cara memperbaiki fuel pump mobil

Fuel pump mobil lebih sering dikenal sebagai pompa mobil. Tugas dari fuel pump mobil adalah menyalurkan bensin dari tangki bensin ke mesin kendaraan mobil. Pengguna harus tahu cara memperbaiki fuel pump mobil apabila jika ada kerusakan. Kerusakan pada pompa mobil membuat tidak bisa dinyalakan atau distater.

Tips Cara Memperbaiki Pompa Mobil

Terdapat beberapa cara memperbaiki fuel pump mobil yang dapat dilakukan. Biasanya memperbaiki dengan mengecek setiap bagiannya jika ada kerusakan di salah satu bagian maka dapat langsung diatasi. Yuk ketahui apa saja cara memperbaiki pompa mobil yaitu :

1. Mengecek Saklar Elektronik

Di fuel pump mobil saklar dikenal dengan nama ruel fuel pump. Dimana berguna menyalurkan listrik ke pompa mobil agar bekerja. Salah satu cara memperbaiki fuel pump mobil adalah dengan mengecek saklar elektronik. Pengecekan saklar elektronik bisa dengan cara melepaskan relay dari soket.

Selanjutnya lakukan pengecekan ketahanan tiga dan lima yang mana patokannya berada pada sepuluh kilo ohm maupun lebih. Ulangi pengecekan ketahanan tiga dan lima dengan penambahan daya pada satu dan dua dimana hasilnya harus dibawah satu ohm.

2. Mengecek Komponen Wiring Harness Fuel Pump

Komplemen wiring harness fuel pump merupakan rangkaian listrik yang diikuti wiring diagram tertentu. Korsleting listrik dapat terjadi jika ada masalah pada bagian wiring harness fuel pump. Oleh karena itu cara memperbaiki fuel pump mobil dapat dengan cara mengecek wiring harness fuel pump.

Baca Juga:  5 Cara Menghilangkan Goresan Di Motor Dengan Kilat

Harus ada beberapa pengecekan yang dilakukan untuk mengetahui bagian Wiring harness fuel pump baik-baik saja. Seperti mengecek terminal FC1 dengan relay f/p, memastikan hubungan FC1 dengan masa bodi, mengecek antara terminal relay f/p dengan pompa bahan bakar, pengecekan antara terminal tiga pompa bakar terhadap masa bodi.

Terakhir, mengecek hubungan antara terminal nomer empat pompa bakar dengan masa bodi. Dimana hasil pengecekan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan jika tidak berarti ada permasalahan pada bagian wiring harness full pump.

3. Memeriksa Ketahanan Pompa Motor

Ketahanan pompa motor harus diperiksa jika ingin tahu apa ada masalah pada bagian ini. Mengingat bagian ini berpengaruh pada kinerja pompa mobil sehingga harus dipastikan jika kinerjanya baik. Tujuan lain pengecekan ketahanan pompa agar dapat mengetahui sejak dini jika ketahanan lebih besar.

Dampak dari ketahanan pompa yang lebih besar akan menjadikan pompa berputar sangat lambat. Kelambatan perputaran pompa akan berpengaruh pada keterlambatan suplai bahan bahan bahkan tekanan terhadap bersin perlahan-lahan akan berkurang. Pemeriksaan bagian ini hanya mengukur ketahanan terminal tiga dan empat dimana hasilnya harus sesuai standar.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Accu Basah Yang Mati Terbukti Berhasil!

Ciri-Ciri Adanya Kerusakan Pada Fuel Pump

Adanya kerusakan pada fuel pump tidak langsung terjadi tapi terlihat dulu tanda-tanda kerusakannya. Mari simak apa saja ciri-ciri yang menandakan jika fuel pump sudah rusak yaitu :

  • Bahan bakar mobil tidak dapat dipompa naik ke jalur bahan bakar (jalur fuel line). Tentunya dampak bahan bakar tidak pada tempatnya menjadikan mobil sulit dihidupkan bahkan saat hidup sedikit brebet.
  • Menumpuknya kotoran yang menyebabkan sekring pompa bensin gosong.
  • Check engine lamp berkedip yang menandakan adanya kerusakan pada fuel pump karena jika bagian ini rusak maka lampu indikator injeksi akan terus berkedip.
Baca Juga:  Ketahui 3 Cara Memperbaiki Shock Depan Mobil Carry

Itulah cara memperbaiki fuel pump mobil yang dapat dipraktekkan jika membutuhkan. Lebih baik perbaiki di bengkel jika tidak bisa memperbaiki sendiri. Rawatlah komponen fuel pump mobil supaya dapat awet untuk jangka waktu yang lama. Lakukan pengecekan rutin terhadap semua kompensasi mobil termasuk komponen fuel pump mobil.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *