Makanan Penambah ASI, Bunda Wajib Tahu

Makanan Penambah ASI – Tidak semua ibu yang baru saja melahirkan dapat memproduksi ASI yang cukup untuk buah hatinya. Ada keadaan tertentu dimana seorang ibu tidak cukup untuk memproduksi ASI dalam jumlah besar.

Hal ini tentu cukup mengkhawatirkan karena ASI merupakan makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sebelum usia 6 bulan.

makanan penambah ASI
sumber: pixabay.com

Menyikapi kurangnya produksi ASI, banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan memberikan susu formula sebagai pendamping ASI. Hal ini sebenarnya tidak direkomendasikan oleh ahli medis. Karena makanan yang disarankan untuk bayi dibawah 6 bulan adalah ASI yang diberikan secara ekslusif.

Jika anda mengalami permasalahan kekurangan ASI, anda dapat mengonsumsi berbagai makanan penambah ASI.

Makanan Alami Penambah ASI

Makanan penambah ASI merupakan cara yang bijak untuk menambah produksi ASI secara alami. Beberapa makanan yang dapat menambah produksi ASI diantaranya adalah:

Buah Pepaya

Pepaya merupakan salah satu makanan penambah ASI alami yang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Pepaya baik buahnya maupun bunganya mengandung manfaat yang sangat baik. Kandungan dari  pepaya antara lain seperti vitamin A dan C, kalium, asam folat dan juga enzim papain.

Enzim papain ini merupakam salah satu enzim yang berguna untuk memproduksi ASI. Sedangan cairan yang terkandung dalam pepaya mampu memenuhi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI. Pepaya ini dapat dimakan langsung sebagai camilan penambah ASI. Maupun di olah sebagai jus ataupun makanan lainnnya.

Daun Katu

Daun katuk merupakan salah satu makanan penambah ASI yang cukup populer dikonsumsi oleh ibu menyusui. Daun katuk ini merupakan salah satu makanan yang tinggi protein sehingga baik untuk membantu produksi ASI.

Bagi anda yang sulit mengkonsumsi daun katuk secara utuh, alternatif lain yakni meminta resep dokter untuk mendapatkan ekstrak daun katuk.

Sup Ayam

Sup ayam juga merupakan makanan penambah ASI yang direkomendasikan. Kuah dari sup membantu menambah cairan untuk memproduksi ASI. Sedangkan ayam merupakan sumber makanan yang kaya akan protein. Sedangkan sayuran yang tedapat dalam sayur sup menambah pasokan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Havermouth

Havermouth juga merupakan makanan yang direkomdasikan sebagai makanan penambah ASI. Makanan ini bisa diolah dengan beragam variasi resep terbaru supaya tidak jenuh.

Daun Bayam

Sayuran hijau yang satu ini meerupakan sayuran yang kaya akan zat besi dan asam folat serta berbagai macam vitamin lainnya. Tidak hanya baik untuk menambah produksi ASI, bayam juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Anda bisa mengolahnya sebagai sayur dengan bumbu kencur.

Sayur Wortel

Makanan yang kaya akan vitamin A ini juga sangat di rekomendasikan sebagai makanan penambah ASI. Anda dapat membuat wortel menjadi jus supaya lebih praktis ketika dikonsumsi. Anda juga bisa menambahkan wortel pada setiap olahan makanan harian anda.

Air Putih

Yang terakhir sebagai usaha untuk memperbanyak produksi ASI adalah dengan memperbanyak asupan air. Minumlah 10-12 gelas air perhari agar produksi ASI menjadi lancar. Selain sebagai ASI booster, air putih juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui.

Baca Juga:

Makanan Untuk Anak Kurang Gizi

Selain makanan penambah ASI, ada pula berbagai makanan penghambat ASI yang sebaiknya dihindari pada saat menyusui. Makanan yang sebaiknya dihindari pada saat menyusui adalah diantaranya seperti makanan pedas, bercafein, beralkohol, makanan asam serta makanan cepat saji yang tinggi kalori tidak sehat.

Cara Menambah Produksi ASI Secara Alami

Cara menambah ASI yang sudah sedikit diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah ASI. Selain dengan mengonsumsi makanan tinggi protein yang memperlancar produksi ASI, anda juga dapat melakukan beberapa cara ini guna menambah produsi ASI secara alami:

Memijat Payudara

Memijat payudara disebut sebagai salah satu cara untuk menambah produksi ASI. Pijat payudara dari bagian pangkal, kemudian lakukan gerakan memutar selama 30 detik. Lakukan pemijatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Sering Menyusui

Menambah produksi ASI dapat dilakukan yaitu dengan cara sering-sering menyusui bayi. Meskipun produksi ASI anda sedikit, namun jangan hentikan proses menyusui. Bahkan sebaliknya dengan semakin sering menyusui, maka produksi ASI pun semakin bertambah.

Jangan Menggunakan Dot

Menyusui secara langsung sangat direkomendasikan untuk para ibu. Selain membangun kedekatan emosional antara ibu dan bayi. Menyusui secara langsung atau tanpa menggunakan dot juga dapat membuat produksi ASI semakin bertambah. Idealnya menyusui bayi adalah sekitar 2-3 jam sekali. Jadwal menyusui yang teratur akan semakin merangsang produksi ASI.

Selain mengonsumsi makanan penambah ASI. Anda juga perlu menjaga kestabilan emosi dan juga diimbangi dengan istirahat yang cukup agar produksi ASI pun semakin meningkat.

Demikianlah informasi mengenai penambah ASI secara alami, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, Terimakasih…

2 thoughts on “Makanan Penambah ASI, Bunda Wajib Tahu”

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis