Cara Mengatasi Bayi Rewel Di malam Hari Paling Mudah

Mengatasi Bayi Rewel Dimalam Hari – Sebagai orang tua baru, tentu anda akan dibuat stress dan bingung bila mangadapi bayi yang rewel, terutama pada waktu malam hari. Menangis adalah cara bayi untuk mengekspresikan perasaan dan keinginannya.

Namun kadang bayi menangis secara terus menerus terutama pada waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk istirahat dimalam hari. Tentu hal ini akan membuat para orang tua baru sedikit kebingungan bagaimana cara mengatasi bayi rewel dimalam hari.

cara mengatasi bayi rewel di malam hari

Tahukah Anda Apa Itu Kolik pada Bayi?

Salah satu penyebab bayi rewel dimalam hari yaitu kolik. Kolik ini adalah sebuah kondisi dimana bayi sehat mengalami gejala seperti menangis secara berlebihan yaitu ditandai dengan tanda bayi menangis lebih dari tiga jam dalam satu hari. Biasanya kondisi ini terjadi pada saat bayi berumur 3-4 minggu hingga bayi berusia 12 minggu.

Kondisi dimana bayi menangis dimalam hari ini sebenarnya normal dan merupakan bagian dari tumbuh kembang si buah hati. Penyebab bayi susah tidur dimalam hari dan menangis ini adalah karena bayi sedang beradaptasi dengan hal-hal baru semenjak ia keluar dari dalam rahim ibu yang nyaman.

Ini Dia Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari

Penyebab bayi menangis dimalam hari ini sebenarnya sepele dan tidak terlalu perlu dikhawatirkan. Dengan mengetahui penyebab bayi menangis, tentu Anda bisa memberikan penanganan yang tepat. Berikut ini beberapa penyebabnya.

Bayi merasa kesepian

Bayi biasanya memiliki periode tidur yang terbalik dibanding dengan orang dewasa. Dimana waktu siang hari dijadikan waktu tidur oleh bayi, sedangkan pada malam hari ia malah terjaga. Menjadi satu-satunya yang terjaga dimalam hari mungkin membuat bayi merasa bosan dan kesepian.

Kebosanan inilah yang kemudian dilampiaskan dengan cara menangis untuk memancing perhatian dari orang tuanya. Inilah sebabnya mengapa tangis bayi akan berhenti begitu anda bangun dan mengajaknya bermain.

Ingin bergerak

Tidur dalam posisi yang cukup lama membuat bayi merasa bosan. Untuk itulah ia bereaksi dengan cara menangis untuk menarik perhatian anda sebagai bentuk protesnya. Inilah mengapa penyebab bayi menangis dimalam hari perlu anda ketahui, agar Anda pun dapat menemukan cara yang tepat untuk menenangkannya.

Bayi merasa lapar

Bayi menangis dimalam hari salah satu penyebabnya adalah karena bayi merasa kelaparan. Kebiasaan bayi mengalami kelaparan dimalam hari inilah yang membuat ia terbangun dan menangis sebagai cara untuk mengekspresikan perasaannya. Untuk itulah mengapa biasanya bayi akan terdiam begitu Anda memberinya ASI.

Bayi tidak nyaman karena popoknya basah

Salah satu penyebab bayi menangis pada malam hari adalah dikarenakan popoknya basah dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk anda mengecek kondisi popoknya terlebih dahulu ketika bayi menangis.

Tips Mudah Mengatasi Bayi Rewel Dimalam Hari

Meskipun merupakan hal yang normal, namun bayi rewel dan susah tidur dimalam hari juga merupakan suatu hal yang cukup mengganggu ya? Untuk itu anda perlu mengantisipasinya dengan beberapa hal sederhana agar si kecil mudah tenang dan tidak rewel. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Memberikan ASI yang cukup

Penyebab bayi rewel dimalam hari salah satunya adalah karena lapar. Untuk mengantisipasi hal ini, maka anda dapat menyiasatinya dengan memberikan ASI yang cukup sebelum ia tidur.

Mengganti popok segera

Memeriksa kondisi popok si kecil dan menggantinya segera jika basah akan membuat si kecil merasa nyaman dan mencegah dari reaksi rewel dan menangis berkepanjangan.

Memberikan dekapan hangat

Rasa nyaman membuat bayi tertidur pulas dan tidak rewel. Dekapan hangat dari orang tuanya adalah salah satu cara menenangkan si buah hati.Bayi bahkan bisa mengenali dekapan ibunya, itulah mengapa bayi akan segera terdiam ketika Anda menggendongnya.

Menghangatkan perut untuk mencegah kolik

Kolik atau gejala menangis berkepanjangan dimalam hari biasanya disebabkan oleh perut bayi yang tidak nyaman. Untuk mencegah hal ini anda dapat menghangatkan perut si kecil dengan balsem khusus bayi atau minyak khusus untuk mencegah terjadinya kolik pada bayi.

Doa Agar Anak Tidak Rewel

Baca Juga

Demikan tadi beberapa cara mengatasi bayi rewel dimalam hari. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda akan dengan mudah menemukan cara untuk mengatasi bayi rewel pada malam hari.

3 thoughts on “Cara Mengatasi Bayi Rewel Di malam Hari Paling Mudah”

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis