Doa Agar Anak Tidak Rewel dan Penakut Di Malam Hari

Doa Agar Anak Tidak RewelSanghamba.com – Memiliki anak yang rewel dan menangis secara terus menerus pastinya membuat orang tua menjadi cemas dan khawatir. Meskipun menangis merupakan sebuah hal yang lumrah dan sering dilakukan oleh anak-anak sebagai bentuk dari ekspresi perasaan mereka.

doa agar anak tidak rewel

Namun melihat sang buah hati terus menerus rewel dan menangis tentunya membuat orang tua menjadi bingung dan cemas. Seringkali kita juga bertanya – tanya apa penyebab anak rewel terus menerus. Selain menanganinya langsung, kita juga bisa membacakan doa agar anak tidak rewel.

Ketahui Penyebab Anak Rewel Terus Menerus

Anak kecil dan bayi belum mampu menjelaskan keinginannya secara rinci, hal-hal yang mengganggunya dan juga ketidaknyamanan yang terjadi pada dirinya. Untuk mengekspresikan hal itu maka bayi dan anak-anak melakukannya dengan cara menangis.

Cara Mengatasi Bayi Rewel Di malam Hari

Baca Juga

Menangis merupakan salah satu indikasi bahwa anak membutuhkan bantuan orang tuanya. Beberapa sebab anak dan bayi menjadi rewel dan mudah menangis dimalam hari antara lain adalah karena:

Lapar

Bayi biasanya menangis dimalam hari karena beberapa sebab. Diantaranya adalah karena perut bayi merasa lapar. Bayi yang kelaparan biasanya akan menangis cukup lama dan sulit dihentikan. Kecuali ketika anda memberikan ASI kepadanya. Itulah tandanya si kecil merasa lapar dan butuh asupan.

Popok Basah

Saat bayi menangis dimalam hari, itu bisa menjadi salah satu indikasi bahwa si kecil sedang merasa tidak nyaman. Salah satunya adalah karena popoknya basah dan perlu segera diganti.

Merasa Tidak Nyaman

Saat merasa haus, atau mengantuk dan lelah bayi cenderung mengekspresikan keinginannya dengan cara menangis. Orang tua pun harus mengetahui keinginan dan cara menenangkan si kecil. Menggendongnya sembari membisikan doa agar anak tidak rewel diharapkan akan membantu menenangkan si kecil dari tangisannya.

Sakit

Penyebab anak rewel antara lain adalah karena bayi merasa tidak nyaman atau sakit. Karena belum bisa menyampaikannya kepada orang tua, maka bayi mengekspresikannya dengan cara menangis. Bayi yang merasa sakit biasanya rewel dan menangis terus menerus, berbagai gejala seperti badan terasa panas atau demam merupakan indikasi bayi menderita sakit.

Banyak orang tua yang kesulitan menemukan cara menenangkan sang buah hati yang tengah menangis. Jangan terburu-buru menghubungi ahli medis, anda dapat mengatasinya dengan cara membacakan doa untuk menanangkannya. Dan yang tidak kalah penting penanganan anak rewel berdasarkan penyebabnya.

Membaca doa agar anak tidak rewel merupakan pilihan bijak yang dapat anda lakukan. Karena belum tentu juga si kecil menangis karena menderita penyakit tertentu. Bisa jadi si kecil menangis karena merasa tidak nyaman, sulit tidur dan lain sebagainya. Maka sebagai orang tua, ada beberapa tips menghadapi anak yang rewel. Salah satunya adalah dengan membacakan doa untuk anak rewel dan susah tidur.

Doa Untuk Mengatasi Anak Rewel Dan Cengeng

Doa agar anak tidak cengeng dapat anda bacakan sembari menimang dan menenangkan si kecil. Bisikan ayah atau bundanya merupakan salah satu obat agar bayi merasa tenang dan nyaman. Anda dapat membacakan beberapa doa agar anak tidak cengeng dan penakut. Salah satunya adalah doa yang dikutip dari karya Muhyyidin Abu Zakaria Yahya Syaraf Al-Nawawi Al-Dymasiqi, Al-Adzkar Al-Munthakabah Min Kalami Sayyid Al-Abrar pada halaman 302 yang berbunyi:

Do’a Agar Anak Tidak Rewel

Doa agar anak bayi tidak cengeng ini dapat anda praktekan ketika anak sedang rewel dan menangis terus-menerus. Doa-doa yang mengalir dari mulut orang tuanya yang disertai dengan dekapan hangat dan kasih sayang diharapkan akan mampu membuat si kecil menjadi lebih tenang.

Selain mengamalkan doa agar anak tidak rewel, anda juga perlu mengetahui penyebab si kecil menangis. Apakah karena lapar, popok basah, atau karena keletihan dan menderita rasa sakit pada bagian-bagian tubuhnya. Dengan mengetahui penyebab bayi rewel, anda akan lebih mudah mengatasi dan memenuhi keinginan dan kebutuhan si kecil sehingga ia tidak lagi rewel dan menangis terus menerus.

Sedangkan doa ini berfungsi untuk menenangkan anak secara psikologis. Terlebih bagi Anda yang beragama islam, doa adalah aktivitas rutin untuk mendapatkan ketenangan dan perlindungan dari Alloh SWT.

Tips Agar Anak Tidak Rewel

Setelah upaya dengan cara kita berdoa agar anak tidak rewel, ada baiknya kita juga melakukan iktiar berikut ini. Namun sebelum melakukan hal ini, pastikan bahwa sang buah hati tidak sedang sakit, lapar, dan popok basah.

Berikut ini, beberapa tips sederhana yang bisa orang tua lakukan agar anak menjadi tenang di malam hari:

Peluk Anak Dengan Tenang

Kontak fisik kepada sang buah hati merupakan hal yang membuat bayi / anak menjadi lebih nyaman. Berdasarkan hasil dari penelitian yang lansir dari scientificamerican.com, cara kontak fisik antara orang tua dengan anak, mampu memberikan rasa nyaman dan tenang pada anak.

Khususnya hal ini dilakukan pada bayi yang baru lahir (usia kurang dari 3 bulan). Beberapa peneliti juga menyampaikan bahwa dengan melakukan kontak fisik, maka akan merangsang perkembangan otak bayi jauh lebih baik. Namun anda juga tidak perlu khawatir untuk meninggalkan sang buah hati untuk bobok sendirian.

Buat Kenyamanan Pada Anak Saat Sebelum Tidur

Hal ini, tentunya setiap anak dan orang tua punya cara yang berbeda-beda dalam memberikan kenyamanan. Oleh sebab itu, kami sarankan pada orang tua untuk mencari pola atau kebiasaan yang membuat anak atau bayi menjadi lebih tenah saat sebelum tidur.

Pada saat ini juga, bisa melatih anak untuk mengetahui waktu istirahatnya agar terbiasa melakukan istirahat.

Redupkan atau Ubah Pencahayaan Ruang Tidur Anak

Dengan adanya pencahayaan yang terang, terkadang mata atau respon sang buah hati menandakan bahwa waktu tersebut belum waktunya untuk tidur. Namun terkadang juga, adanya cahaya yang terang akan memberikan respon kepada otak sang buah hati agar mata tetap terjaga. Hal ini tentunya sama seperti kita orang dewasa.

Ada informasi yang kami peroleh dari sleepfoundation.org bahwa sinar biru yang dihasilkan dari bohlamp, gadget, TV dan berbagai unit penerang dapat menghalangi lepasnya melatonin dari dalam tubuh. Tahukan anda bahwa melatonin memiliki fungsi untuk menjadikan kita lebih relaks dan menjadikan kita mengantuk.

Nah dari situlah, untuk membuat anak lebih mudah untuk tidur atau beristirahat, maka sebaiknya padamkan lampu atau ganti dengan lampu yang lebih redup dan bernuansa tenang.

Sabar Dalam Menenangkan Si Kecil

Namanya juga anak kecil, terkadang mereka suka memaksa keinginannya jika tidak terpenuhi. Jika sudah kejadian yang seperti ini, terkadang si kecil sering menangis karena ada permintaannya yang tidak kita ketahui namun belum terpenuhi.

Dalam mendidik sang buah hati terutama masih usia di bawah 3 tahun, memang tidak mudah hal ini membutuhkan kesabaran yang ekstra. Pada saat anak kita mulai rewel dan menangis lakukan komunikasi dengan lembut dan tetap tegas. Jangan sesekali memarahinya atau membentak karena akan semakin membuat anak menjadi takut dan semakin marah dan berujung pada tangisan.

Alihkan Perhatiannya

Ketika anak kita terus menangis dan rewel, anda bisa mencoba dengan cara mengalihkan pikirannya. Walau terkadang sebenarnya tidak mengapa membiarkan anak menangis dengan tujuan agar anak melepaskan emosinya. Setelah anak menjadi lebih tenang, maka coba alihkan perhatiannya dengan topik atau cerita lain sehingga anak kita tidak melanjutkan tangisannya.

Demikianlah ulasan mengenai doa agar anak tidak rewel dan penakut terutama di malam hari, semoga apa yang kami sampaikan bisa memberikan manfaat dan tambahan wawasan pada orang tua. Kami akhiri wassalam. Salah sehat dan sukses selalu Bunda…

1 thought on “Doa Agar Anak Tidak Rewel dan Penakut Di Malam Hari”

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis