Tempat Wisata Berastagi

Tempat Wisata Berastagi – Membahas perihal tempat wisata Berastagi memang tidak akan ada habisnya, sebab kota ini menyimpan berbagai destinasi yang unik. Keindahan khas Indonesia yang terlihat di kota Berastagi sangat tepat bagi wisatawan yang ingin meluangkan masa liburan di Sumatera Utara.

Untuk menuju Berastagi, wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 66 km dari Medan. Kota tersebut bisa dengan mudah dijangkau menggunakan transportasi umum hingga kendaraan pribadi. Berikut referensi destinasi liburan di kota Berastagi yang wajib masuk daftar traveling:

Taman Alam Lumbini

Sebetulnya pembangunan Taman Alam Lumbini dimaksudkan sebagai bagian dari tempat beribadah bagi masyarakat pemeluk agama Buddha. Lokasinya berada di desa Tongkoh, yang terletak di bawah Kabupaten Karo. Umumnya taman tersebut banyak dimanfaatkan sebagai spot foto yang unik.

Sekilas Taman Alam Lumbini menyerupai kuil seperti di Thailand. Hal ini terlihat dari pagoda dengan penggunaan warna emas, sehingga terlihat megah. Untuk masuk ke taman tidak ada biaya, sedangkan jika mengunjungi vihara maka dikenakan tiket Rp5.000 per orang.

Air Terjun Sikulikap

Berastagi menyimpan banyak wisata alam mempesona, salah satunya air terjun Sikulikap. Meski namanya tidak sepopuler Sipiso Piso di Sumatera Utara, meski demikian air terjun Sikulikap tetap wajib dikunjungi. Sumber air yang dingin serta udara sejuk sangat tepat sebagai refreshing.

Untuk mencapai air terjun memang diperlukan sedikit perjuangan, sebab wisatawan perlu sedikit mendaki supaya mendapatkan spot menarik. Setelah tiba di lokasi, keringat dan rasa lelah akan tergantikan dengan pemandangan yang asri. Air terjun Sikulikap berlokasi di desa Doulu.

Baca Juga:  Pesona Air Terjun Sigerincing, Destinasi Wajib Untuk Tenangkan pikiran

Museum Pusaka Karo Berastagi

Sembari liburan, wisatawan juga dapat menambah wawasan dengan mengunjungi Museum Pusaka Berastagi. Pada museum ini terdapat beragam koleksi benda pusaka yang dulunya digunakan oleh suku Karo. Bahkan wisatawan dapat melihat pusaka yang telah berusia ratusan tahun.

Museum Pusaka Karo menyimpan sebanyak 800 buah benda dengan historisnya masing-masing. Tempat wisata Berastagi ini berada di Jalan Perwira, kecamatan Gundaling. Wisatawan dapat mengunjunginya pada jam 10 pagi hingga pukul 5 sore.

Funland Mickey Holiday

Rekomendasi tempat wisata Berastagi yang penuh dengan wahana seru adalah Funland Mickey Holiday. Pada wisata ini, terdapat sekitar 40 wahana yang cukup menantang. Sebut saja tornado dan roller coaster yang patut dicoba ketika mengunjungi Funland Mickey Holiday.

Untuk mencoba keseruan setiap wahananya, silahkan kunjungi desa Pecen, Berastagi. Tiket masuknya sebesar Rp120.000 per pengunjung. Meski wahana yang disediakan tidak selengkap Trans Studio, namun Funland Mickey Holiday sangat direkomendasikan bagi wisatawan.

Pemandian Lau Sidebuk

Untuk melepas penat, wisatawan dapat berkunjung ke Lau Sidebuk yang merupakan pemandian air panas populer di Berastagi. Lokasinya berada di desa Daulu, perjalanan dari Medan menempuh waktu sekitar 2 jam. Wisata tersebut selalu ramai dikunjungi pada saat akhir pekan.

Uniknya, air panas yang terdapat pada pemandian Lau Sidebuk merupakan air panas alami. Masyarakat setempat meyakini bahwa airnya mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti panu, kurap, dan sebagainya. Biaya masuk ke Lau Sidebuk antara Rp15.000 sampai Rp20.000 per orang.

Danau Lau Kawar

Pesona dari Danau Lau Kawar memang tidak diragukan lagi. Pemandangan eksotis ini berlokasi tepat di bawah kaki Gunung Sinabung, sehingga sangat tepat menjadi spot foto yang ikonik. Salah satu keunikannya terletak dari pemandangan asri yang ditampilkan.

Di sekeliling danau terlihat pemandangan hijau yang menutup pinggiran air yang jernih. Beragam aktivitas bisa dilakukan di Danau Lau Kawar seperti memancing, berenang, atau sekedar main air. Lokasinya berada di desa Kuta Gugung, sekitar 50 menit dari pusat kota Berastagi.

Baca Juga:  Pengertian Bank Konvensional Dan Fungsinya Bagi Masyarakat

Puncak Gundaling

Menyaksikan pemandangan kota akan lebih nyaman dari Puncak Gundaling. Bukit ini terletak di ketinggian 1.575 Mdpl, sehingga wajar apabila kondisi udaranya begitu sejuk. Pemandangan paling estetik yang dapat disaksikan dari Puncak Gundaling adalah panorama Gunung Sinabung dan Sibayak.

Berada di Puncak Gundaling, wisatawan dapat berfoto dengan background alam atau sekedar bersantai. Itulah sebabnya, Puncak Gundaling sangat layak untuk dikunjungi. Lokasinya terletak di Jalan Jamin Ginting, dari pusat kota Berastagi menempuh perjalanan sepanjang 3 km.

Itulah beberapa referensi tempat wisata Berastagi yang wajib masuk dalam daftar liburan. Sebagian besar, wisata tersebut memang diisi oleh pemandangan alam yang mempesona. Ini menjadi opsi yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati sejuknya udara dan tempat refreshing nyaman.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *