Inspirasi Resep Makanan untuk Anak Kurang Gizi

Makanan untuk Anak Kurang Gizi – Meskipun Anda sudah berusaha untuk memberikan makanan yang sehat dan bergizi namun tetap tidak menutup kemungkinan si kecil mengalami gejala kurang gizi. Gejala kurang gizi atau desifiensi gizi merupakan suatu keadaan dimana tubuh tidak dapat menyerap beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui makanan untuk anak kurang gizi yang tepat. Sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi sang buah hati dapat tecukupi dengan sempurna.

makanan untuk anak kurang gizi
sumber: pixabay.com

Penyebab Anak Kekurang Gizi

Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat anak mengalami kondisi dimana kurangnya nutrisi dan zat gizi pada tubuh anak.  Diantaranya adalah karena pertumbuhan anak yang sedang pesat, sehingga zat gizi yang dibutuhkannya pun semakin meningkat. Aktifitas anak yang meningkat membuat kebutuhan gizi anak pun semakin meningkat pula.

Atau bisa juga dikarenakan perubahan makanan balita dari tekstur cair ke padat yang membuat balita kesulitan untuk mengkombinasikan makanan yang diterimanya. Sehingga nutrisi yang diserap dalam tubuh anak menjadi kurang sempurna.

Memiliki anak yang teridentifikasi mengalami gejala kurang gizi tentu membuat hati para orang tua menjadi sedih. Namun Anda dapat mengatasinya dengan cerdas antara lain adalah dengan memberikan makanan yang tepat untuk buah hati.

Penanganan untuk balita kurang gizi harus dilakukan segera dan sedari dini. Salah satunya adalah dengan mengetahui jenis makanan yang dianjurkan untuk anak gizi kurang. Beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk anak gizi kurang diantaranya:

Olahan ikan

Ikan dikenal sebagai makanan yang kaya akan omega 3. Makanan yang satu ini juga tinggi protein yang sangat baik untuk perkembangan otot dan otak anak.

Agar tidak bosan, anda dapat mengkresikannnya dengan berbagai resep makanan kesukaan anak. Misalnya seperti dibuat menjadi sarden, digoreng, di buat sup atau bahkan dikukus.

Olahan sayuran

Mengetahui makanan untuk anak kurang gizi membuat orang tua cepat tanggap  untuk mengetahui penanganan gizi kurang pada balita. Salah satu cara penanganan gizi kurang pada balita adalah dengan memberikan vitamin. Vitamin untuk anak kurang gizi   bukan hanya sekedar diberikan dengan obat-obatan atau suplemen yang banyak beredar dipasaran.

Anda dapat menyiasatinya dengan banyak memberikan vitamin yang berasal dari sayur-sayuran. Salah satunya adalah sayuran seperti bayam, tomat, kol ungu, brokoli dan lain sebagainya. Sayur-sayuran ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk anak kurang gizi. Jika Anak termasuk susah memakan sayuran, Anda bisa mengolah sayuran menjadi kreasi masakan yang unik dan menarik.

Daging

Daging juga merupakan salah satu makanan yang baik diberikan pada san buah hati. Makanan ini sangat baik untuk meningkatkan nutrisi dan berat badan si kecil. Pilih daging yang tidak banyak mengandung lemak.

Beberapa daging seperti daging ayam kampung, bebek dan sapi dapat anda masukkan dalam menu harian si kecil. Pastikan Anda mengolahnya dengan benar, yakni tidak mentah ataupun terlalu matang.

Status Gizi Menurut WHO

Baca Juga

Jika daging masih mentah, dikhawatirkan masih ada bakteri yang belum mati. Sedangkan pengolahan yang over cook atau terlalu matang membuat kandungan daging tidak lagi penuh.

Buah-buahan

Buah merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Buah-buahan merupakan makanan yang sangat baik untuk anda masukkan dalam menu harian si kecil. Bahkan buah ini juga bisa menjadi cemilan sehat bagi si kecil. Misalnya saja apel hijau ketika si kecil dalam fase tumbuh gigi.

Olahan keju dan susu

Susu dan keju merupakan bahan makanan yang kaya manfaat. Keduanya juga dapat anda masukkan dalam menu harian si kecil. Cara paling praktis misalnya memberikan roti tawar yang anda olesi dengan keju dan susu. Ini tentu lebih kaya vitamin dibandingkan selai dengan varian rasa seperti coklat dan blueberry.

Dengan mengetahui makanan yang dianjurkan untuk anak kurang gizi, maka Anda pun dapat mencegah resiko si kecil terkena gejala tersebut. Banyak orang juga yang ingin menanggulangi dampak dari kurangnya asupan gizi pada balita dengan cara membeli suplemen dan vitamin penambah gizi.

Berbagai macam merk vitamin untuk anak kurang gizi pun beredar dipasaran. Namun memberikan nutrisi yang tepat lewat makanan lebih dianjurkan karena lebih aman dan efektif.

Untuk itulah mengapa sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui makanan untuk anak kurang gizi, sehingga anda dapat memberikan nutrisi yang tepat untuk si buah hati.

3 thoughts on “Inspirasi Resep Makanan untuk Anak Kurang Gizi”

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis