Cara Mengembalikan Foto Di Hp

Cara Mengembalikan Foto Di Hp – Untuk memperbaiki HP yang terkena boot loop ataupun stuck logo, reset HP sangatlah diperlukan. Namun, meskipun data/foto akan hilang, jangan khawatir. Sebab, terdapat cara mengembalikan foto di HP yang sudah di reset melalui bantuan aplikasi.

Karena kejadian-kejadian di atas tidak dapat diprediksi kapan munculnya, penting untuk mengetahui bagaimana caranya memulihkan data setelah mengalami proses reset. Sebab, sejatinya file di HP tidak terhapus sepenuhnya saat reset dan masih dapat dipulihkan kembali.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Jika foto-foto di memori internal atau eksternal hilang setelah reset HP, gunakanlah DiskDigger Photo Recovery. Aplikasi ini dapat me-restore file yang sebelumnya sudah terhapus dan menyimpannya kembali di Google Drive, Dropbox, email, ataupun memori penyimpanan.

Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat Android wajib di-root. Jika tidak, sekalipun pemilik HP sudah memberi ‘Access All Files’, DiskDigger hanya akan memberi scan foto yang terbatas. Lantas bagaimana cara penggunaannya? Yuk simak pembahasan berikut!

  • Unduh dan install dahulu ‘DiskDigger Photo Recovery’. Aplikasi ini bisa diunduh lewat Google Play Store, ukurannya hanya 6 MB dan dapat digunakan di Android 4.4 ke atas. Pilihlah aplikasi yang dirilis oleh Defiant Technologies, LLC.
  • Bukalah aplikasinya dan klik menu ‘Start’. Setelah ini, kliklah opsi ‘Allow’ agar aplikasi DiskDigger dapat menjelajahi seluruh memori penyimpanan yang ada di HP pasca proses root.
  • Tentukanlah dahulu file apa yang ingin dipulihkan. Hal ini dilakukan untuk mem-filter hasil pencarian. Dengan filter, pengguna akan lebih mudah untuk menentukan file apa yang ingin dikembalikan, bisa file jpg, png, ataupun video MP4.
  • Pilihlah foto yang ingin dikembalikan. Apabila sudah memilih semua foto yang ingin dikembalikan, kliklah tombol ‘Save’ yang tertera di layar. Jangan lupa untuk mengatur di mana file hasil restore
Baca Juga:  Cara Melihat Tanggal Pembelian IPhone Menggunakan IMEI

Menggunakan Program Recoverit

Data yang ada di kartu SD juga menghilang setelah reset HP? Jangan khawatir, karena cara mengembalikan foto di HP yang sudah di reset lainnya masih tersedia. Untuk mengembalikan foto, manfaatkanlah sebuah program komputer bernama Recoverit.

Program ini berguna untuk mengembalikan berbagai macam file yang hilang di berbagai media penyimpanan, termasuk SD Card. Ada 1000+ format dan tipe file yang bisa dipulihkan, salah satunya adalah file foto. Berikut cara pemakaian programnya:

  • Cabutlah SD Card dari HP. Lalu, pasang SD Card pada card reader. Kemudian, masukkanlah card reader pada port yang tersedia laptop/PC. Tunggulah sampai kartu terdeteksi sistem. Jika SD Card sudah terbaca, beralihlah ke langkah selanjutnya.
  • Bukalah program ‘Recoverit’. Nantinya, SD Card akan tertera bersamaan dengan local disk lain yang ada di laptop/PC. Pilihlah SD Card-nya, kemudian kliklah tombol ‘Start’ untuk memulai proses scan.
  • Tunggulah sampai proses scanning Data-data yang terhapus dari SD Card selama proses reset HP akan muncul. Setelah ini pilihlah file foto apa saja yang ingin dipulihkan kembali seperti semula.
  • Klik tombol ‘Recover’ untuk memulihkan semuanya. Lalu, akan muncul pop up yang menanyakan di mana file akan disimpan. Pilihlah lokasi untuk menyimpan file yang telah dipulihkan. Jika sudah, klik tombol ‘OK’.
  • Proses pengembalian foto selesai. Jika sudah selesai dan semua foto kembali, pengguna bisa memindahkan kembali foto-foto ke tempat yang diinginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara mengembalikan foto di HP yang sudah di reset melalui menggunakan bantuan aplikasi. Kedua cara di atas dapat menjadi pertimbangan jika foto-foto ataupun data yang hilang merupakan foto yang sangat berharga.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *