Wisata Air Terjun Telunjuk Raung Di Tanah Banyuwangi

Wisata Air Terjun Telunjuk Raung Di Tanah Banyuwangi

Air Terjun Telunjuk

Air Terjun Telunjuk – Dinginnya air terjun memang menjadi daya tarik wisata tersendiri salah satu dari wisata air terjun telunjuk raung tanah oseg atau Banyuwangi. Dimana letaknya tepat di lereng gunung Raung, tak heran jika namanya telunjuk Raung. Di daerah tersebut hawanya juga masih sejuk.

Karena tempat ini berada di lereng gunung, tak heran jika pengunjung pun harus sedikit mendaki untuk sampai ke tempat ini. Namun jangan khawatir, pemandangan di tempat ini sangat sepadan dengan usaha sampai di tempat tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

HTM dan Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung

Saat sebelum berkunjung ke sebuah wisata termasuk ke wisata air terjun telunjuk raung maka yang perlu diperhatikan salah alamat lokasi dan juga HTM. Mengenali lokasi menjadi hal paling penting saat akan berwisata. Tentu agar tak ada drama tersesat dan sebagainya.

Air terjun di lereng gunung Raung ini berada masuk di desa sumber asih yang terletak di desa Sumberarum. Tempat ini juga masih termasuk ke dalam kecamatan Songgon, kabupaten Banyuwangi JATIM. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari pusat Banyuwangi.

Untuk tiket masuk yang ditarifkan sendiri cukup murah dan sangat ramah di kantong. Sebab untuk masuk dan menikmati kesejukan alam di dalamnya, hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 rupiah saja. Namun harga tersebut bisa saja berubah tergantung waktu berkunjung.

Jam Operasional Air Terjun Telunjuk Raung

Agar tak terlambat atau terlalu pagi, maka pengunjung juga harus tahu mengenai jam operasional air terjun telunjuk raung ini. Namun tenang, sebab jam operasional tempat ini mulai pukul 6 pagi sampai pukul 18.00 WIB. Jadi pengunjung bisa bersantai saat datang ke sana.

Baca Juga:  5 Kegiatan Wisata Curug Leuwi Bumi Yang Menyenangkan

Namun agar perjalanan nyaman alangkah baiknya jika datang bersama Tan atau rombongan. Jauhnya jarak menuju air terjun rasanya akan sedikit menakutkan jika dilalui sendirian. Sehingga dengan adanya teman, perasaannya pun akan lebih nyaman.

Pesona Wisata Air Terjun Telunjuk Raung

Karena ini adalah air terjun, tentu saat sampai di sana pun pemandangan yang akan didapatkan adalah pemandangan air terjun. Tempat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Jadi tak heran jika tempat ini masih terjaga keasriannya dan air yang jernih.

Bahkan dikatakan oleh salah satu wisatawan yang datang berkunjung, meski saat penghujan pun airnya tidak berubah. Jadi meski musim hujan air akan tetap jernih dan tidak berubah keruh atau coklat. Menandakan bahwa hutan di atas air terjun sangat terjaga.

Untuk sampai pada air terjun, maka pengunjung hanya bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Meski begitu, jalanan menuju air terjun sudah direnovasi dengan jalanan semen atau cor-coran. Sehingga tidak perlu takut tergelincir karena licinnya tanah pijakan.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam dengan pepohonan tinggi-tinggi nan hijau. Hingga saat sudah sampai di dasar, pengunjung akan melihat ada sungai kecil. Di sungai kecil tersebut pengunjung akan dapat melihat tanaman selada air.

Bahkan dikatakan bahwa di pinggiran sungai kecil tersebut dimanfaatkan oleh penduduk desa untuk membudidayakan selada air. Dari tempat itu, pengunjung akan dapat melihat kolam kecil yang siap untuk digunakan berenang. Dari kejauhan air di kolam tersebut terlihat biru saking jernihnya.

Tak sampai disitu saja, pengunjung masih harus berjalan untuk mencapai titik utama. Di sepanjang perjalanan nasihat akan disuguhi dengan tanaman selada air. Sampai di titik utama, pengunjung akan dapat menikmati berendam di kolam alami air terjun dengan air jernih kebiruan.

Baca Juga:  3 Cara Menampilkan Presentasi Di Google Meet Dengan Mudah Dan Cepat

Fasilitas Wisata Air Terjun Telunjuk Raung

Hal penting lain yang jangan sampai dilupakan adalah fasilitas yang disediakan. Untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap. Namun agar lebih jelas, maka bisa simak beberapa uraiannya berikut:

  • Tersedianya toilet atau WC, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir saat kebelet.
  • Di dekat air terjun juga disediakan ruang ganti, sehingga akan memudahkan bagi bajunya yang basah sehabis berenang.
  • Sudah disediakan juga kamar mandi dan tempat sholat, dan tempat parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi.
  • Ada juga warung atau kantin yang menyediakan berbagai menu jika lapar.
  • Terlahir ada gardu pandang yang bisa digunakan berfoto dan menikmati keindahan di sekitar air terjun.

Demikian adalah ulasan mengenai wisata air terjun telunjuk raung yang bisa disimak dan diketahui. Dengan harga yang sangat murah tentu bisa menjadi tujuan wisata bagi keluarga. Apalagi sudah ada beberapa fasilitas yang memadai di dalamnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *