Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas, Tips dan Sumber Makanan

Apa Saja Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Otak Anak?

Masa anak anak adalah masa dimana kecerdasan dari sang anak mulai terasah dan mulai terbentuk. Dukungan dari lingkungan dalam bentuk rangsangan demi kecerdasan anak sangatlah dibutuhkan. Tetapi, beberapa macam nutrisi dari makanan juga sangat dibutuhkan untuk mendukung kecerdasan anak dari dalam. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui macam macam nutrisi otak agar anak cerdas.

nutrisi otak agar anak cerdas

Mengetahui nutrisi yang baik bagi kecerdasan anak akan membuat anda sebagai orang tua lebih hati hati dalam memilih bahan makanan. Anda akan bisa merencanakan untuk menu makanan yang sehat bagi buah hati anda. Berikut adalah beberapa macam vitamin agar otak anak cerdas.

Arachidinic acid (AA) dan Docosahexanoid acid (DHA)

Arachidinic achid (AA) dan Docosahexanoid acid (DHA) yang merupakan nutrisi golongan asam lemak esensial. Manfaat dari vitamin otak untuk anak 1 tahun ini adalah untuk perkembangan sistem saraf pusat serta fungsi penglihatan atau visual. AA berperan sebagai neurotransmitter atau zat pengantar dan DHA sebagai pembentuk sel sel saraf synapse atau cabang dari sel saraf.

Omega 3, 6, 9

Omega 3, 6, 9 yang juga merupakan jenis asam lemak esensial, dimana bermanfaat untuk membentuk pembungkus saraf. Omega 3, merupakan asam lemak esensial yang harus banyak dikonsumsi oleh manusia. Begitu juga dengan omega 6 dan 9, walau konsumsi keduanya tidak dianjurkan sebanyak omega 3.

Asam Amino

Asam Amino merupakan nutrisi otak agar anak cerdas selanjutnya. Asam amino ini membantu membentuk struktur otak serta zat pengantar rangsangan di sambungan dari sel saraf. Asam amino berperan dalam mengatur pembentukan dari senyawa serotonin yang ada dalam saraf.

Tyrosine

Tyrosine adalah vitamin buat otak anak pintar yang sebenarnya termasuk dari jenis asam amino yang sangat penting. Hal ini karena Tyrosine berperan untuk membuat neurotransmitter, serotonin dan juga katekolamin. Ketiganya berperan penting untuk tubuh, yaitu untuk pengendalian diri, membantu konsentrasi, emosi serta perilaku anak.

Tips Mengatur Menu Makanan Untuk Optimalkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak bisa semakin optimal dengan asupan nutrisi yang pas. Ada banyak bahan makanan yang kaya nutrisi dan bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan anak. Anda bisa mengkreasikan menu makanan berikut ini untuk buah hati Anda.

Susu

Susu merupakan asupan yang mengandung banyak sekali vitamin yang sangat baik untuk kecerdasan anak, dimana ASI adalah yang terbaik. Kandungan di dalam susu antara lain adalah kalsium, klalium, protein, vitamin B dan D.

Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mudah ditemui dan menjadi favorit anak anak. Anda bisa membuat resep makanan untuk kecerdasan anak dari bahan dasar telur. Anda bisa berkreasi hingga makanan tersebut mempunyai bentuk lucu, sehingga anak anda semangat untuk makan.

Kacang

Kacang yang merupakan bahan makanan sehat yang bisa dijadikan cemilan di rumah. Jadi, jika anak anda ingin cemilan, anda bisa memberikannya cemilan sehat dari kacang kacangan. Kacang kacangan ini banyak mengandung vitamin E serta anti-oksidan yang berguna melindungi sel otak dari radikal bebas.

Gandum Utuh dan Beras Merah

Gandum utuh serta beras merah yang merupakan biji bijian berkarbohidrat kompleks ini juga mengandung glukosa serta vitamin B. Nutrisi nutrisi tersebut sangat baik bagi kecerdasan otak anak karena berfungsi sebagai pemelihara sistem saraf.

Ikan Laut

Ikan laut terutama salmon sudah terkenal sebagai bahan makanan yang bak untuk kecerdasan anak. Kandungan pada ikan laut, terutama salmon ini adalah protein, DHA, EPA, serta omega 3.

Sumber Protein Nabati

Baca Juga

Jadi anda bisa membuat menu makanan sehat untuk si kecil dan tidak hanya memberinya merk vitamin untuk mencerdaskan otak anak buatan pabrik. Hal ini karena bahan makanan mencerdaskan nyatanya juga mudah ditemui pada bahan makanan yang umum dikonsumsi sehari – hari.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tips dan nutrisi otak agar anak cerdas, semoga bisa membantu Anda memilih menu yang sesuai supaya kebutuhan nutrisi anak terpenuhi.

1 thought on “Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas, Tips dan Sumber Makanan”

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis