Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan – Sambung nyawa, tanaman yang banyak memiliki manfaat di dalamnya adalah tanaman yang tersebar di wilayah Asia tengah termasuk Indonesia. Ada banyak sekali manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan, bahkan tanaman ini biasanya dijadikan hidangan seperti lalapan atau olahan pangan lainnya. Dengan menjadikan olahan pangan, keuntungan lainnya adalah manfaat khasiat yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya dijadikan sebagai santapan, daun sambung nyawa juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat daun sambung nyawa yang terdapat penelitian. Adapun menunjukan bahwa ekstrak daun sambung nyawa mengandung zat aktif kimiawi. Diantaranya, saponin, tanin dan terpenoid juga lainnya. Lalu apa manfaat dari daun ini? Simak pembahasan berikut!

Meredakan Peradangan

Jenis tanaman yang satu ini memiliki khasiat sebagai pereda peradangan, disebabkan kandungan yang terdapat di dalamnya. Tanaman sambung nyawa yang lebih sering dimanfaatkan adalah pada bagian daun. Memiliki kandungan seperti etanol, teroid, flavonoid juga kaempferol yang terdapat pada ekstrak daun sambung nyawa. Kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi dan anti virus.

Tanaman daun sambung nyawa mampu mengatasi peradangan seperti rematik. Selain itu daun sambung nyawa juga memiliki khasiat efektif pada penyakit tertentu yang disebabkan oleh infeksi virus. Dengan mengolahnya menjadi jamu, dengan cara rebus sekitar 10 lembar daun samber nyawa yang sudah dibersihkan. Setelahnya rebus dengan media tanah liat, jika sudah pindahkan ke gelas.

Membantu Menghilangkan Kanker dan Tubuh

Nah, adapun manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan berikutnya yakni dapat membantu melawan sel kanker. Penyakit kanker menjadi ancaman jika tidak menerapkan pola hidup sehat, tetapi kanker ternyata dapat diatasi dengan tanaman sambung nyawa ini. Tanaman ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal dalam membantu melawan kanker darah, kanker Rahim dan juga kanker payudara.

Baca Juga:  Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Sangat Mudah!

Kandungan yang terdapat pada ekstrak daun sambung nyawa dipercaya dan diyakini mampu mencegah pertumbuhan kanker dan mampu membelah sel kanker. Tetapi penelitian yang mengungkapkan hal ini masih sebatas tahap uji coba. Dengan demikian, diperlukan penelitian yang lebih berfokus untuk mengetahui khasiat atau kandungan pada daun ini dalam mengobati penyakit kanker.

Menjaga Kekebalan Serta Imun Tubuh

Siapa sangka jika kandungan yang terdapat pada jenis tanaman sambung nyawa ternyata cukup besar, seperti tanin flavonoid dan steroid. Kandungan tersebut mampu mengatasi dan melindungi dari paparan radikal bebas yang berlebih. Radikal bebas yang terdapat pada bahan makanan yang terpapar racun pestisida dan polusi udara, mampu memberi dampak buruk bagi tubuh.

Baca Juga : Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Yang Wajib Diketahui

Mengatasi Gangguan Pada Pencernaan

Gangguan yang dialami pencernaan pada usus dan lambung tentu seringkali mengganggu dan tidak membuat nyaman. Permasalahan ini dapat diatasi dengan ramuan ekstrak daun sambung nyawa. Zat aktif kimiawi yang terdapat pada daun Ini sangat membantu dalam meredakan gangguan pencernaan. Selain itu daun ini mampu melindungi dinding lapisan dalam lambung.

Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes juga menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi tubuh dan kesehatan. Penyakit yang disebabkan buruknya pola makan yang mengakibatkan naiknya glukosa atau gula darah pada tubuh dengan drastis. Khasiat yang dimiliki daun ini juga bisa menjadi obat herbal bagi penderita diabetes dan penderita kemandulan yang disebabkan oleh diabetes.

Nah, itu tadi adalah manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan yang bisa dijadikan alternatif pengobatan dan pencegahan penyakit. Mulailah pola hidup dengan teratur dan sehat untuk mencegah terjangkitnya penyakit-penyakit yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Memori HP Yang Tidak Terbaca Paling Gampang
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.