Cara Mengawinkan Bunga Keladi

Cara Mengawinkan Bunga Keladi – Bunga keladi merupakan tanaman hias jenis genus caladium atau termasuk ke dalam jenis talas – talasan. Tanaman ini rupanya banyak digemari dan seringkali dijumpai di rumah – rumah warga, karena cara mengawinkan bunga keladi yang cukup mudah.

Bunga keladi memiliki corak motif yang menarik dan memiliki warna yang cantik. Pecinta tanaman hias bisa mengembangbiakan tanaman bunga keladi tersebut dengan cukup mudah. Berikut terdapat beberapa cara mengawinkan bunga keladi yang dapat dilakukan, diantaranya:

Siapkan Tanaman Indukan

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan menyiapkan tanaman indukan nya dulu. Pastikan pemilik memiliki dua tanaman bunga keladi, yang dimana tanaman tersebut merupakan bunga betina dan bunga jantan. Biasanya bunga jantan dicirikan oleh tongkolnya.

Bunga jantan memiliki tongkol yang telah ditumbuhi serbuk sari. Sedangkan, bunga betina sebagai tanaman indukannya harus yang belum ditumbuhi serbuk sari. Saat inilah, putik dalam kondisi yang matang dan terdapat cairan lengket untuk proses penyerbukan.

Buka Seludang Pada Bunga

Langkah berikutnya yang harus dilakukan ialah membuka seludang pada bunga keladi. Ini dilakukan agar proses penyerbukan dapat dilakukan dengan mudah. Untuk membuka seludang bunganya pemilik bisa memakai gunting, sampai yang tersisa hanyalah bagian tongkol saja.

Hal tersebut dilakukan agar putik dan serbuk sari dapat terlihat jelas tanpa adanya penghalang. Selain itu, agar tangan tidak terhalang pada saat proses mengawinkannya. Jadi, proses seludang pun dapat dilakukan dengan baik tanpa kendala lainnya.

Baca Juga:  Daftar 5 Motor Matic Keluaran Terbaru

Mengambil Serbuk Sari Bunga

Setelah selesai proses membuka seludang pada bunga keladi, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan ialah mengambil serbuk sari pada bunga. Pemilik dapat mengambilnya dengan memakai tangan ataupun peralatan seperti cotton bud, kuas, dan alat lain sejenisnya.

Selain dengan menggunakan alat tersebut, pemilik dapat dengan langsung menempelkan putik dari bunga betina dengan bunga jantan. Pada langkah ini, proses penempelan ke putik dapat dilakukan dengan tangan saja agar dapat lebih menyeluruh dan rata. Selain dengan menggunakan alat tersebut, pemilik dapat dengan langsung menempelkan putik dari bunga betina dengan bunga jantan. Pada langkah ini, proses penempelan ke putik dapat dilakukan dengan tangan saja agar dapat lebih menyeluruh dan rata.

Oleskan Serbuk Sari Dari Bunga

Pada langkah ini, setelah pemilik mengumpulkan serbuk sari dari bunga, pemilik langsung bisa oleskan serbuk sari pada putik bunga betinanya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan oleskan menggunakan telunjuk yang sudah berlumur serbuk sari bunga jantan.

Simpanlah di Tempat yang Tertutup

Setelah langkah – langkah diatas dilakukan, maka proses perkawinannya telah selesai. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah tinggal menunggu hasil saja. Saat setelah melakukan perkawinan bunga jantan dan bunga betina, harus segera dipindahkan ke tempat yang tertutup.

Sebaiknya bunga keladi yang telah dilakukan perkawinan dipindahkan ke tempat tertutup dan juga teduh, agar tidak kena panas dari sinar matahari, dan terhindar hujan, serta bebas dari jangkauan hama pengganggu, seperti tikus ataupun hewan peliharaan.

Tunggulah Progres Perkembangannya

Pada tahap ini pemilik tidak perlu melakukan apapun selain menunggu progress perkembangannya sambil merawat bunga keladi seperti biasanya. Apabila proses dari penyerbukan sebelumnya berhasil, maka tongkol pada bunga berubah jadi buah. Buahnya pun mirip jagung.

Baca Juga:  Cara Cek Subsidi Bunga KPR BTN Dengan Mudah

Buahnya tersebut terdapat banyak bulir yang di dalamnya terdapat sebuah biji. Biji tersebut adalah cikal bakal atau anakan dari bunga keladi yang sebelumnya dilakukan perkawinan. Berbeda jika hasilnya gagal, tongkol bunga mengering dan kemudian mati.

Menyungkupkan dengan Plastik

Pada langkah ini, apabila terdapat progress yang menunjukkan bahwa penyerbukan bunga keladi berhasil dan terdapat tongkol bunga hingga berbuah, yang harus pemilik lakukan ialah menyungkupkannya dengan plastik. Penyungkupan dapat dilakukan apabila buah membesar dan matang.

Biasanya buah akan matang sekitar dua puluh tujuh hari dari proses penyerbukan berlangsung. Penyungkupan menggunakan plastik dilakukan agar bulir pada bunga keladi tidak hilang walaupun telah rontok hingga siap saat panen tiba.

Nah. Itulah beberapa step bagaimana cara mengawinkan bunga keladi yang dapat diikuti pemilik. Setelah semua step diikuti, biasanya sekitar satu bulan pemilik bunga sudah bisa untuk panen karena buahnya yang sudah cukup matang. Semoga membantu

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *