Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang – Inilah Jawabanya!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang – Inilah Jawabanya!

Ibu Hamil Minum Susu Beruang

Ibu Hamil Minum Susu Beruang – Masa kehamilan adalah masa yang rentan bagi ibu hamil dan janin. Apabila salah mengkonsumsi makanan maupun, dapat berakibat fatal bagi keduanya. Lantas, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Adakah efek samping terhadap ibu hamil maupun janin ketika meminum susu tersebut?

Lalu, sebetulnya kandungan apa sajakah yang tersimpan di dalam susu beruang? Supaya mengetahui jawaban pastinya, simak penjelasan berikut ini:

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Produk susu bear brand atau yang lebih akrab disebut sebagai susu beruang, dikenal memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Namun, apakah kandungan tersebut juga baik dan aman apabila ibu hamil mengkonsumsinya? Bolehkah ibu hamil minum susu beruang dalam jumlah tertentu?

Jawabannya yaitu boleh, asalkan tidak memiliki alergi susu. Seorang ibu hamil dapat meminum susu beruang, sebab pada dasarnya semua makanan dan minuman sehat baik untuk dikonsumsi. Dengan catatan, konsumsi makanan dan minuman tersebut dalam jumlah yang wajar dan benar caranya.

Saat hendak mengkonsumsi susu beruang, pastikan tanggal kadaluarsanya masih lama dan kemasan kaleng tidak mengalami kerusakan. Selain itu, bersihkan kaleng atau kemasannya terlebih dahulu sebelum meminum susu tersebut. Hal yang penting pula, segera habiskan susu beruang setelah kemasan dibuka.

Susu beruang memiliki kandungan yang baik, seperti antioksidan, vitamin A, vitamin E, vitamin C. Namun, bukan berarti susu beruang dijadikan satu-satunya sumber nutrisi. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan lainnya. Beberapa makanan dan minuman untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu:

  • Sayur matang serta buah-buahan yang segar untuk pemenuhan kebutuhan serat, vitamin, serta asam folat.
  • Daging, telur, tahu, ikan, yoghurt untuk pemenuhan kebutuhan protein.
  • Nasi, kentang, dan roti untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.
  • Alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai pemenuhan kebutuhan lemak.
Baca Juga:  Cara Membuat 1000 Akun Gmail Dengan Praktis Dan Mudah

Manfaat Mengkonsumsi Susu Beruang

Keresahan mengenai bolehkah ibu hamil minum susu beruang telah terjawab. Namun, tentu perlu mengetahui pula manfaat dari meminum susu beruang supaya lebih yakin dan konsumsinya terkontrol.

Konsumsi susu beruang dalam takaran yang pas memiliki efek baik terhadap ibu hamil sekaligus janin di dalam rahim. Manfaat yang akan dirasakan ibu hamil dan janin dengan meminum susu beruang dapat disimak pada ulasan berikut:

Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Minum susu beruang, dapat memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Terlebih, kebutuhan zat kalsium ini meningkat di masa kehamilan, yakni menjadi sebesar 1.000 mg per hari. Peningkatan kebutuhan tersebut karena kalsium dibutuhkan dalam pembentukan tulang, hingga optimalisasi fungsi enzim dan hormon.

Pada usia kehamilan 3 bulan menjelang persalinan, bayi memerlukan banyak kalsium untuk membentuk dan mengembangkan tulangnya. Maka dari itu, penting memastikan pemenuhan kebutuhan kalsium karena bayi akan mengambil nutrisi tersebut dari tubuh ibu.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka – Ini Penjelasannya

Melengkapi Kebutuhan Protein

Selain berperan dalam pemenuhan kebutuhan kalsium, minum susu beruang juga bermanfaat dalam melengkapi kebutuhan protein. Protein di dalam tubuh berperan untuk menghasilkan jumlah sel darah merah secara tepat serta mendukung tubuh memproduksi zat besi. Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagi janin, protein dibutuhkan dalam pembangunan sel baru yang sehat. Kebutuhan protein ini meningkat di masa-masa akhir kehamilan. Apabila asupan protein tidak tercukupi dengan baik, hal yang terjadi adalah pertumbuhan janin tidak optimal. Akibatnya, berat badan bayi rendah saat lahir.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Peran vitamin D di dalam tubuh berkaitan erat dengan peran zat kalsium. Keduanya bersama-sama menjaga kekuatan tulang selama masa kehamilan. Tak sebatas itu, vitamin D juga berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti menangkal infeksi supaya janin tetap aman dan sehat.

Baca Juga:  Kuota Tinder XL - Solusi Koneksi untuk Pengguna Aplikasi Kencang

Vitamin D tidak hanya bisa didapatkan dari meminum susu beruang. Asupan vitamin D, juga bisa diperoleh dari konsumsi ikan sarden serta kuning telur. Selain itu, berjemur pada pagi hari pun bisa mengoptimalkan fungsi vitamin D di dalam tubuh.

Demikian ulasan rinci tentang bolehkah ibu hamil minum susu beruang beserta penjelasan manfaatnya yang perlu diketahui ibu hamil dan pasangan. Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu beruang secara rutin dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi penting lainnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *