Mengobati Telinga Yang Sakit

Mengobati Telinga Yang Sakit – Beberapa orang mungkin pernah mengalami sakit pada telinga dan tentu saja terganggu karenanya. Telinga adalah bagian yang sangat penting dari tubuh, selain berfungsi untuk mendengar, telinga juga merupakan organ yang menjaga keseimbangan tubuh. Jika telinga terasa sakit sebaiknya segera ditangani, berikut beberapa cara mengobati telinga yang sakit yang dapat dilakukan di rumah:

Pijat Rahang atau Leher

Jika rasa sakit terasa di bagian belakang telinga, cobalah untuk memijat area sekitar rahang atau leher. Sakit pada bagian belakang telinga biasanya merupakan akibat dari tegangnya otot-otot yang disebabkan oleh sakit kepala.

Pijatlah mulai dari belakang telinga, kemudian rahang, berlanjut sampai leher bagian bawah. Perlu diingat untuk selalu melakukan gerakan pemijatan secara halus, lakukan gerakan memijat menggunakan jari dengan arah menurun dari atas ke bawah.

Kompres Telinga dengan Air Hangat atau Dingin

Mengompres dengan suhu hangat bisa menjadi salah satu cara mengobati telinga yang sakit, untuk melakukannya, celupkan handuk kecil ke air panas, kemudian letakkan di telinga selama 10 hingga 20 menit. Suhu hangat akan melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot menjadi rileks. Selain itu, suhu hangat juga bisa membantu mengurangi inflamasi.

Selain kompres hangat, kompres dingin juga bisa diterapkan, kompres dingin terbukti bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan. Caranya adalah dengan membungkus es batu menggunakan handuk, kemudian letakkan di telinga yang sakit. Jika tidak ingin basah karena es batu yang mencair, bisa juga menggunakan gel kompres dingin yang tersedia di pasaran.

Baca Juga:  Jadi Pertanyaan Lumrah, Apakah Bunga Deposito Bisa Diambil Tiap Bulan Oleh Nasabah

Gunakan Minyak Zaitun

Meski belum ada bukti ilmiah tentang khasiat minyak zaitun sebagai obat sakit telinga, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Cara menggunakannya yaitu pertama-tama hangatkan minyak zaitun.

Kemudian teteskan pada telinga sambil berbaring menyamping, mintalah bantuan orang lain apabila kesulitan. Minyak zaitun akan memberikan efek anti-inflamasi dan meredakan sakit telinga.

Kompres dengan Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa antibakteri atau senyawa yang dapat menghambat perkembangbiakan bakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada telinga. Kumpulkan beberapa siung bawang putih kemudian bungkus dengan kain bersih. Tempelkan bungkusan kain berisi bawang putih tadi ke telinga, lakukan selama 5-10 menit untuk tiap telinga yang sakit.

Perbaiki Posisi Tidur

Tidur adalah aktivitas istirahat yang sangat penting, namun jika tidak dilakukan dalam posisi yang benar, tidur malam bisa menyebabkan sakit telinga makin menjadi. Aturlah posisi tidur sehingga telinga yang sakit berada di posisi lebih tinggi dari badan, misalnya jika telinga kanan sakit, tidurlah dengan posisi miring ke kiri.

Penggunaan bantal yang terlalu keras juga dapat menyebabkan sakit telinga makin parah karena tertekan. Untuk mengatasinya cobalah menggunakan dua bantal sebagai alas kepala saat tidur.

Bersihkan Telinga

Sakit pada telinga bisa menjadi semakin parah apabila kebersihannya tidak dijaga, kotoran yang menumpuk bisa memicu terjadinya infeksi lanjutan. Oleh karena itu bersihkanlah telinga secara teratur dengan mengusap bagian luarnya menggunakan kain kasa bersih yang dibasahi air hangat. Penggunaan cotton bud tidak disarankan karena dapat mendorong kotoran telinga semakin ke dalam dan memperparah sakit telinga.

Selain pengobatan dari dokter, itulah beberapa cara mengobati telinga yang sakit yang dapat menjadi alternatif saat berada di rumah. Meski demikian, selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dan timbul efek yang tidak diinginkan. Jika sakit telinga berlanjut hingga lebih dari dua hari, lakukanlah pengobatan medis.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *