Rekomendasi Kuliner Solo Terkenal

Rekomendasi Kuliner Solo Terkenal – Bagi pecinta kuliner, mencoba berbagai jenis makanan adalah kegiatan wajib selama berlibur. Jika sedang bertandang ke Solo, jangan lupa untuk mengunjungi kuliner Solo terkenal untuk melengkapi keseruan berlibur. Kota berslogan “The Spirit of Java” ini memiliki banyak kuliner wajib, seperti berikut:

Timlo Sastro

Pada pilihan pertama ada timlo, masakan berkuah bening yang dilengkapi sosis ayam, telur, hingga irisan jeroan. Menu timlo di sini juga bisa dipesan tanpa nasi seharga 18 ribuan jika tidak ingin mengonsumsi makanan berat.

Namun jika ingin makanan berat, timlo Sastro cocok dimakan bersama nasi bertabur bawang goreng, dengan tambahan 3 ribu saja. Destinasi kuliner di Solo ini sangat legendaris, telah ada sejak tahun 1952.

Ketika makan di kedai ini, pengunjung dapat menikmati suasana yang nyaman sebab ada live music berupa keroncong yang siap menghibur. Berlokasi di jalan Pasar Gede Timur nomor 1-2, Timlo Sastro buka dari pagi jam 6, dan tutup setengah 4 sore.

Serabi Notosuman

Jika membicarakan kuliner Solo terkenal, tidak pernah jauh-jauh dari Serabi Notosuman. Pasalnya, serabi merupakan makanan ringan khas yang menjadi favorit banyak orang. Tersedia dua pilihan rasa yakni coklat serta original. Serabi ini tidak dihidangkan bersama kuah, namun digulung serta dikukus bersama daun pisang.

Serabi Notosuman sangat sering dijadikan oleh-oleh, sebab cocok dinikmati langsung di segala suasana. Teksturnya lembut, kenyal, serta manis sehingga cocok untuk segala usia. Serabi Notosuman berlokasi di jalan Moh. Yamin 28, buka mulai pukul 5 di pagi hari sampai sore jam 6.

Baca Juga:  Rekomendasi 6 Tempat Wisata Alam Populer Diindonesia!

Cabuk Rambak Solo

Makanan andalan masyarakat Solo lainnya adalah cabuk rambak, yang tidak hanya sebagai camilan namun juga cocok dikonsumsi untuk sarapan. Bagi yang belum mengetahui, cabuk rambak merupakan ketupat yang sudah diiris dengan tipis. Makanan disajikan bersama karak dan sambal wijen.

Penyajian cabuk rambak memakai pincuk (wadah dari bahan daun pisang) serta kerupuk puli. Harganya pun sangat terjangkau yakni mulai 5 ribu. Setiap harinya, ibu-ibu yang berjualan cabuk rambak dapat ditemukan dengan mudah di lokasinya yakni Pasar Gede Solo. Jam bukanya 24 jam.

Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo merupakan kuliner Solo terkenal yang dibuat dari potongan daging, lontong, sayuran seperti selada, buncis, kacang polong, hingga wortel. Sebagai sentuhan akhir, selat Solo akan disiram dengan kuah manis asam yang bertekstur kental.

Warung di Solo yang dikenal menyajikan selat Solo terbaik adalah Mbak Lies. Beralamat di jalan Veteran Gg Yudistira II nomor 42, ini merupakan lokasi satu-satunya. Jadi, tidak membuka cabang di daerah yang lain.

Cita rasa selat Solo sangat gurih dan wangi sehingga membuat penduduk asli maupun wisatawan menyukainya. Bukan hanya satu menu, namun juga terdapat hidangan lezat lain seperti sup galantin, gado-gado, timlo, dan lain-lain. Harganya pun sangat terjangkau, mulai 10 sampai 15 ribu saja.

Sate Kambing Mbok Galak

Mencari kuliner Solo terkenal yang berupa sate? Di Solo ada warung Mbok galak, yang menyajikan sate kambing khas dibungkus lemak sehingga disebut “buntel”. Sate kambing yang disajikan nampak gemuk, persis seperti namanya.

Ditambah lagi dengan kuah kacang yang disiram merata dan menambah cita rasanya. Kelezatan sate ini tidak hanya satu jenis saja. sebab, masih banyak olahan kambing lainnya yang tidak kalah nikmat. Misalnya gulai serta tongseng.

Untuk harganya pun cukup bersahabat, dimulai dari 30 ribu saja. Jika ingin mencicipi keunikan sate kambing yang berbentuk seperti “buntel” ini, dapat mengunjunginya di jalan Ki Mangunsarkoro nomor 122.

Baca Juga:  Inilah Minyak Rem Motor Yang Bagus Jangan Sampe Salah!

Nasi Liwet Wongso Lemu

Belum lengkap jika mengunjungi Solo dan tidak mencoba nasi liwet. Makanan khas di kota Keraton yang satu ini difavoritkan oleh masyarakat. Hidangan nasi gurih ini dilengkapi lauk seperti telur rebus, suwiran ayam, serta sayuran misalnya labu.

Salah satunya adalah Wongso Lemu, terkenal akan nasi liwetnya yang sangat lezat. Warung ini rupanya sudah ada sejak 1950 lalu. Pemiliknya adalah ibu Wongso Lemu, namun saat ini dikelola generasi penerusnya yakni Mbak Ati, sang cucu.

Warung ini berada di jalan Teuku Umar, Keprabon. Jam bukanya setiap pukul 4 sore dan tutup di jam 1 dini hari. Dengan bermodal 10 sampai 20 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati lezat dan wanginya nasi liwet dengan lauk komplit.

Demikian rekomendasi beberapa kuliner Solo terkenal yang sangat sayang bila dilewatkan. Semua tempat yang disebutkan mengusung harga yang cukup terjangkau meski termasuk kuliner legendaris. Tentunya masih banyak lagi pilihan makanan yang tersedia di kota Keraton ini.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *