader

Perhatikan Laporan Perusahaan

Hal penting lain yang perlu dilakukan adalah mempelajari laporan keuangan dari perusahaan terkait. Perhatikan bagaimana pelaporan keuangan perusahaan mulai dari laba bersih, rasio utang bahkan hingga pembagian dividen yang dilakukan.

Tentunya perusahaan dengan kinerja yang baik akan memiliki laporan keuangan yang sehat. Perusahaan seperti inilah nantinya yang bisa menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai investasi bagi investor.

Itulah tadi 5 cara analisis fundamental saham yang dapat dilakukan oleh pemula supaya bisa menentukan sikap yang harus diambil dalam investasi. Tentunya lima faktor tersebut masih menjadi bagian kecil dari berbagai faktor fundamental yang dapat mempengaruhi nilai saham.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *